Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 07 Juni 2018

Tips Mudik Perjalanan Jarak Jauh Menjadi Aman

Tips Mudik Perjalanan Jarak Jauh Menjadi Aman -  Mudik dengan kendaraan kembali ke kampung halaman adalah tradisi tahunan yang banyak di lakukan warga negara Indonesia. Berbagai persiapan telah kita lakukan agar mudik 2018 dapat nyaman dan seluruh keluarga menikmati suasana mudik.

Saat anda menempuh perjalanan jarak jauh bersama keluarga, diperlukan banyak persiapan selain kendaraan yang digunakan. Oleh karenanya, pengalaman tahun sebelumnya dengan memperhatikan tips mudik perjalanan jarak jauh supaya aman sangat diperlukan.



Beberapa Tips Mudik Perjalanan Jarak Jauh Menjadi Aman


Mulai membuat rute dan titik berhenti kendaraan

Pilih rute yang singkat jika anda segera tiba di tempat tujuan. Perjalanan jarak jauh yang bersamaan dengan banyaknya orang melakukan mudik, akan membuat jalan raya akan padat di daerah favorit. Menentukan rute yang dilalui kendaraan agar dapat terjadwal dengan baik, sehingga anda tidak terlalu tergoda untuk selalu mampir selama dalam perjalanan. Mudik dengan kendaraan dalam waktu berjam-jam sangat melelahkan, rencanakan tempat berhenti agar anda dapat istirahat dengan menentukan seberapa jauh jarak berada di dalam mobil, dan melakukan istirahat setelah sampai di tempat istirahat.

Aplikasi map yang sering digunakan seperti google map dan waze dapat digunakan untuk  merencanakan rute perjalanan; lakukan update versi terbaru agar perubahan dan penambahan jalan yang dibuat dapat tercantum pada aplikasi map. Anda juga perlu mengetahui kemungkinan perbaikan jalan ataupun pengalihan jalan dengan mendengar berita terkini di radio. Sehingga tidak terjebak di tengah kemacetan.

Tentukan dana alternatif

Memilih kendaraan pribadi untuk mudik lebaran mungkin tidak mengeluarkan banyak biaya di bandingkan menggunakan transportasi umum. Namun anda perlu mempersiapkan dana alternatif selama membawa mobil ketika mengemudi jarak jauh. Antisipasi kemungkinan yang muncul, sehingga perjalanan jarak jauh anda tidak merepotkan dan membuang waktu lebih lama selama perjalanan.

Persiapkan dana dan menentukan anggaran selama perjalanan yang mungkin diperlukan untuk membeli oleh-oleh, namun menerapkan disiplin diri menaati agar anggaran anda tidak habis sebelum tiba di kampung halaman. Beberapa pengeluaran yang akan diperlukan seperti bahan bakar dan biaya makan makan selama perjalanan.

Periksa kendaraan

Dua minggu sebelum kendaraan digunakan untuk perjalanan mudik, lakukan pemeriksaan menyeluruh kendaraan di bengkel untuk memastikan seluruh komponen mobil layak pakai selama menempuh jarak jauh. Memeriksa kondisi kendaraan tetap sehat sebelum perjalanan jauh sangat penting dan tidak boleh dilewatkan dengan alasan apapun. Selama perawatan mobil berlangsung, anda dapat menanyakan lebih jelas tentang tips mudik perjalanan jarak jauh agar mobil tetap prima, misalnya kecepatan yang disarankan, waktu mobil perlu istirahat, dan lainnya.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan untuk peralatan dasar mobil sebagai standar seperti dongkrak untuk bongkar pasang ban, obeng untuk gusi, dan lainnya. Simpan juga nomor telepon yang bisa dihubungi untuk mendapatkan bantuan jika terjadi kerusakan kendaraan selama di jalan seperti pihak asuransi yang menjamin penggantian mobil.


Letakkan barang secara efisien

Mudik dengan keluarga akan membawa banyak barang dan perlengkapan. Susun seluruh barang sesuai kategori mulai dari sering digunakan hingga tidak digunakan selama perjalanan. Menyusun barang dalam kabin mobil yang tepat akan membuat sudut duduk penumpang menjadi lebih luas dibandingkan dengan meletakkan barang tanpa memperhatikan susunannya.

Berkendara dengan aman

Perjalanan jarak jauh akan menjadi aman ketika anda dapat mengontrol kecepatan dengan tepat. Dengan tujuan utama menjadikan keselamatan penumpang selama berkendara sampai tujuan,  beristirahatlah ketika badan lelah dan ngantuk. Hindari terus memaksa untuk meneruskan perjalanan dan berkendara sesuai rencana supaya anda dapat memulihkan peredaran darah yang tersumbat akibat terlalu lama duduk.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar