Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 15 Juni 2018

Manfaat Seledri Untuk Diet, Jerawat, Rambut Dan Wajah

Manfaat Seledri Untuk Diet, Jerawat, Rambut Dan Wajah - Seledri adalah jenis daun yang sering anda temukan sebagai pelengkap masakan. Apium graveolens L dalam istilah lain dengan kandungan kalsium dan vitamin yang lengkap, seledri tidak hanya digunakan sebagai sayuran daun dan bumbu masakan saja, lebih dari itu, ternyata daun seledri telah digunakan sebagai tumbuhan obat untuk diet, jerawat, rambut dan wajah.

Hasil pengembangan dan penelitian seledri dalam dunia kesehatan yang dilakukan beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea sebagai bahan makanan. Di Indonesia, awal mula sejarah tumbuhan seledri diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Berbeda dengan negara Eropa dalam menggunakan seledri, manfaat penggunaan seledri sudah sangat lengkap, dimulai dari daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan.



Jenis seledri terbagi menjadi tiga kelompok yang dibudidayakan:

Seledri daun atau seledri iris (A. graveolens Kelompok secalinum) yang biasa diambil daunnya dan banyak dipakai di masakan Indonesia.

Seledri tangkai (A. graveolens Kelompok dulce) yang tangkai daunnya membesar dan beraroma segar, biasanya dipakai sebagai komponen salad.

Seledri umbi (A. graveolens Kelompok rapaceum), yang membentuk umbi di permukaan tanah; biasanya digunakan dalam sup, dibuat semur, atau schnitzel. Umbi ini kaya provitamin A dan K.

Seledri adalah tumbuhan serbaguna, terutama sebagai sayuran dan obat-obatan. Sebagai sayuran, daun, tangkai daun, dan umbi sebagai campuran sup. Daun juga dipakai sebagai lalap, atau dipotong kecil-kecil lalu ditaburkan di atas sup bakso, soto, macam-macam sup lainnya, atau juga bubur ayam.

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan


Seledri dan buahnya telah digunakan sebagai bahan obat sejak jaman Yunani Klasik dan Romawi. Tanaman yang sering disebut-sebut oleh Dioskurides serta Theoprastus menjadi "penyejuk perut". Konsumsi daun seledri yang diketahui sebagai sayuran anti-hipertensi. Fungsi lainnya adalah sebagai peluruh (diuretika), anti reumatik serta pembangkit nafsu makan (karminativa). Umbinya memiliki khasiat yang mirip dengan daun tetapi digunakan pula sebagai afrodisiaka (pembangkit gairah seksual).

Namun, seledri berpotensi menimbulkan alergi pada sejumlah orang yang peka. Penderita radang tidak dianjurkan mengkonsumsi. Suatu enzim endonuklease yang disebut Cel1 juga diekstrak dari seledri dan dipakai dalam suatu teknik biologi molekular yang disebut Tilling.

Aromanya yang khas berasal dari sejumlah komponen mudah menguap dari minyak atsiri yang dikandung, paling tinggi pada buahnya yang dikeringkan. Kandungan utamanya adalah butilftalida dan butilidftalida sebagai pembawa aroma utama. Terdapat juga sejumlah flavonoid seperti graveobiosid A (1-2%)dan B (0,1 - 0,7%), serta senyawa golongan fenol. Komponen lainnya apiin, isokuersitrin, furanokumarin, serta isoimperatorin. Kandungan asam lemak utama dalah asam petroselin (40-60%). Daun dan tangkai daun mengandung steroid seperti stigmasterol dan sitosterol.

Manfaat seledri untuk mengobati rematik


Manfaat daun seledri untuk mengobati rematik adalah kandungan sodium tinggi yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Selain menghambat reaksi radikal bebas dengan kandungan psoralen, beberapa kelebihan ketika anda konsumsi seledri adalah kemampuan menghilangkan rasa nyeri akibat rematik.

Cara Membuat Ramuan Seledri Untuk Mengobati Rematik :


  1. Siapkan segenggam batang seledri yang telah dipotong-potong kecil terlebih dahulu
  2. Setelah itu rebus potongan seledri tadi dengan 2 air gelas dan tunggu hingga menyisakan untuk satu gelas saja
  3. Jika sudah, Angkat dan saring lalu tuangkan air rebusannya ke dalam gelas
  4. Minum ramuan seledri ini secara langsung sampai habis secara rutin.


Manfaat seledri untuk menurunkan kadar kolesterol


Manfaat seledri untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan menguras kelebihan senyawa kolesterol dalam usus, proses yang dilakukan seledri akan dikeluarkan melalui buang air besar. Cara menggunakan daun seledri untuk menurunkan kadar kolesterol sebagai berikut :


  1. Pilih daun seledri dan dicuci bersih kemudian dipotong-potong kasar.
  2. Rebus daun seledri dengan 3 gelas air hingga susut menjadi 1 gelas air.
  3. Tunggu agak mendingin lalu diminum rutin. 


Manfaat seledri untuk mengobati anemia


Manfaat seledri untuk penyakit anemia dapat digunakan mengatasi kekurangan darah. Anemia adalah gejala berkurangnya jumlah sel darah merah dalam peredaran darah. Akibat yang dirasakan penderita anemia seperti lemah, lesu, dan lemas. Cara membuat seledri sebagai obat anemia sebagai berikut :

  1. Sediakan bahan-bahan seperti madu, nanas, seledri dan susu segar. 
  2. Cuci semua bahan di atas. Setelah bersih, potong nanas menjadi potongan kecil. 
  3. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender dan buatlah jus dari kesemua bahan diatas. 
  4. Lalu minumlah jus ini untuk menjaga anda dari kekurangan darah atau anemia. Lakukanlah hal tersebut secara rutin.



Manfaat daun seledri untuk mengobati mata kering

Manfaat seledri untuk pengobatan mata kering adalah kesegaran dan percepatan pemulihan pada bagian mata. Beberapa gejala yang dirasakan ketika anda mengalami gangguan mata kering seperti gatal dan mata terlihat merah. Cara menggunakan daun seledri untuk manfaat menghilangkan penyakit mata kering sebagai berikut:

  1. Tumbuk daun bayam dan daun kelor serta seledri secara bersamaan. 
  2. Setelah halus, hasil tumbukan itu ditambahkan sedikit garam dan air. 
  3. Minumlah campuran bahan-bahan tadi sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang optimal. 


Manfaat seledri untuk mengobati batuk

Daun seledri efektif untuk membantu anda ketika terganggu batuk. Cara menggunakan seledri sebagai obat untuk batuk sebagai berikut:

  1. Rebus daun seledri dengan 3 gelas air hingga susut. 
  2. Saring air godokan seledri dengan dicampur madu sesuai selera. 
  3. Lakukan pengobatan ini secara rutin sehari 2 kali. 


Manfaat seledri untuk mengobati darah tinggi (hipertensi)


Manfaat seledri untuk mengobati darah tinggi adalah dengan melancarkan peredaran darah sehingga tidak terjadi penyumbatan di pembuluh darah. Kandungan bahan phthalides, kumarin dan apigenin selain membuat daya tahan tubuh meningkat, manfaat lain dari seledri seperti anti iritasi dan anti inflamasi.
Cara menggunakan daun seledri untuk hipertensi sebagai berikut :

  • Tumbuk 100 gr daun seledri hingga halus. 
  • Tambahkan air matang dan dimasak hingga mendidih. Setelahnya diminum 2 kali sehari. 


Manfaat seledri untuk mencegah sembelit

Sulit buang air besar adalah gangguan yang banyak dirasakan akibat kebiasaan buruk. Konsumsi seledri dalam mengatasi sembelit adalah kemampuannya mengendurkan urat saraf yang bekerja terlalu keras. Cara mencegah sembelit dengan seledri sebagai berikut:

  • Tumbuk 100 gr daun seledri hingga halus. 
  • Tambahkan air matang dan dimasak hingga mendidih. Setelahnya diminum 2 kali sehari. 


Manfaat seledri untuk meluruskan dan mencegah rambut rontok 
Manfaat seledri untuk menebalkan rambut anak

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar