Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 04 Juni 2018

Penyebab Timbulnya Lingkaran Hitam dan Kantung Mata, No 5 Kebiasaan Buruk

Penyebab timbulnya lingkaran hitam dan kantung mata dipengaruhi akibat usia lanjut, kurang tidur dan kebiasaan dari gaya hidup yang dilakukan. Selain membuat wajah terlihat lebih tua, lingkaran hitam pada mata masih dimungkinkan untuk diperlambat dengan melakukan perubahan gaya hidup yang buruk, sehingga dapat membuat kulit wajah lebih cerah tanpa adanya kantung mata.
Sumber : starberita.com

Meskipun bukan suatu problem dalam dunia medis ketika kantung mata tampak di bagian area mata,  biasanya pemilik kantung mata mengalami gangguan psikologis dengan berkurangnya rasa nyaman. Mengutip penelitian Journal of Cosmetic Dermatology, peneliti Brasil Fernanda Magagnin Freitag mengemukakan " masalah yang timbul ketika lingkaran hitam muncul masih dalam batas psikologi."

Beberapa penyebab timbulnya lingkaran hitam dan kantung mata


Genetik
Faktor genetik yang diturunkan oleh orang tua, memiliki peran dalam terbentuknya kantung mata dan lingkaran hitam berbeda tiap individu. Menurut ahli dermatologi Dr.Sonia Batra menjelaskan " faktor genetik seseorang yang memiliki warna kulit lebih gelap punya konsentrasi pigmen (melanin) lebih banyak di bawah mata, sehingga akan menyebabkan warna kulit tidak rata atau ada bayangan hitam."

Siklus tidur 
Penyebab timbulnya kantung mata akibat jam tidur tidak cukup, punya peranan memicu lingkaran hitam. Kebisaan ini dapat membuat pembuluh darah makin terlihat di sekitar daerah mata yang memiliki kulit tipis. Ketika seseorang kurang tidur, pembuluh darah bagian mata akan melebar dan membuat warna lebih gelap.

Hal yang sama juga dapat terjadi ketika seseorang punya jam tidur berlebihan. Menurut Dr.Sonia Batra, "saat orang tidur, darah yang membawa oksigen menumpuk di bawah mata, terlebih jika tidur dengan tengkurap, hal ini semakin mempercepat munculnya lingkaran mata."

Gaya hidup tidak sehat 
Penyebab utama munculnya kantung mata yang berbentuk lingkaran hitam adalah kebiasaan hidup yang tidak sehat. Selain kurang minum air putih untuk melancarkan peredaran darah, faktor kurangnya melakukan olahraga membuat sirkulasi darah tidak mengalir lancar.

Sering sakit-sakitan
Menderita penyakit, akan membuat lingkaran hitam lebih cepat terlihat. Hal ini dikarenakan kulit tidak memiliki waktu untuk memulihkan kerusakan.

Malas membersihkan wajah
Kantung hitam dengan lingkaran hitam dimungkinkan terjadi jika anda termasuk malas untuk membersihkan wajah.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar