Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 07 Juni 2018

Lakukan Periksa Kesehatan Kendaraan Sebelum Memulai Perjalanan Mudik

Lakukan Periksa Kesehatan Kendaraan Sebelum Memulai Perjalanan Mudik - Menjelang mudik dalam suasana lebaran menjadi kegiatan umum di kehidupan masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang rela melakukan perjalanan mudik dengan mengendarai dalam waktu berjam-jam agar dapat bersama keluarga besar di kampung halaman.

Sebelum menggunakan kendaraan pribadi digunakan untuk mudik, ada beberapa tips penting perlu diperhatikan untuk kendaraan sebelum berangkat mudik lebaran, diantaranya :



Periksa menyeluruh kendaraan.

Mulai dengan pemeriksaan pada bagian penting seperti seluruh oli, air yang terdapat di bagian kendaraan benar layak pakai sampai anda kembali lagi. Memastikan kondisi baik dan sesuai dengan standar direkomendasikan untuk digunakan kendaraan. Adapun jenis cairan kendaraan seperti,: oli mesin, oli rem, oli transmisi, oli power steering (jika ada), air wiper, air radiator, air aki (jika ada).
Segera melakukan penggantian pelumas jika sudah mendekati masa pakai atau telah melebihi jarak tempuh yang direkomendasikan.

Untuk spesifikasi pelumas dengan aturan yang sudah di tetapkan oleh ATPM sangat penting diperhatikan. Melakukan pengecekan volume pelumas dengan mengamati indikator ketinggian pelumas yang tertera pada display kendaraan. Disarankan untuk tetap menjaga ketinggian yang telah ditentukan untuk jenis mobil.

Pengecekan berkala lain adalah air radiator dan air wiper, ketika wadah penampungan terlihat kekurangan air, segera mengisinya untuk mencegah volume air yang kurang dari indikator yang ditentukan. Pastikan pula tidak ada kebocoran terutama pada radiator, karena jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada mesin kendaraan,

Pemeriksaan bagian bawah kendaraan

Pemeriksaan pada bagian bawah kendaraan antara lain kondisi rem, kembang ban yang masih bagus, tekanan angin, dan kondisi ban secara keseluruhan. Ganti ban yang sudah banyak tambalan selama perjalanan jauh yang dapat mengakibatkan panas berlebihan.
Pengecekan kondisi rem yang masih bagus dapat dilihat dengan tebal atau tipis kampas rem dan tidak adanya bunyi atau terasa berat ketika rem digunakan.
Bentuk ban yang tipis dan cenderung kehilangan kembangnya, lakukan penggantian dengan ban yang lebih baik. Bagian lain yang perlu di periksa seperti ban serep yang akan dibawa selama perjalanan harus baik juga.

Perbaiki Pendingin kendaraan yang tidak prima

Menggunakan pendingin dalam ruangan kendaraan sangat penting untuk menjaga suhu yang sesuai. Kondisi sistem pendingin kendaraan akan sangat bermanfaat jika anda dalam mobil untuk waktu perjalanan yang cukup lama. Periksa pendingin ketika kondisi hidup apakah terdengar bunyi yang mengganggu dan tingkat kedinginan tidak normal saat meski menggunakan volume besar.

Aksesoris kendaraan

Beberapa komponen kendaraan mobil punya masa pakai yang direkomendasikan. Misalnya engine belt perlu menggunakan yang layak pakai. Engine belt adalah komponen penghubung antara bagian elemen mesin dengan lainnya. Kerusakan yang timbul akibat perjalanan mudik jauh dapat merusak komponen bagian lainnya.
Pemeriksaan yang perlu anda perhatikan seperti: engine belt, Timing belt, AC belt, Alternator Belt, Power Steering Belt, Water Pump Belt. Ganti belt yang sudah memiliki kondisi fisik terdapat retakan halus. Ketika mobil menyala, amati apakah ada suara yang tidak normal dari mesin dan perlu perbaikan.

Kelengkapan SIM dan STNK

Setelah memastikan kendaraan yang digunakan mudik dalam kondisi prima, periksa kembali tanggal habis kelengkapan dokumen kendaraan dan pendukungnya seperti Surat Ijin Mengemudi dan Surat Tanda Nomer Kendaraan. Segera perpanjang jika masa berlaku sudah mendekati habis masa pakainya.



Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar