Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 06 Juni 2018

Persiapan Penting Ketika Akan Melakukan Perjalanan Mudik

Persiapan Penting Ketika Akan Melakukan Perjalanan Mudik - Menjelang semakin dekatnya hari raya Idul Fitri atau biasa dikenal lebaran, banyak diantara kita sudah mempersiapkan rencana dan kegiatan apa saja yang akan dikerjakan, salah satunya pulang kampung halaman. Untuk membuat perjalanan mudik berjalan nyaman dan berkesan, ada beberapa persiapan penting yang perlu kita rencanakan selama melakukan perjalanan.



Berikut beberapa persiapan mendasar yang perlu diketahui saat melakukan perjalanan mudik.


Konsumsi Makanan Bergizi

Tetap prima dan sehat sebelum perjalanan mudik sangat penting agar anda tidak "terganggu" dan "menganggu" orang terdekat. Selalu makan makanan bergizi menjelang keberangkatan mudik. Beberapa makanan cepat saji kurang disarankan jika anda memiliki arlergi dan gangguan penyakit, diantaranya makanan junk food, makanan instan, atau snack tinggi MSG. Disamping itu, minum air yang cukup untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi saat mudik.


Lakukan Olahraga Ringan

Selalu aktif untuk gerak menjaga kelancaran darah dan otot agar maksimal. Lakukan kegiatan olahraga ringan untuk menggerakkan badan, meski masih menjalankan puasa, Anda bisa melakukan olahraga ringan dengan memilih waktu menjelang berbuka lebih disarankan dibanding saat sahur.

Istirahat yang Cukup

Disiplin menjaga jam tidur yang cukup. Dengan disiplin soal waktu istirahat, konsentrasi dan fokus terutama mengemudi kendaraan akan membuat perjalanan lebih nyaman. Usahakan mendapat jam tidur minimal delapan jam di malam hari. 

Bawa Obat-obatan yang Diperlukan

Dalam perjalanan yang melelahkan dan mudah menimbulkan stres akibat macet, persiapkan obat-obatan ringan yang diperlukan, jika memungkinkan, bawa obat yang tidak menimbulkan ngantuk terutama untuk di konsumsi driver jika terserang penyakit. Beberapa jenis obat ringan yang perlu anda siapkan seperti obat pusing, obat mual, obat diare, obat flu, dan juga peralatan P3K. Untuk anda yang memiliki penyakit tertentu seperti diabetes, darah tinggi, atau lainnya, jangan sampai lupa membawa obat yang harus diminum secara rutin.

Persiapkan Makanan selama dalam Perjalanan

Persiapan menjelang perjalanan mudik sebelum berangkat adalah bekal yang perlu anda bawa, bawa bekal secukupnya untuk waktu seharian. Membawa bekal makanan selama perjalanan berlangsung sangat penting.  Pilih makanan simpel dan mudah untuk dikonsumsi tanpa harus menghangatkan. Karena selama perjalanan, anda tidak akan selalu menemukan tempat makanan dan yang cocok dengan keinginan.

Konsumsi Vitamin

Jaga kesehatan tubuh dengan konsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa vitamin yang diketahui memiliki kemampuan untuk daya tubuh seperti vitamin C.

Gunakan Masker

Penggunaan masker sangat disarankan jika anda melakukan perjalanan mudik dengan transportasi umum. Penularan dan infeksi virus yang tersebar di udara bebas dapat membuat anda sakit terutama saat kondisi badan sedang dalam penurunan akibat kelelahan.

Beberapa persiapan yang penting saat anda melakukan perjalanan mudik sangat berguna untuk membuat jadwal tidak berubah, dengan kesehatan yang prima, anda dapat menikmati suasana lebih nyaman.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar