Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 26 Juni 2018

Manfaat Parkir Mobil Dalam Ruangan

Kenali Manfaat Parkir Mobil Dalam Ruangan dibanding Luar Ruangan (detik.com)

Manfaat parkir mobil dalam ruangan adalah cara yang terbaik untuk keamanan kendaraan. Namun, sering dijumpai banyak pemilik mobil tidak meletakkan posisi kendaraannya dengan aman di garasi. Hal yang perlu Anda ketahui ketika parkir di garasi, memiliki banyak manfaat. Memarkirkan kendaraan roda empat selain tidak mempersempit ruas jalan dan menjaga keawetan cat mobil tetap cerah, selain itu adalah kondisi mesin akan bertahan lebih lama.

Parkir, atau penempatan kendaraan untuk ditinggal pergi atas apapun alasannya, adalah salah satu bentuk kegiatan yang pasti dirasakan semua pengemudi semua jenis kendaraan.

Mengutip laman Drivespark menjelaskan, selalu muncul beberapa alasan penyebab pemilik mobil lebih memilih parkir di pinggir jalan dibanding membawa kendaraan roda empat ke dalam garasi. Beberapa alasan yang sering diketahui seperti tidak tersedianya garasi di rumah, malas mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa garasi. Terkadang yang paling parah menurut penulis adalah tidak ingin tempat tersebut dibuat parkir oleh orang lain.

Manfaat Parkir Mobil Dalam Ruangan

Manfaat Parkir Mobil Dalam Ruangan adalah sesuatu yang perlu anda ketahui. Ketika mobil di garasi, Anda secara tidak langsung telah mencegah pencurian atau masalah vandalisme pada mobil akibat orang iseng. Selain itu, unsur-unsur dari pengaruh alam yang tidak diharapkan pun bisa dihindari misalkan hujan lebat dan berangin, tertimpa pohon, cipratan lumpur, panas ekstrem radiasi Ultra Violet, dan lain sebagainya.


Kondisi eksternal yang diakibatkan oleh alam yang berlangsung terus menerus, akan mempercepat kerusakan eksterior mobil seara umum dan juga bagian Interior. Kebiasaan parkir mobil yang sering di tepi jalan yang dipengaruhi suhu akan menimbulkan pembentukan kotoran atau asam pada cat kendaraan.

Manfaat Parkir Mobil Dalam Ruangan dan Komponen 

Pada bagian komponen karet di mobil seperti pipa, selang, karet sampai wiper bisa cepat menua dari seharusnya bila mobil tidak parkir di garasi. Sebuah fakta lain yang akan terjadi ketika Anda parkir mobil di ruang terbuka bisa memperpendek usia mesin mobil.

Menyediakan tempat parkir yang benar untuk mobil dalam garasi. Hal ini memiliki pengaruh pada tingkat kestabilan suhu dalam kap mesin tetap stabil dan tidak terjadi fluktuasi. Umumnya naik turunnya suhu dapat dipengaruhi secara cepat dari panas menjadi hujan secara tiba-tiba, ataupun sebaliknya.

Untuk mendapatkan kondisi mesin yang baik, menyimpan mobil di dalam ruangan dipercaya dapat menjaga oli mesin tetap pada viskositas optimal. Pengaruhnya bersinergi untuk untuk engine start-up (menyalakan mesin untuk pertama kali), sehingga mesin mobil tetap prima berjalan dengan lancar dan dalam jangka panjangnya akan memperpanjang usia mesin mobil.

Manfaat Parkir Mobil Dalam Ruangan dan Interior

Parkir mobil dalam ruangan pada kinerja AC atau pendingin ruangan di mobil pun bisa bekerja secara maksimal ketika mobil diparkir di garasi dibanding di luar. Mobil diparkir di luar suhu akan menjadi terlalu panas. Dalam situasi Anda akan menggunakannya, menyebabkan AC bekerja ekstra keras untuk mendinginkan interior.

Kerugian lain saat mobil berada di luar ruangan untuk saat lama, akan merusak bagian interior pada waktu panjang. Dasbor dan lapisan kulit interior yang sering kena sinar matahari akhirnya terlihat memudar lebih cepat dari yang seharusnya. Dalam beberapa kasus ekstrem, sistem hiburan juga bakal rusak karena membran pada speaker retak sampai hancur. Ada juga kemungkinan untuk beberapa bagian penting yang tidak tahan panas dapat terkelupas.

Memiliki mobil dan kendaraan lain adalah tidak sekedar membeli tanpa melakukan perawatan secara rutin. Banyak cara yang sering dilakukan pemilik mobil dan kendaraan justru mempercepat masa pakai bagiannya, akhirnya memerlukan pengantian baru meski belum waktunya.


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar