Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 12 Juni 2018

Penyebab Telapak Tangan Menjadi Kasar dan Cara Mengatasinya

Info Singkat Cara mengatasi Kulit Tangan Kasar - Penyebab telapak dan tangan kasar, banyak dialami mereka yang terpapar cuaca buruk, air, kotoran, sinar matahari dan bahan kimia. Dari kerusakan yang muncul dari sumber tersebut, secara tidak langsung akan membuat pemilik tangan menjadi kurang percaya diri untuk bersalaman dengan orang lain. Timbulnya tangan kasar tampak dari mengelupas nya bagian kulit dan terkadang membuat rasa perih ketika disentuh.

Sumber tipstrik-berguna.blogspot.com

Tangan yang mengalami kerusakan akibat kulit tidak mampu meremajakan, sering terlihat pecah-pecah hingga mengeluarkan darah jika tidak di obati dengan benar. Beberapa penyebab yang perlu anda hindari diantaranya :



1. Udara kering
Berada di lingkungan dengan udara kering, dengan kelembaban rendah dapat mempercepat hilangnya kelembaban kulit. Untuk mengatasinya, jika anda pergi ke daerah iklim dingin dan kering, sarung tangan bisa membantu mencegah kulit tangan mudah kering. Udara yang terlalu dingin membuat tubuh kehilangan kelembapan lebih cepat dan berakibat pada keringnya kulit. Jika kulit kering disebabkan oleh faktor pekerjaan, pastikan selalu menggunakan sarung tangan sebelum menyentuh bahan-bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit.

2. Air
Kebiasaan mencuci tangan terlalu sering, ternyata punya pengaruh pada telapak dan tangan menjadi kasar. Mereka yang konsisten harus mencuci tangan atau membenamkan tangan di air dalam waktu lama cenderung mengalami kulit kering. Air dapat menekan produksi minyak alami yang ada didalam kulit dan memicu munculnya keriput di area punggung tangan dan tangan menjadi kasar.

3. Bahan kimia
Penggunaan bahan kimia setiap hari pada tangan dan menggunakan pembersih rumah tangga dengan bahan dasar kimia, menjadi pemicu telapak dan tangan menjadi kasar.  Bahan kimia yang timbul dan menggurangi kelembaban kulit mampu menyebabkan kerusakan pada lapisan luar kulit.

4. Sabun mandi
Sabun mandi yang kaya dengan zat  anti bakteri, dalam penggunaan di telapak dan tangan berlebihan akan mengurangi kolagen kulit.  Selain itu, akibat lain yang muncul adalah memperlambat proses alami perbaikan kulit sehingga kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

5. Dehidrasi
Dehidrasi yang anda alami merupakan tanda saat tubuh kekurangan cairan. Umumnya diakibatkan kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat, jika tidak diatasi akan membuat kelembaban kulit menjadi berkurang.

Cara Mengatasi Telapak Tangan Kasar Dengan Bahan Sehat Alami


Menghaluskan Telapak Tangan dengan Susu Cair
Caranya: Siapkan wadah berukuran sedang, lalu tuang susu cair ke dalamnya. Gunakan susu cair tersebut untuk merendam telapak tangan kamu selama 15 menit.

Menghaluskan Telapak Tangan dengan Lidah Buaya
Caranya: Belah satu buah daun pepaya menjadi dua bagian. Lalu, ambil gel di dalamnya dengan menggunakan sendok, lalu gosok kan ke bagian telapak tangan secara merata, biarkan mengering dan bilas bersih.

Menghaluskan Telapak Tangan dengan Jeruk Nipis
Caranya: Sebelum menggunakan cara ini, pastikan tidak ada luka pada area telapak tangan kamu. Tekan-tekan dengan kuat permukaan jeruk nipis, lalu belah menjadi dua bagian. Setelah itu oleskan ke seluruh permukaan tangan, diamkan hingga kering.

Menghaluskan Telapak Tangan dengan Gula dan Madu
Caranya: campur 1 sendok makan madu dan satu sendok teh gula, lalu pijat-pijat telapak tangan dengan campuran ini selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.

Menghaluskan Telapak Tangan dengan Ampas Kopi
Caranya: Gunakan ampas dari secangkir kopi sebagai masker telapak tangan. Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Menghaluskan Telapak Tangan dengan Air Garam
Caranya: Campurkan 1 sendok makan garam dengan air hangat, lalu rendam kedua tangan kamu sambil menggosok perlahan. Setelah 15 menit, cuci bersih, keringkan, dan oleskan body lotion.

Menghaluskan Telapak Tangan dengan Daun Pepaya
Caranya: Pilihlah daun pepaya yang masih muda. Lalu, gosok secara perlahan ke seluruh bagian telapak tangan (hingga daun pepaya lumat). Setelah 5 menit, bilas hingga bersih.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar