Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 24 Juni 2018

Tanda dan Gejala Gagal Ginjal Yang Perlu Anda Ketahui

Tanda dan gejala penyakit gagal ginjal mempunyai beberapa kesamaan sebagai kondisi umum dengan penyakit bagian dalam lainnya, namun dengan kemampuan sejak awal untuk mengenali ciri-ciri seseorang mengalami kerusakan ginjal, Anda dapat segera konsultasi dokter. Ancaman penyakit gagal ginjal mempunyai potensi tinggi  jika Anda memiliki 2 atau lebih dari gejala yang disebutkan.
Ilustrasi Penyakit gagal ginjal dan gejalanya (lenonlineherbal.wordpress.com)

Tanda dan Gejala Gagal Ginjal Yang Perlu Anda Ketahui


Kemampuan dari ginjal dalam tubuh sudah diketahui dalam kesehatan bermanfaat untuk mencegah cairan dan limbah terkumpul di dalam darah, menjaga darah tetap bersih untuk mencegah infeksi.
Selain itupun, ginjal menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh, memproduksi sel darah merah dan mengendalikan tekanan darah.

Penurunan dan perubahan ginjal yang semakin tidak sehat akan menyebabkan gangguan pada kemunculan penyakit lain yang saling berkaitan. Sejak awal saat penderita kena gagal ginjal adalah pasien hampir tidak pernah thau pada tahap awal, padahal penyakit kategori ini paling sering terjadi akibat kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat.
Ilustrasi Kenali ciri-ciri gagal ginjal (mengobati.info)

Penyakit Gagal Ginjal dan Gejala Awal Yang Harus Anda Tahu


Pemahaman awal yang perlu diingat sebagai deteksi dini adalah kunci yang sangat penting untuk proses pengobatan dan kecepatan penyembuhan. Gejala awal yang diketahui ketika gagal ginjal ada dalam tubuh, antara lain :

1. Edema atau peradangan
Gagal ginjal dapat menyebabkan retensi cairan di jaringan yang menyebabkan peradangan.
Beberapa penyakit yang berbeda dapat menyebabkan gejala yang sama, tetapi dalam banyak kasus ini terkait dengan masalah ginjal.

2. Kulit berjerawat
Gejala kulit berjerawat dapat menjadi ciri-ciri seorang mempunyai gangguan ginjal, meski diketahui kemunculan jerawat dapat disebabkan banyak faktor, seperti perubahan hormon, penumpukan kotoran pada kulit dan pola makanan. Dalam penyakit gagal ginjal menyebabkan kulit berjerawat karena racun yang menumpuk di dalam darah kemudian pada prosesnya respon membuang ke beberapa bagian buangan seperti kulit, air seni dan feses.

Jika seseorang menderita penyakit gagal ginjal dan mempunyai efek bagian kulit, menyebabkan beberapa masalah kulit yang berbeda, seperti jerawat dan gatal-gatal yang hebat dibandingkan gangguan kulit normal.

3. Perubahan buang air kecil
Ciri-ciri penyakit gagal ginjal adalah munculnya perubahan pada pola buang air kecil. Seperti yang disebutkan sebelumnya, gangguan ginjal akan memicu darah membuang penumpukan ke seluruh tempat pembuangan. Untuk deteksi awal  sebenarnya tanda paling jelas dari penderita yang paham kemungkinan gangguan ginjal tidak sehat.

Hal yang dirasakan penderita gagal ginjal dalam buang air kecil


  1. Tekanan atau kesulitan saat buang air kecil
  2. Air kencing berdarah
  3. Warna yang jauh lebih gelap atau dengan bau yang kuat
  4. Peningkatan atau penurunan jumlah urin
  5. Air seni berbusa atau berbuih
  6. Buang air kecil di malam hari meningkat
  7. Terbakar pada akhir buang air kecil
  8. Inkontinensia, tidak bisa mengontrol buang air kecil


4. Mudah kelelahan
Jika Anda mulai merasa sering cepat lelah dalam kegiatan normal dibanding sebelumnya, gejala ini perlu mendapat perhatian serius. Salah satu fungsi ginjal menghasilkan hormon erythropoietin, hormon yang memiliki fungsi dalam produksi sel darah merah untuk mengangkut oksigen melalui darah.
Kelelahan yang mulai dirasakan penderita jika satu ginjal tidak bekerja dengan baik, otomatis produksi hormon berkurang dan memicu kelelahan. Selain itu, efek lain tidak bekerja satu ginjal dapat membuat nyeri otot dan kesulitan berkonsentrasi.

5. Gejala merasa dingin pada tubuh
Gagal ginjal membuat proses produksi jumlah sel darah merah berkurang dan meningkatkan risiko anemia. Akibatnya jika seseorang tidak memiliki ginjal yang baik dalam produksi darah merah akan merasakan dingin pada tubuh. Beberapa penyakit yang sering dianggap sebagai ciri-ciri saat produksi darah merah yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh adalah sering mengalami pilek berulang-ulang dan ketika terkena sinar matahari merasakan kedinginan.

6. Nyeri punggung bawah
Tajam, nyeri punggung bawah, atau nyeri di samping, bisa menjadi tanda penyakit ginjal.
Rasa sakit terkait dengan penyakit ginjal polikistik, batu ginjal, dan kondisi hati, yang umumnya meningkat setelah berdiri untuk jangka waktu yang lama.

7. Rasa metalik di mulut
Kerusakan ginjal meningkatkan keberadaan racun dalam darah dan menciptakan beberapa gangguan pada sel-sel. Penderita mengalami rasa tidak enak saat makan dan setelah makan, serta memiliki bau mulut. Mereka merasakan rasa logam di mulut seperti amonia, dan hilangnya kenikmatan dalam beberapa makanan yang mengarah ke kekurangan nutrisi.

8. Mual dan muntah
Mual dan muntah terus menerus tanpa alasan yang jelas bisa menjadi tanda peringatan masalah fungsi ginjal. Karena limbah tidak dibuang dengan benar, gejala-gejala ini meningkat dan bertambah buruk dengan hilangnya nafsu makan.

Tanda dan gejala gagal ginjal pada tiap orang dapat berbeda, dengan mengetahui ciri-ciri tentang gagal ginjal dan merasakan lebih dari 2 sebab disebutkan, disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapat penjelasan dan pencegahan.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar