Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 05 Juni 2018

Manfaat Yang Tidak Anda Ketahui Dari Kantong Teh

Minuman tradisional teh, telah mengalami perubahan cukup berbeda dibandingkan pada awal teh diperkenalkan. Saat ini, minum teh menjadi lebih efisien dan higienis karena dibungkus kantung khusus untuk menjaga kelembaban dan aroma khasnya tetap segar. Tahukah anda yang memiliki kebiasaan minum teh celup, bungkus teh yang sering di buang ke tempat sampah ternyata punya banyak manfaat tambahan.

Megutip laman Healthline yang menyebutkan, ternyata selain kenikmatan teh dengan manfaat kesehatan jika di minum, bungkus teh bekas dapat mengobati beberapa penyakit dan perawatan kesehatan, diantaranya :



1. Mengurangi peradangan atau pembengkakan mata

Kandungan teh hitam dan teh hijau kaya dengan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan tanin, memiliki efek positif untuk mengobati mata bengkak selain menjaga kulit area mata tetap kencang.
Untuk kantong teh chamomile  jika anda gunakan dapat  mengurangi pembengkakan dan mengobati radang mata.

2. Membantu menyembuhkan mata merah

Ketika anda mengalami sakit mata merah akibat iritasi dan kelelahan, teh calendula, teh chamomile, dan teh adas dengan senyawa efektif dapat menggurangi kelebihan cairan akibat bengkak mata.
Sedangkan manfaat kantong teh hijau memiliki khasiat antimikroba untuk mengobati iritasi kemerahan karena infeksi bakteri.

3. Menyamarkan kantung mata yang hitam

Kantung mata dengan lingkaran hitam dapat muncul ketika anda kurang tidur. Gunakan teh hitam atau teh hijau mengandung senyawa kafein untuk menyamarkan kantung mata dan menghilang lingkaran hitam pada mata.

4. Meredakan mata bintitan

Kantong teh hitam dan kantong teh chamomile efektif mengobati mata bintitan.  Dengan kandungan anti-bakteri akan mempercepat proses penyembuhan dan mengobati iritasi.

5.. Melembapkan mata kering

Mata kering akibat terlalu lelah dan kondisi badan yang tidak prima, biasanya mudah muncul ketika anda berada dalam ruangan AC sehingga menyebabkan mata mudah menjadi kering. Gunakan kantong teh hitam dapat membantu mempertahankan kelembapan dan mengobati mata kering menjadi lebih nyaman.

6. Mengatasi mata lebam

Kantong teh lavender dan teh chamomile bagus untuk digunakan ketika lebam, bengkak, atau memar pada mata.  Dengan kandungan efektif meredakan perdarahan dan meredakan nyeri.

Cara Menggunakan Kantong Teh Bekas Untuk Perawatan


  1. Cara menggunakan kantong teh yang sudah tidak terpakai, tidak merepotkan dan praktis. Ambil kantong teh yang sudah anda gunakan dan buang besi kecil yang sering digunakan untuk mengencangkan tali kantong dan peras airnya supaya tidak terlalu banyak air.
  2. Simpan ke dalam lemari pendingin 20 menit. 
  3. Cuci tangan dengan bersih karena akan bersentuhan dengan kantong teh.
  4. Usapkan kantong teh pada bagian mata dengan pelan, lakukan untuk 20 menit.


Cara memanfaatkan kantong teh sebagai pengobatan mata hanya bersifat sementara. Lakukan konsultasi lebih lengkap dengan dokter ahli untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar