Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 11 Juni 2018

Serba Serbi Lebaran - Tradisi Menyambut Idul Fitri

Serba Serbi Lebaran - Tradisi Menyambut Idul Fitri - Usai menjalani ibadah puasa satu bulan penuh, seluruh umat Islam akan bergembira menyambut lebaran. Momentum yang terjadi satu tahun sekali ini, membuat perayaan lebaran ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia dan tentu banyak serba-serbi dan ciri khas berbeda tiap negara. Tradisi warga Indonesia untuk menyambut lebaran sangat beragam, dari tradisi pulang kampung, membuat menu makanan istimewa sampai tradisi membagi-bagikan uang atau yang biasa disebut salam tempel.
Sumber republika.co.id



Serba Serbi Lebaran - Tradisi Menyambut Idul Fitri

1. Mudik Lebaran

Mudik adalah peristiwa ketika banyak warga yang kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. Secara umum agenda mudik sering dilakukan oleh perantauan untuk kembali ke desa tempat mereka berasal. Tradisi mudik lebaran selain berkumpul bersama keluarga juga bertujuan mengucapkan selamat idul fitri sebagai ajang saling memaafkan kesalahan yang dilakukan. Tradisi mudik lebaran di Indonesia memang unik dan jarang ditemukan di negara lain. Sekitar satu minggu sebelum lebaran, mereka yang bekerja di tempat lain berbondong-bondong kembali ke kampung halaman.
Sumber metro.sindonews.com

2. Ketupat Lebaran

Lebaran tanpa kehadiran ketupat memang terasa kurang lengkap. Ketupat sebagai menu makanan yang tersedia dalam lebaran, seolah-olah menjadi trademark dan menjadi ciri khas yang tersedia dalam keluarga setiap lebaran. Ketupat adalah jenis makanan menggunakan bahan dasar beras, dengan dengan di bungkus dari anyaman daun kelapa. ketupat lazim dimakan dengan kuah beraroma gulai dengan beberapa bahan tambahan lain, diantaranya kerupuk dan sesuai selera. PAda beberapa daerah, ketupat punya nama berbeda, tradisi warga Betawi menyebut tupat.
Sumber goodnewsfromindonesia.id

3. Kue Lebaran

Saat lebaran tiba, selain menu hidangan ketupat sebagai ciri unik dalam serba serbi warga Indonesia, ada juga makanan lain yang biasanya ada dalam meja hidangan. Serba serbi lebaran lainnya adalah kue lebaran. 
Sumber resephariini.com

4. Baju Lebaran

Meski baju lebaran tidak harus selalu ada ketika lebaran, tradisi unik mengenakan baju baru masih ada dalam perayaan lebaran. Beberapa orang beranggapan, baju lebaran punya ciri khas dan hanya ada dalam lebaran tahunan.
Sumber modelmuslims.com


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar