Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 19 Juni 2018

Mengatasi Stress Pekerjaan Dalam Hitungan Menit Dengan 4 Cara Mudah

Mengatasi Stress Dalam 5 Menit Dengan 4 Cara Mudah - Stress sering terjadi dalam hubungan manusia dalam sosial, hal ini sering muncul akibat tekanan yang memberikan dapat lelah pada fisik dan psikologis.
Sumber Indiatimes.com

Dunia pekerjaan yang selalu penuh dengan tekanan hidup dan tuntutan besar yang harus dapat dikerjakan. Akibatnya yang muncul ketika Anda tidak mampu mengatasi stress dengan benar akan mengundang masalah lain yang sebenarnya tidak perlu datang.

Ciri dan Tanda Anda Mengalami Stress Pekerjaan

Ketika Anda mengalami stress dalam pekerjaan, akan menunjukkan ciri dan tanda pada berkurangnya kemampuan berpikir logis dan gangguan kesehatan. Jika hal ini dibiarkan tanpa diselesaikan, dapat mengakibatkan resiko buruk dalam kehidupan pribadi dan sosial. Mengutip laman Timesofindia.com yang menyebutkan beberapa ciri-ciri Anda telah mengalami stress pekerjaan, antara lain :

1. Anda Menghindari Waktu Istirahat

Dunia pekerjaan yang dituntut untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan benar, selalu memberikan waktu untuk pekerja beristirahat. Biasanya ada waktu makan siang yang diberikan untuk pekerja istirahat untuk makan. Jika Anda terlihat ragu untuk menggunakan waktu istirahat dan sering berpikir menggunakan jam makan siang atau sekedar minum minuman ringan, kemungkinan besar Anda terlalu stres.

2. Mudah Lupa

Apakah Anda sering lupa menyerahkan laporan keuangan? Apakah Anda terus-menerus berjuang untuk mengingat nama rekan kerja dari devisi lain? Dan bagaimana dengan pengajuan tanda tangan atasan untuk persetujuan ? dan kegiatan kantor yang tiba-tiba menjadi hilang dalam ingatan Anda. Stress yang terlalu tinggi akan mengakibatkan Anda menjadi pelupa.

3. Bersikap Pesimis

Anda secara bertahap menjadi orang yang pesimis. Anda meragukan kemampuan Anda dan merasa sulit untuk membuat keputusan. Anda kurang motivasi dan merasa seperti melarikan diri dari segala hal. Anda perlahan menyadari bahwa Anda tidak pernah merasa seperti ini sebelumnya, dan tidak ingat kapan terakhir kali Anda merasa sangat bahagia saat jam kerja.

4. Mulai Memiliki Masalah Tidur Normal

Anda selalu memikirkan pekerjaan dan selalu merasa lelah. Bahkan siklus tidur Anda pun tidak disengaja menjadi tidak karuan. Anda juga merasa sulit untuk tertidur, atau merasa seperti tidur lebih dari jam biasa. Bahkan mimpi Anda pun berhubungan dengan pekerjaan, dan Anda terbangun dengan cemas di tengah malam.

5. Malas Mengurus Diri

Anda tidak lagi merasa ingin berdandan untuk mengurus kesehatan Anda. Anda mulai memiliki kebiasaan melukai diri sendiri seperti menggigit kuku Anda, minum yang merusak tubuh, menyantap junk food setiap saat, atau tidak makan apapun.

Jika lima tanda itu Anda alami dalam bekerja, maka sudah saatnya Anda mencari solusi untuk melakukan tindakan membereskan stress yang terlalu tinggi. Cobalah cari penyebab awal mula di balik tekanan stress Anda dan memperbaikinya dengan benar.

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan-jalan, mendengarkan musik dan beristirahat sejenak membantu mengurangi produksi hormon kortisol yang membuat Anda merasa cemas dan pada titik tertentu meningkatkan produktivitas Anda. Pertahankan gaya hidup sehat dan menumbuhkan sikap positif terhadap pekerjaan yang dilakukan sehingga tidak menimbulkan tekanan stress.

Mengatasi Stress Pekerjaan Dalam 5 Menit Dengan 4 Cara Mudah

Ketika tekanan stress pekerjaan yang semakin tinggi, Anda perlu melakukan cara yang tepat untuk mengatasi stress dalam dunia pekerjaan. Beberapa cara yang perlu Anda terapkan antara lain :

1. Jadwalkan Istirahat dengan Tidur Nyenyak

Akibat kelelahan dan berkurangnya jam tidur ideal, stress terlihat seperti problem besar yang sangat ditakuti orang.Namun apakah Anda tahu? cara mengatasi stress tidak rumit, salah satunya dengan istirahat yang cukup, terutama tidur dengan nyenyak saat malam hari .

Mengutip riset yang dilakukan Robert Wood Johnson Foundation dan Harvard School of Public Health menyebutkan, bahwa ada kaitan antara kekurangan tidur dengan stress. Riset tersebut menyatakan bahwa sekitar 70 persen responden yang stress mengaku kesulitan untuk tidur.

Buat jadwal yang tepat untuk memulai jam tidur ideal pada malam hari agar stress tidak berkelanjutan. Mendapat tidur yang cukup adalah cara mengatasi stress yang ampuh. Setidaknya memejamkan mata sambil menenangkan diri selama kurang lebih lima menit. Kalau sulit melakukannya, Everydayhealth menyarankan agar mengurangi kafein beberapa saat sebelum tidur. Jangan konsumsi minuman atau makanan yang memiliki kandungan tinggi kafein. Ciptakan suasana santai sesuai keinginan Anda dengan ruangan nyaman, dan mematikan lampu agar kamar menjadi temaram. Inilah salah satu cara mengatasi stress yang mudah sekaligus efektif, silakan saja mencobanya.

2. Buat Tubuh Bergerak

Duduk diam di tempat pekerjaan ketika tekanan stress tinggi adalah kebiasaan salah yang banyak dilakukan seseorang. Menurut penelitian ketika Anda dalam tekanan pekerjaan, cara mengatasi stress perlu menggerakkan tubuh dan beranjak dari tempat duduk. Anda bisa sekadar berjalan-jalan untuk menghirup udara segar atau ijin sementara ke tempat yang memiliki suasana santai. Untuk Anda yang memiliki hobi olahraga ringan, lakukan gerakan tubuh dengan menyediakan waktu beberapa menit sampai stress menghilang.

Melakukan olahraga ringan dalam lima menit pun efeknya sudah terasa. Stress bisa dikurangi ketika tubuh Anda bergerak melakukan olahraga melepaskan hormon gangguan stress dalam pikiran.

3. Manfaatkan Makan Siang Dengan Makanan Pengusir Stress

Makanan yang Anda konsumsi memiliki pengaruh dalam stress. Mengutip laman Women's Health menyebutkan, pemilihan makanan yang salah akan membuat tubuh melebar dan mudah sakit. Drew Ramsey, penulis buku The Happiness Diet dan Fifty Shades of Kale, ada beberapa makanan yang aman untuk membangkitkan mood, namun tak membuat tubuh makin lebar. 

  1. Oatmeal dengan kayu manis dan madu, Semangkuk oatmeal hangat dengan bahan gandum akan memberikan kehangatan dan kelezatan yang meredam tekanan stres tinggi Anda. Makanan oatmeal selain merangsang peningkatan hormon serotonin yang membuat Anda jadi lebih tenang, juga mengandung serat tinggi sehingga dicerna dengan lambat. Untuk menambah rasa, menggunakan kayu manis di dalam oatmeal juga membantu menghilangkan frustrasi, tambahan madu akan memenuhi keinginan Anda untuk menyantap makanan manis. 
  2. Cokelat Hitam berisi Almond, Kandungan bahan aktif dalam cokelat terbukti nyata bisa membantu menghilangkan rasa stres. Sebuah studi tahun 2009 di Swiss menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam akan mengurangi pembentukan hormon stres dalam tubuh. Selain itu, cokelat juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. 
  3. Campuran almond di dalam cokelat, Konsumsi almond yang banyak terdapat kandungan protein dan lemak tak jenuh tidak hanya memberi sensasi dan memanjakan diri Anda, makanan ini diketahui baik untuk  menurunkan tingkat depresi. 
  4. Keripik kale, Kale mungkin bukan komiditi sayur yang familiar di Indonesia. Namun, kale memiliki senyawa baik untuk tubuh, salah satunya adalah antioksidan karotenoid. Penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa orang yang memiliki kadar karotenoid tinggi dalam tubuhnya ternyata jauh lebih optimis dibandingkan yang rendah karotenoid. 
  5. Smoothies pisang, menghadapi stress pekerjaan dengan cara mudah dapat menggunakan minuman smoothies buah. Campuran susu dan buah, terutama pisang akan membuat rasa smoothies jadi makin nikmat. Susu kedelai yang rendah lemak namun kaya folat akan membantu meningkatkan kadar serotonin (hormon penangkal stres). Kandungan pisang dalam smoothiesnya akan membantu untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi saat stres, karena kandungan kaliumnya yang tinggi. 
  6. Kacang-kacangan, tidak salah jika anda mempersiapkan makanan ringan seperti kacang-kacangan. Konsumsi kacang mete, kenari, dan pistachio dengan kandungan serat, antioksidan dan asam lemak tak jenuh yang bisa menurunkan tekanan darah. Dalam penelitian, pistachio akan membantu menurunkan tingkat kecemasan, omega-3 lemak esensial dalam kenari akan mempercepat penurunan depresi. Sedangkan kandungan selenium dalam kacang mete dan almond terbukti akan meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia.
  7. Ubi jalar, dengan rasa manis dan lezat ketika Anda menyantap ubi jalar pasti menjadi kenikmatan tersendiri. Kandungan ubi dengan nutrisi yang baik untuk menurunkan kecemasan, seperti karotenoid dan serat. 
  8. Yoghurt dan buah beri, Yoghurt juga menjadi pilihan tepat untuk Anda yang peduli dengan kesehatan. Yogurt adalah sumber energi besar dari protein dan kalsium, yang dibutuhkan tubuh untuk melepaskan neurotransmitter dan akan menciptakan perasaan senang dan lega. Agar rasanya lebih nikmat, campurkan buah-buahan, terutama dari kelompok buah berri (Strawberri, blueberry, raspberry). Selain memberi rasa manis, kandungan antioksidan buah ini bisa menghilangkan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh. 
  9. Kari, semangkuk besar nasi kari yang pedas dan hangat juga menjadi makanan penenang saat sedang stres. Ketika tubuh mendeteksi adanya senyawa capsaicin dari cabai maka, otak akan melepaskan endorfin, senyawa yang berfungsi untuk memberi perasaan lebih tenang. Menurut penelitian terbaru, kurkumin (kari) terbukti mampu melindungi bagian penting otak dari kerusakan akibat stres. 
  10. Teh hijau, Sebuah studi di tahun 2011 menyatakan bahwa kandungan L-theanine-asam amino dalam teh hijau akan membantu membuat pikiran jadi jernih dan "dingin". Teh hijau juga dilengkapi dengan kandungan kafein yang bisa menambah konsentrasi dan fokus.

4. Hentikan Sementara Hubungan Dengan Dunia Luar

Saat tekanan stress pekerjaan terlalu tinggi, stop informasi dari luar untuk sementara waktu. Cara ini memberikan waktu pada tubuh dan pikiran Anda untuk istirahat ketika stress tidak kunjung berhenti. Stress yang muncul dapat disebabkan dari internal dan eksternal Anda. Maka sebaiknya memutuskan hubungan dengan pihak lain untuk sementara waktu. Anda bisa mematikan telepon sementara waktu. Disarankan juga untuk tidak mengakses internet atau menggunakan media sosial.

Mengutip riset psikolog Richard Barding dari University of Worcester di Inggris menyebutkan bahwa smartphone punya potensi meningkatkan tingkat stress seseorang. Mematikan televisi juga wajib dilakukan. Biarkan untuk sejenak Anda tidak terhubung dengan pihak luar. Hal itu dapat membuat Anda merasa tenang.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar