Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 19 Juni 2018

Mengatasi Siku dan Lutut Yang Hitam Mengering

Mengatasi Siku Hitam dan Kering - Bagian sikut sering terlihat berbeda warna jika dibandingkan bagian kulit lain. Selain warna yang terlihat lebih hitam, sikut tangan dan lutut dapat mengganggu penampilan jika mengenakan pakaian lengan dan celana pendek. Perbedaan warna siku dan lutut jika dibandingkan warna kulit lain, disebabkan kedua bagian ini sering melakukan peregangan.
Ilustrasi kulit Hitam Mengering (tipkesehatan.com)

Joshua Zeichner, dokter spesialis kulit dan direktur dari Cosmetic and Clinical Research di Mount Sinai Hospital di New York, Amerika menyatakan bahwa kulit bagian siku dan lutut berbeda karena keduanya berada di bagian yang sering melakukan peregangan. Selain itu, kulit bagian siku dan lutut menjadi lebih tebal karena melakukan proteksi dari gesekan yang dapat menyebabkan peradangan.



Bagian siku dan lutut yang terlihat kering pada manusia secara umum disebabkan tebalnya permukaan kulit, juga akibat kelenjar minyak pada daerah ini lebih sedikit sehingga terlihat lebih kering.

Pada beberapa orang, munculnya siku dan lutut yang hitam mengering tidak hanya akibat tersebut, kemungkinan yang dapat menjadi sumber siku dan lutut bermasalah karena tubuh kekurangan nutrisi, vitamin, pengaruh cuaca, genetika, dan penggunaan kosmetik yang tidak cocok. Sedangkan area kulit yang gelap dapat terjadi akibat sel kulit mati dan pancaran sinar UV.

Mengatasi Siku dan Lutut Yang Hitam Mengering


Mengatasi siku dan lutut hitam dan mengering dapat digunakan bahan sehat dan alami. Selain mudah ditemukan dengan biaya lebih terjangkau, penggunaan bahan-bahan sehat dan alami tidak memberikan efek samping untuk pemakaiannya. Beberapa cara untuk mengatasi siku dan lutut hitam mengering, antara lain :

1. Scrubing
ilustrasi srubing (Fen-ny.blogspot.com)
Menghitam nya bagian siku dan lutut dapat disebabkan sel kulit mati, oleh karenanya Anda perlu mengangkat sel kulit mati supaya kulit baru mudah melakukan regenerasi. Perawatan kulit siku dan lutut kering dan menghitam dengan melakukan scrubing. Perawatan scrub punya manfaat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Proses pengangkat sel kulit mati dapat membantu melembutkan dan mencerahkan kulit

2. Body Lotion
Produk perawatan bayi sudah dikenal sangat aman untuk kulit sensitif. Penggunaan body lotion bayi selain sehat dengan bahan alami, mampu mencerahkan bagian kulit siku dan lutut. Manfaat lain body lotion dipercaya dapat melembabkan kulit, para ahli kecantikan merekomendasikan jenis body lotion yang mengandung minyak jojoba oil dan alpha hydroxy acid, karena bahan-bahan tersebut efektif untuk merawat kulit yang gelap pada area lutut dan siku.

3. Minyak VCO
Minyak VCO diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Selain memiliki kemampuan melembabkan kulit, minyak VCO yaitu dapat  mengencangkan kulit siku dan lutut. Minyak VCO adalah minyak kelapa murni di proses dengan pembakaran suhu rendah. Cara perawatan kulit hitam dengan minyak VCO cukup sederhana, oleskan minyak VCO pada siku dan lutut sambil melakukan pijatan lembut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilaslah dengan air bersih.

4. Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah bahan multi-fungsi dengan banyak manfaat dalam dunia kecantikan. Menggunakan minyak zaitun dalam mengatasi kulit, juga mampu melembabkan dan terhindar dari kekeringan. Cara menggunakan minyak zaitun untuk siku dan lutut adalah mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan susu murni. Aduk supaya merata, kemudian oleskan pada permukaan kulit siku dan lutut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu basuh kulit dengan air bersih.

5. Menggunakan batu apung
ilustrasi batu apung (geologi.com)
Batu apung banyak digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada peralatan rumah tangga. Selain itu Anda dapat memanfaatkan batu apung untuk memutihkan bagian siku dan lutut hitam. Gunakan batu apung dengan perlahan ketika di gosok pada permukaan siku dan lutut untuk menghindari luka. Menggosok batu apung pada bagian yang hitam akan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada area lutut dan siku.

Mengatasi Siku dan Lutut Yang Hitam Mengering Dengan Bahan Sehat Alami

Untuk mengatasi siku dan lutut hitam dapat menggunakan cara sehat dan alami dengan buah

Beberapa buah yang dapat Anda gunakan seperti :
6. Mentimun, Buah mentimun dipercaya paling efisien mengikis warna hitam yang ada pada bagian lutut dan siku. Selain mampu memberikan kelembaban kulit, mentimun juga mengangkat sel kulit mati. Caranya menggunakan mentimun untuk perawatan dengan mengosokkan irisan timun pada sisi siku atau lutut selama 15 menit. Biarkanlah selama 5 menit baru cuci dengan air dingin.

ilustrasi kentang (kompas.com)
7. Kentang, adalah cara alami dan sehat untuk melembutkan siku dan lutut hitam. Dengan kandungan enzim catecholase yang membuat cerah warna kulit. Pemanfaatan dengan cara teratur mampu mengikis bagian yang hitam pada kulit. Cara menggunakan kentang untuk perawatan sangat mudah. Parut kentang dan peras untuk mendapatkan airnya, basuh air perasan kentang pada siku dan lutut. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci dengan air, dan terakhir berikan pelembab.


8. Kunyit, Bumbu dapur yang sering ditemui ini punya banyak manfaat untuk kesehatan dan perawatan. Dipercaya sebagai bahan paling sehat alami untuk mengangkat sel kulit mati pada lutut dan siku tanpa efek samping. Untuk menggunakan kunyit sebagai perawatan, caranya dengan mencampur bubuk kunyit dengan 1 sendok teh susu, terapkan di lutut dan siku. Pijat selama sebagian menit dan biarkanlah kering dengan cara alami. Cuci dengan air hangat.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar