Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 05 Juli 2018

10 Makanan Terbaik Untuk Menghentikan Kerontokan Rambut

Penyebab kerontokan rambut dapat terjadi dari banyak sumber, beberapa faktor seperti genetika, usia, hormon, kekurangan nutrisi, toksisitas, obat-obatan, dan pengaruh lingkungan. Namun dari banyaknya sebab rambut rontok, Anda memiliki kemampuan untuk memperlambat dan meminimalisasi serta menyembuhkan.

Cara yang sering dilakukan penderita rambut rontol berlebihan adalah segera pergi ke dokter, ini bukan langkah yang salah. Namun lebih dari itu, jika Anda mempunyai pola makan yang salah dapat menjadi sembur utama rambut sering rontok, Menurut ahli nutrisi Joseph Debé , CD, CDN, CCSP., mengubah cara makan Anda ke arah lebih baik dapat membantu pencegahan rambut rontok, minimal makanan tersebut dapat memperlambat atau membalikkan rambut rontok, sehingga membuat rambut lebih tebal dan sehat,"

Makanan yang baik untuk rambut rontok


1. bayam
Dalam beberapa kasus rambut rontok terutama pada wanita, kekurangan mineral adalah penyebab utama kerontokan rambut. "Sangat penting untuk memastikan Anda tidak memiliki kekurangan zat penting untuk perawatan kesehatan rambut, karena akibat kekurangan zat=zat penting untuk kekuatan rambut menyebabkan kerontokan rambut," kata dokter kulit Carolyn Jacob , MD, FAAD.

Bayam adalah salah satu menu makanan penting yang kaya zat besi dan mengandung sebum. Konsumsi bayam secara teratur dan sesuai anjuran pakar kesehatan, berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut. Daun hijau yang ada dalam bayan menyediakan asam omega-3, magnesium, kalium, kalsium, dan zat besi. Semua membantu menjaga rambut berkilau, sehat dan kuat.

2. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari kaya akan vitamin B5 (dikenal sebagai asam pantotenat). Manfaat konsumsi teratur makanan ini membantu aliran darah ke kulit kepala dan pertumbuhan rambut. Dengan konsumsi satu ons biji matahari menyajikan 20% dari vitamin yang diperlukan rambut Anda.

3. Ikan salmon
Tubuh manusia secara alami dapat mengubah sinar matahari yang sehat menjadi vitamin D sebagai penguat tulang, namun ada juga sesuatu yang tidak dapat dirubah oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhannya . Sesuatu yang tidak dapat dilakukan alami oleh tubuh perlu mendapat asupan dari makanan. contohnya omega-3 . Asupan seimbang omega-3 membantu Anda tetap sehat dan bebas penyakit, hal yang tak kalah penting dari kandungan omega-3 memungkinkan menumbuhkan rambut dan membuatnya tetap berkilau dan sehat

“Omega-3 adalah anti-inflamasi. Mereka dapat membantu jika Anda mengalami peradangan yang menyebabkan rambut rontok, ”kata Dr. Jacob. Yang terbaik adalah mendapatkan omega-3 dari sumber alami, seperti salmon dan ikan air dingin seperti ikan sarden dan mackerel.

Makanan memiliki pengaruh besar pada kesehatan rambut


4. Oatmeal dengan almond dan beri
Oat kaya akan beta-glucans, sejenis serat yang mudah larut dalam metabolisme tubuh. Menurut Dr. Debé, penyebab rambut botak pada laki-laki dan rambut rontok yang terjadi pada perempuan sering dikaitkan dengan resistensi insulin. Karena konsentrasi seratnya tinggi, oatmeal adalah salah satu makanan yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin tubuh .

5. Ayam Salad 
Salah satu jenis asam lemak tak jenuh ganda - asam lemak omega-6 yang dikenal sebagai asam arakidonat (AA) ada dalam makanan sejenis ayam salad. Makanan sejenis ini mungkin kurang populer secara umum di Indonesia. Dalam kandungan menu ayam salad ditemukan banyak manfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, membuat makin tebal dan sehat. Menurut National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) 2005-2006, ayam adalah sumber utama asupan AA. Satu porsi ayam panggang mengandung 154 miligram asam arakidonat.

6. Paprika merah
Menu dengan bahan paprika merah agak jarang menjadi santapan harian. Namun, dalam paprika merah memiliki banyak kandungan Vitamin C untuk mencegah rambut menjadi rontok dan patah. Dalam penelitian double-blind, placebo-controlled 2012, yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, peneliti menguji suplemen yang mengandung vitamin C pada wanita dengan rambut yang mulai menipis. Mereka menemukan suplemen ini efektif mempercepat pertumbuhan rambut yang signifikan pada wanita dengan penipisan rambut. Banyak anggapan umum bahwa jeruk sumber yang kaya dengan vitamin C, dan mungkin buah yang terbaik. Dengan konsumsi setengah dari paprika merah, 158 persen dari kebutuhan untuk rambut Anda sudah tercukupi.

Kebiasaan sehat akan membuat rambut rontok dapat dihindari


7. Telur
Telur dikemas dengan vitamin B yang disebut biotin membantu rambut tumbuh sehat dan juga memperkuat kuku. Kekurangan vitamin B akan berdampak serius pada kerontokan rambut. Sumber biotin lainnya baik di konsumsi jika Anda memiliki alergi telur seperti almond, alpukat, dan salmon.

8. kacang-kacangan
Jenis makanan ini sangat mudah Anda temukan. Lacang-kacangan adalah makanan yang kaya dengan protein, zat besi, seng, dan biotin, juga memiliki banyak asam folat. Tubuh membutuhkan asam folat untuk memulihkan kesehatan sel darah merah. Sel darah merah yang sehat memasok kulit akar rambut kepala dengan oksigen yang menyehatkan rambut. Makanan yang kaya asam folat juga baik untuk sperma yang sehat .

9. tiram
Seng adalah mineral penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Ketika Anda tidak cukup mineral seng, Anda bisa mengalami kerontokan rambut. Yang lebih menakutkan adalah dapat membuat rontok bulu mata Anda. Dr Debé mengatakan, suplemen zinc telah terbukti dapat memperbaiki kerontokan rambut pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik. Seng membantu sel-sel yang bertanggung jawab untuk membangun rambut sehat. Beberapa makanan yang kaya kandungan seng seperti daging sapi, kepiting dan lobster.

Kerontokan rambut dapat dicegah dengan makanan dan gaya hidup sehat


10. Daging Sapi
Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan rambut, terutama pada wanita yang pada masa tertentu mengalami haid. Beberapa makanan yang memiliki kandungan zaat besi berlimpah seperti bayam dan sayuran hijau gelap lainnya, kacang kedelai, kacang lentil, biji-bijian dan pasta. Namun, tubuh menyerap hingga tiga kali lebih banyak zat besi dari sumber hewani, Satu porsi 4 ons daging sapi kering yang dimasak, memberikan lebih dari 20 persen dari nilai harian zat besi, menurut Database Nutrisi Nasional USDA.

Menjaga rambut sehat memerlukan perawatan secara teratur dan juga telaten dalam mencukupkan nutrisi yang diperlukan. Ketika rambut Anda sehat karena konsumsi makanan sehat, akan semakin membuat kepercayaan diri Anda meningkat.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar