Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 19 Juni 2018

Keuntungan dan Kerugian Tidur Tanpa Kasur di Lantai

Kebiasaan seseorang ketika akan tidur punya beberapa pola yang berbeda. Ada yang senang tidur tanpa menggunakan alas, sementara orang lain suka dengan tidur menggunakan kasur. Pada umumnya, pendapat yang menggunakan alas kasur untuk tidur karena pertimbangan kesehatan selain kenyamanan. Orang dengan alas saat tidur percaya, tidur di lantai bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.
Ilustrasi wanita tidur beralas lantai. (beautifulonraw.com)

Mengutip laman Boldsky tentang penelitian mengungkapkan, bahwa tidur di lantai baik untuk kesehatan.Terdapat 9 manfaat tidur ketika seseorang terbiasa tidur di lantai, antara lain :

Keuntungan Tidur Tanpa Kasur di Lantai

1. Meningkatkan postur tubuh
Tidur di lantai dipercaya bisa meningkatkan postur tubuh. Apalagi jika Anda tidur tanpa menggunakan bantal. Cara ini bisa membuat kepala, leher, tulang belakang, pinggul dan seluruh tubuh meningkat.

2. Mengurangi sakit bahu
Tidur di lantai dipercaya bisa mengurangi sakit pada bahu. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa tidur selama tiga malam berturut-turut dalam seminggu.

3. Mencegah nyeri punggung bawah
Sejumlah peneliti mengaku, tidur di lantai bisa mencegah nyeri punggung bawah. Cara ini pun bisa membuat tulang belakang bisa tetap lurus.

4. Memperlancar sirkulasi darah
Tidur di lantai bisa menjadi alternatif untuk memperlancar sirkulasi darah. Pasalnya, sirkulasi darah yang lancar bisa membuat tubuh terbebas dari berbagai macam penyakit.

5. Menghilangkan gelisah
Gelisah kerap terjadi pada sebagian orang saat tidur. Untuk mengatasinya, Anda bisa tidur di atas lantai. Cara ini pun dipercaya bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

6. Mencegah Sakit Tulang Belakang
Jika Anda memiliki kebiasaan tidur tanpa bantal, ternyata merupakan metode yang paling sehat karena memberikan manfaat pada tulang belakang untuk lurus sesuai postur tubuh. Tidur yang Anda gunakan menggunakan punggung memungkinkan tulang punggung untuk berada pada kurva alami dari tubuh. Hal ini akan berbeda saat Anda tidur dengan bantal, lokasi tulang punggung akan berubah dan dipercaya dapat menyebabkan nyeri punggung saat terbangun. Ketika Anda memiliki masalah sakit tulang belakang, cobalah untuk menerapkan tidur tanpa bantal sebagai obat sehat dan alami menyembuhkan sakit punggung.

7. Mencegah Insomnia
Beberapa studi yang dilakukan oleh pakar kesehatan menyimpulkan bahwa tidur di lantai dapat mencegah insomnia. Anda pun mungkin bisa mencegah insomnia dengan cara tidur di lantai dengan posisi yang nyaman.

8. Anda Bisa Bersantai
Ketika Anda tidur di kasur, tubuh Anda harus menyesuaikan diri dengan bentuk kasur, akan tetapi ketika tubuh Anda tidur di lantai, Anda benar-benar dapat bersantai. Selanjutnya jika Anda rileks, ketegangan Anda ikut dilepaskan dengan cara tidur di lantai pada posisi yang proporsional.

9. Manfaat lainnya, Memperoleh Ketenangan
Untuk mendapatkan tidur berkualitas, tidak salah jika anda mencoba beberapa hari tidur tanpa menggunakan bantal. Posisi tidur yang lebih alami dan normal ketika anda tidak menggunakan bantal seperti yang dialami bayi yang merasa tidak nyaman menggunakan bantal yang mengganjal kepalanya. Bayi sering menyingkirkan bantal yang menjadi alas kepala, selain itu Anda dapat memperoleh ketenangan ketika bersatu dengan alam.

Kebiasaan Bahaya Tidur Tanpa Kasur di Lantai untuk Kesehatan Tubuh juga menjadi pertimbangan beberapa orang ketika memilih tidur dengan alas atau kasur. Kebiasaan seseorang sering berlainan antara satu dengan yang lain, ada yang terbiasa tidur di lantai tanpa alas atau kasur, ada juga yang senang tidur dengan alas atau kasur. Beberapa dampak yang buruk yang mungkin muncul ketika seseorang memiliki kebiasaan tidur tanpa menggunakan alas atau kasur.

Kerugian Tidur Tanpa Kasur di Lantai

1. Masuk Angin
Kenyamanan memilih tidur tanpa alas dan terbiasa tidur di lantai diyakini membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Namun ada anggapan yang mengatakan ketika angin yang sejuk dan udara dingin akan mengenai tubuh secara langsung, dapat membuat gangguan pencernaan seperti perut kembung, mual, muntah dan diare. Hal ini dimungkinkan jika kondisi tubuh tidak sehat sehingga mudah terserang penyakit.

2. Sinusitis
Terpaan udara dingin secara langsung ketika Anda memilih tidur di lantai tanpa kasur bisa menyebabkan gangguan sinusitis. Tanda dan ciri-ciri gangguan kesehatan seperti influenza, sakit kepala, hidung tersumbat, cairan dari hidung berlebihan dan bersin-bersin. Sinusitis harus mendapatkan perawatan yang tepat karena peradangan pada rongga sinus bisa menjadi lebih parah. Sinusitis juga bisa menyebabkan komplikasi seperti asma, penyakit meningitis dan resiko gangguan pada otak seperti stroke dan aneurisma.

3. Mitos Penyakit Paru-Paru
Kebiasaan tidur tanpa alas kasur sering dihubungkan dengan penyakit paru-paru basah. Munculnya Paru paru basah dalam dunia kesehatan adalah infeksi akut pada paru-paru yang bisa disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur.

Mengutip laman mediskus.com menyebutkan, biasanya peradangan paru paru basah disebabkan oleh infeksi bakteri, tetapi juga dapat disebabkan oleh virus, jamur, atau parasit. Sejatinya kuman-kuman ini ada di sekitar kita. Walau demikian biasanya mereka tidak bisa melewati pertahanan alami orang yang sehat. Pada saat menghirup udara pernafasan, kuman-kuman akan disaring terlebih dahulu melalui hidung dan sepanjang saluran nafas untuk melindungi paru-paru dari infeksi. Sistem kekebalan tubuh tersebut diperani oleh bentuk hidung dan tenggorokan yang sedemikian rupa, reflek batuk dan bersin, dan adanya struktur rambut yang disebut silia di sepanjang saluran nafas untuk membantu menghentikan kuman agar tidak mencapai paru-paru.

4. Penyakit Flu
Jika Anda tidur di lantai tanpa kasur maka juga akan lebih mudah terkena infeksi virus penyebab flu. Virus ini akan menyerang semua bagian pernafasan mulai dari hidung, tenggorokan dan juga paru-paru. Gejala influenza akan segera terasa pada pagi hari setelah bangun tidur seperti kepala pusing, demam, hidung tersumbat, bersin dan tidak nyaman. Gejala influenza memang tampak seperti gejala masuk angin dan sinusitis. Influenza yang tidak parah memang bisa sembuh sendiri namun jika tubuh terlalu lemah maka sulit untuk sembuh tanpa perawatan yang tepat.

5. Sakit Punggung
Beberapa orang beranggapan tidur di kasur yang terlalu lembut juga tidak akan nyaman, sementara tidur di lantai yang keras juga akan membuat punggung sakit. Sakit punggung ini disebabkan karena tulang dan semua otot tubuh tidak bisa santai sepanjang waktu tidur. Lantai yang terlalu keras akan memaksa tulang dan otot untuk berada dalam posisi yang terpaksa. Jika tidur di lantai dilakukan terus menerus maka juga bisa menyebabkan kelainan bentuk tubuh.

6. Gangguan Tidur
Memilih tidur di lantai akan meningkatkan rasa dingin saat mengenai tubuh, hal ini terkadang akan menjadi tidak nyaman akibat rasa dingin. Jika Anda mengalami gangguan akibat suhu yang terlalu dingin akibat tidur tanpa alas, kondisi ini akan berpengaruh pada kualitas tidur yang kurang baik akibat kurangnya jam tidur ideal.

Keuntungan dan Kerugian Tidur Tanpa Kasur di Lantai adalah kebiasaan yang dirasakan langsung oleh seseorang. Ada banyak anggapan dan mitos tentang kemungkinan penyakit akibat tidur tanpa menggunakan alas kasur, namun pada sisi lain beranggapan bahwa tidur tanpa menggunakan alas adalah cara terbaik untuk mendapatkan kenyamanan tidur. Kebiasaan tidur dengan alas dan tanpa alas sebenarnya dipengaruhi banyak penyebab. Seseorang yang menggunakan alas kasur pun dimungkinkan menderita penyakit yang disebutkan jika tanpa menggunakan alas. Umumnya sumber penyakit yang mungkin timbul akibat tidur tanpa alas dapat terjadi sama kepada pengguna alas.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar