Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 29 Juni 2018

Kota Dingin di Indonesia, Selimut Kadang Tidak Memberi Fungsi

Beraneka ragam letak kota yang tersebar di Indonesia secara umum adalah diselimuti iklim tropis. Tidak mengherankan jika banyak penduduknya yang menggunakan alat pendingin, jika menyenangi keadaan yang lebih dingin. Namun hal ini tidak akan dilakukan jika Anda mengunjungi beberapa kota di Indonesia, selain dikenal dingin hingga menggunakan selimut untuk menghadang suhu dingin sering tidak memberi efek besar pada tubuh.

Kota Yang Dikenal Dengan Suhu Dingin

Ada banyak kota di seluruh Indonesia yang cukup terkenal dengan suhu dingin dan juga tingkat curah hujan yang tinggi. Sebagian besar kota memang secara geografis berada di ketinggian lebih tinggi dari kota yang memiliki jumlah penduduk banyak. Beberapa kota yang perlu Anda kunjungi seperti :

1. Mulia, Puncak Jaya, Papua
Kota Mulia yang berada di ketinggian 2.448 meter dari permukaan laut merupakan kota kecil di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Sayangnya, lokasi Mulia merupakan daerah konflik di Papua yang cukup terkenal. Dengan pemandangan pegunungan dan udara dingin, suara letusan kadang dapat terdengar.

2. Waghete, Deiyai, Papua
Masih berada di lokasi Papua, Waghete adalah kota yang dikenal dengan suhu dingin. pada saat pagi dan siang diperkirakan suhu 15 derajat Celcius, kondisi ini akan semakin dingin mendekati malam hari mencapai suhu hingga 10 derajat Celcius.

Kota Dingin Dari Sumatera

3. Berastagi, Karo, Sumatra Utara
Lokasi wisata di Sumatera Utara yang sudah cukup terkenal, Berastagi. Menjadi tempat tujuan wisatawan lokal dan asing, Berastagi berada diatas permukaan laut dengan tinggi 1.3000 meter. Kawasan wisata Berastagi secara geografi diapit oleh gunung Sibayah dan Gunung Sinabung.

4. Gayo Lues, Aceh
Kota yang sudah terkenal dengan produksi alam untuk kopi, sehingga disebut kopi Gayo. Gayo Lues kabupaten di daerah Aceh memiliki ketinggian hingga mencapai 1.000 meter dari permukaan air laut.

5. Mamasa, Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Barat terdiri dari pegunungan yang cukup tinggi. Kota Mamasa yang berada daerah pegunungan mencapai 1.900 meter, rata-rata ketinggian tanah di Mamasa mencapai 1.200 meter dari permukaan air laut.


6. Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur
Ruteng adalah kota kecil yang terletak di Kabupaten Manggarai. Konon kota ini memiliki kemiripan dengan suasana bangunan seperti Kota Praha. Desain dan arsitektur banyak menggunakan tema Eropa. Secara geografis, kota Ruteng berada di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut.

Kota Yang Dikenal Dingin Daerah Jawa

7. Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah
Dibagian pesisir wilayah Jawa Tengah, Baturraden sering menjadi tempat wisatawan. Terkenal dengan tempat yang dingin dan terletak di daerah pegunungan ketinggian 980 meter dari permukaan air laut. Kawasan wisata Baturraden secara umum telah dikelola dengan manajemen yang baik untuk menarik minat wisatawan. Di beberapa lokasi, Anda dapat menjumpai banyak tempat wisata yang indah, seperti air terjun , perkemahan dan wisata edukasi untuk melihat satwa dari penjuru dunia.


8. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Kota Ciwidey berada pada ketinggian 1.200 meter dari permukaan air laut dan terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jika Anda ingin melakukan wisata kesana, akan mendapatkan pemandangan pergunungan dan perkebunan teh.

9. Lembang, Bandung, Jawa Barat
Tidak jauh dengan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat punya banyak pesona wisata lain. Salah satunya Lembang. Sambutan suhu yang dingin dari kota Lembang yang berada di ketinggian antara 1.300 hingga 2.100 meter, Lembang adalah tempat yang banyak dijadikan lokasi wisata lokal daerah Jawa secara umumnya.

10. Batu, Jawa Timur
Kawasan sisi timur di propinsi Jawa yang cukup terkenal sebagai tempat wisata adalah Batu. Kota di Jawa timur Batu menyediakan berbagai tempat menarik untuk Anda kunjungi, seperti pemandian air panas di Cangar, air terjun seperti cuban rondo dan cuban sewu, dan wisata olahraga seperti paralayang dan outbond.

Indonesia yang berada di garis khatulistiwa memang dominan memiliki suhu iklim tropis, namun pada beberapa tempat tertentu, terkadang punya daya tarik yang luar biasa karena berada lebih tinggi dari permukaan laut. Hal ini membuat kota-kota tersebut menjadi favorit wisatawan lokal untuk berlibur.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar