Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 03 Juni 2018

Tanpa Menggunakan Obat, Buang Air Besar Jadi Lebih Mudah

Punya masalah dengan buang air besar merupakan problem yang menyulitkan. Selain perlu waktu yang lama untuk memancing keluar, kadang prosesnya tidak berjalan lancar. Untuk memperlancar proses buang air besar yang bermasalah, biasanya penderita segera konsultasi dengan dokter untuk mendapat solusi yang tepat, namun jika anda sebagian yang ingin lancar buang air besar tanpa menggunakan obat. Beberapa tulisan berikut mungkin dapat membantu menyelesaikan gangguan buang air besar.


Biasakan Minum Air Hangat
Kebiasaan minum air hangat mampu melancarkan stimulasi sistem pencernaan, akibatnya meningkatkan kinerja peristaltik (gerakan yang terjadi pada otot pada saluran pencernaan menimbulkan efek menelan makanan masuk ke dalam saluran pencernaan). Kalau ingin pencernaan lebih lancar, bisa konsumsi kopi hangat.

Dikutip dari laman prevention.com, Satish Rao, MD, direktur Digestive Health Center at Augusta University menemukan, kopi dengan kafein meningkatkan kontraksi usus hingga 60% lebih kuat daripada air hangat, 23% lebih intens daripada kopi dekafein.

Posisi Jongkok Disarankan Saat Buang Air Besar
Menggunakan posisi jongkok ketika buang air besar dapat membuat proses lebih mudah dibanding posisi duduk, Ketika anda dalam posisi jongkok, otot puborectalis menjadi rileks dan sudut anorektal melebar mempermudah proses pengeluaran feses.

Pijat Area Perineum
Perineum adalah bagian anatomi yang terletak di panggul. Ini adalah bagian yang paling bawah dari saluran panggul, yang terletak di antara paha. Memberi pijatan lembut di area ini bisa membantu proses BAB lebih lancar. Para peneliti meyakini bahwa memberi pijatan di area perineum bisa membantu mengatasi feses yang keras dan membuat proses pengeluaran lebih mudah.

Rutin minum air putih yang cukup setiap hari juga bisa sangat membantu untuk proses BAB yang lebih lancar. Kalau kamu memiliki masalah sembelit atau konstipasi yang tak kunjung sembuh selama berhari-hari, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar