Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 13 Juni 2018

Serba Serbi Lebaran, Makanan Yang Perlu Diperhatikan Saat Dikonsumsi

Konsumsi makanan bergizi sangat penting untuk keseimbangan tubuh, seperti lemak salah satu zat gizi yang diperlukan selain mineral, vitamin dan protein. Namun, kebiasaan berlebihan ketika lemak dikonsumsi berlebih justru membahayakan kesehatan. Apalagi di saat lebaran tiba, berbagai hidangan makanan akan tersedia, dan biasanya kaya lemak.
Dengan memperhatikan konsumsi makanan, terutama kaya kandungan lebih, tentu dapat mengontrol berat badan dan komposisi lemak tidak melonjak. Dilansir laman Healthline.com, lemak jahat ada dua jenis, yaitu lemak jenuh, dan juga lemak trans. Keduanya ditemukan sebagai sumber lemak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Sumber trivia.id
Lemak jenuh
Jenis lemak jenuh kebanyakan terkandung dalam makanan yang berasal dari hewani, produk susu tinggi lemak. Beberapa sumber lemak jenuh yang sering dijumpai antara lain:
  • Potongan daging sapi berlemak
  • Susu dan produk susu (mentega, keju, krim, es krim)
  • Minyak tropis (minyak kelapa, minyak sawit)

Santan

Lonjakan akibat konsumsi lemak jenuh terbukti meningkatkan kadar kolesterol darah, Kadar kolesterol tinggi secara tidak langsung juga memicu risiko anda mengalami penyakit jantung, diabetes, dan penyakit penyumbatan pembuluh darah.

Lemak trans

Lemak trans adalah jenis lemak yang umum ditemukan dalam makanan dengan minyak nabati yang menggunakan proses hidrogenasi. Contohnya: gorengan.

Makanan Yang Perlu Diperhatikan Saat Dikonsumsi

1. Bedakan makanan berlemak yang baik dan yang harus dihindari
Mengetahui jenis makanan berlemak yang harus dibatasi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mengontrol datangnya penyakit, dengan memilih makanan dengan tepat dan sehat seperti dada ayam tanpa kulitnya, kacang almond, dan kacang mete.
Sedangkan makanan dan menu dengan kandungan kaya lemak seperti rendang, semur daging, dan sambal goreng, perlu di batasi untuk menghindari penumpukan yang berlebihan saat Lebaran.
2. Makan lebih banyak sayur dan buah
Meski menu dan hidangan Lebaran selalu menggunakan santan dan kaya dengan lemak, Pilihan makan dengan sayur dan buah sebagai konsumsi asupan kaya serat sangat perlu untuk mengimbangi pola makan. Karena sayur dan buah akan dicerna lebih lambat sehingga membuat orang akan kenyang lebih lama.
3. Pilih lauk pauk yang rendah lemak
Lauk-pauk bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan seperti dari ayam, ikan, daging, tempe, tahu, dan lainnya. Untuk mengurangi makanan berlemak saat Lebaran, kita harus memilih makanan yang sehat. Kurangi daging merah dan juga jeroan yang banyak disediakan di hari lebaran. Sebab keduanya mengandung tinggi lemak jenuh, sehingga kesehatan anda terjaga.
4. Pilih makanan yang dipanggang, direbus, atau dikukus
Dibandingkan makanan yang digoreng atau makanan yang selalu dimasak dengan gulai, jika memungkinkan selalu mengutamakan makanan dalam lebaran tanpa minyak dan santan.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar