Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 30 Juni 2018

Panduan Yang Perlu Anda Tahu Ketika Memilih Motor Matik Atau Manual

Kendaraan jenis motor adalah salah satu alat transportasi paling populer di Indonesia. Beragam merk motor matic dan motor bebek yang mengisi sebagian besar jalan di Indonesia, diperkirakan bisa mencapai 80 % ketika tumpah di berbagai sudut. Memilih jenis motor yang akan digunakan ketika Anda mempunyai keinginan membeli, masing-masing dari motor tentunya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Dengan membaca lengkap panduan ini, diharapkan Anda lebih memahami ciri-ciri motor yang sesuai dengan keinginan.

Panduan Lengkap Saat Pilihan Membeli Motor Matik atau Manual

Keraguan ketika Anda ingin membeli motor adalah hal yang cukup wajar, saat bingung antara matik dan manual sebagai pilihan. Berikut keunggulan yang menjadi pertimbangkan sebelum memutuskan jenis kendaraan roda dua mesin automatis.

Kelebihan dari Motor Matic Yang Perlu Diketahui

  1. Kemudahan saat dikendarai, kemudahan yang pertama Anda dapat saat menggunakan motor matik menjadi referensi. Seperti yang kita tahu, cara operasional kendaraan roda dua ini tidak memerlukan banyak kerepotan saat oper gigi dan menggunakan kopling.
  2. Suku cadang Kendaraan dan Aksesoris,  untuk kondisi tertentu, sparepart dan beragam jenis aksesoris jenis matik sudah cukup banyak dan mudah diperoleh ketika dibutuhkan.
  3. Desain kekinian Untuk Gaya, Banyak perubahan yang dilakukan pihak penjual untuk menarik minat pengguna motor matik, salah satunya adalah desain yang dibuat keren seperti motor spot. Perpaduan generasi spot dan bentuk kendaraan dengan praktis, membuat motor jenis ini diminati anak muda.
  4. Menambah fasilitas pelengkap, kelebihan lain yang ditawarkan motor matic adalah kenyamanan fitur dasar yang sering tidak terdapat pada kendaraan lain. 
  5. Beragam jenis kapasitas mesin, model mesin yang diusung kelas matik tidak monoton pada pada satu kapasitas, beberapa kapasitas mesin yang kini telah tersedia oleh penjual motor matik dari 110 cc, hingga 150 cc.

Kekurangan Dari Motor Matic Yang Perlu Anda Tahu

  1. Konsumsi bahan bakar lebih boros. fakta yang mudah ditemukan pada motor matik untuk penggunaan bahan bakar adalah cenderung lebih boros. Sistem kerja mesin matik yang menggunakan perpindahan gigi secara otomatis banyak menyedot bahan bakar lebih banyak dibanding jenis manual. Terlebih jika pengendara tidak memahami penggunaan yang benar pada saat menggunakan kendaraan, dipastikan akan membuat bensin makin banyak terkuras.
  2. Waktu service motor lebih lama, ketika pemakaian motor matik sudah menjadi kurang nyaman dikendarai, Anda harus rutin membawa kendaraan roda dua ini mendapat perawatan. Waktu yang diperlukan untuk perawatan yang diharuskan memerlukan waktu yang lebih lama dengan motor manual.
  3. Tenaga dan kinerja motor matik masih kurang tangguh jika dibandingkan dengan motor manual. Performa yang sangat terasa dari segi akselerasi dan kekuatan tarikan saat pada start awal motor matik.
  4. Harga suku cadang lebih mahal, ketika Anda memerlukan pengantian suku cadang untuk motor matik, umumnya harganya lebih mahal dibandingkan jenis manual.

Kelebihan Ketika Anda Memilih Motor Manual

1. Akselerasi dan tenaga yang mantap, Kelebihan yang sangat jelas dirasakan antara motor matik dan kendaraan manual adalah dari sisi akselerasi dan tenaga. Pada umumnya kendaraan jenis manual memang lebih bertenaga pada start awal dengan tingkat Response yang lebih tinggi dibandingkan motor matik. Tarikan pada start awal sangat penting jika Anda menggunakan kendaraan di tanjakan tinggi yang memerlukan tenaga dorong.

2. Hemat Bahan Bakar, Konsumsi bahan bahar bensin yang lebih hemat menjadi salah satu faktor ketika Anda memilih jenis manual. Kelebihan motor bebek ketika disejajarkan dengan kendaraan roda dua jenis matik akan terdapat perbedaan dalam hal konsumsi bahan bakar. Hal yang membuat motor bebek lebih irit karena sistem percepatan perpindahan gigi motor bebek, terlebih didukung dengan teknologi sistem kopling  memungkinkan untuk mengatur kecepatan dan putaran gas sesuai keinginan.

3. Luasnya Layanan Purna Jual, motor bebek manual memang kendaraan pertama yang hadir, hal ini secara tidak langsung memudahkan Anda ketika memerlukan berbagai kebutuhan motor. Dari spare part dan aksesori yang beraneka ragam dan mudah ditemui, dari tempat resmi hingga di pinggiran sudut kota

4. Banyak pilihan, membeli motor bebek dalam desain adalah sebuah pilihan yang sangat lengkap. Dari beragam jenis motor bebek, Anda dapat memilih sesuai keinginan. Penjualan kendaraan roda dua manual punya tipe bervariasi.

5. Harga layanan Purna Jual Lebih Terjangkau, untuk penggantian suku cadang yang sudah habis masa pakai, motor bebek manual lebih terjangkau.

Kekurangan Ketika Membeli Motor Bebek

1. Harga jual lebih rendah, meski membeli motor bebek manual untuk digunakan, adakalanya memiliki keinginan menjualnya kembali. Untuk tipe dan jenis tertentu, motor bebek memiliki harga yang lebih murah ketika dijual di pasaran.

2. Kesulitan untuk belajar Bagi Pemula, menggunakan motor bebek manual ketika pertama kalinya, terutama jika Anda belajar akan lebih sulit dibandingkan dengan jenis otomatis.

3. Lebih Lelah Untuk Penggunaan Lama, Penggunaan pindah gigi secara manual dari motor bebek mempunyai kekurangan pada saat digunakan terlalu lama. Anda harus menggunakan perpindahan gigi ketika berhenti dan dalam kondisi macet.

Banyak kelebihan dan kekurangan ketika Anda menggunakan jenis motor tertentu. Namun, jika Anda ingin membeli motor namun masih bingung., pilihlah kendaraan yang sesuai untuk digunakan sehari-hari. Misalnya, jika Anda menggunakan untuk perjalanan yang tidak terlalu macet, motor manual dapat diandalkan. Jika menginginkan kenyamanan dan lebih praktis, motor matik adalah saran yang terbaik.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar