Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 20 Juni 2018

Kenali Tanda Anda Kurang Minum Air

Fakta tentang tubuh orang dewasa yang memiliki 55 hingga 60 persen air, mungkin pernah Anda ketahui. Beberapa orang mungkin juga tidak mengetahui fakta tersebut. Namun yang terjadi, banyak orang yang sulit mengenali tanda ketika tubuh kekurangan cairan yang perlu untuk tubuh. Cara mencukupkan kebutuhan air yang diperlukan tubuh dapat melalui minum air agar fisik Anda terhindar dari dehidrasi dan masalah kesehatan lain.
ilustrasi minum air cukup untuk mengatasi dehidrasi (dream.co.id)

Mengutip laman thelist.com yang menuliskan, tanda tubuh Anda kurang minum air dapat dikenali dengan memperhatikan respon sebagai berikut:

Kenali Tanda Anda Kurang Minum Air


1. Kulit menjadi kering
Saat Anda merasakan kulit menjadi kering, banyak kebiasaan salah yang dilakukan seperti menggunakan pelembab. Kebiasaan ini perlu dihindari ketika gejala kulit menjadi kering. Lakukan kebiasaan yang lebih baik seperti minum air yang cukup untuk menetralisir keperluan air dalam tubuh. Kekurangan air yang sering terjadi pada tubuh dapat membuat kulit menjadi kusam dan kering.

2. Mulut kering dan selalu haus
Tanda Anda kekurangan cairan air untuk tubuh yang dibiarkan tanpa melakukan pencegahan, beresiko untuk mulut menjadi kering dan rasa haus yang tidak normal. Sering tanda kekurangan minum air  yang muncul  adalah menelan air ludah sendiri. Hal ini dapat membuat rongga mulut dan pernapasan menjadi bau.

3. Mulai Merasa Sakit Kepala
Tingkat gangguan dehidrasi akibat kurang minum air ternyata dapat menyebabkan sakit bagian kepala. Menurut penelitian menyebutkan, kurangnya cairan air dalam tubuh akan memicu kepala menjadi sakit.

4. Cepat Lelah
Gangguan kesehatan pada tubuh akibat kurang minum air akan membuat tubuh Anda menjadi cepat lelah. Hal ini merupakan respon tubuh yang membutuhkan istirahat dan air akibat dehidrasi. Kelelahan akibat kekurangan minum air, semakin menguras tenaga saat Anda menghadapi stress pekerjaan.

5. Gangguan Berat Badan
Seseorang yang mempunyai kebiasaan dalam gaya hidup sehat seperti minum air cukup, ternyata mampu menjaga berat badan. Munculnya dehidrasi tubuh, akan membuat otak mengirimkan sinyal akan rasa lapar.

6. Resiko Penyakit Sembelit Kronis
Perlu Anda ketahui ketika tubuh kurang minum air dapat meningkatkan resiko penyakit sembelit kronis.

7. Infeksi Saluran Kemih
Semakin lama Anda mengalami gangguan dehidrasi, akan semakin meningkatkan resiko penyakit infeksi saluran kemih. Asupan air yang dibutuhkan tubuh akan membantu menyalurkan bakteri yang ada dalam tubuh lewat pembuangan kandung kemih.

8. Cepat Marah
Akibat dehidrasi ketika cairan air untuk tubuh tidak cukup, akan meningkatkan perubahan hormon dalam tubuh Anda. Hormon neurologis adalah bagian yang kemampuan Anda supaya memiliki tingkat fokus dan iritabilitas.

9. Penyakit Kram Otot
Mungkin akan menjadi serius jika Anda mengalami kram otot, seperti tangan dan kaki. Ada kebiasaan orang melakukan pengobatan sederhana melalui pijat dan gerakan olahraga kecil. Namun, jika munculnya penyakit kram otot akibat Anda kurang minum air yang cukup, pengobatan yang dilakukan tadi akan menjadi sia-sia.

Kebiasaan yang baik adalah merubah gaya hidup menjadi sehat seperti mulai mencukupkan air untuk tubuh. Meski cara minum air yang cukup untuk tubuh terlihat sederhana, namun manfaatnya sangat besar dalam mencegah penyakit yang datang.


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar