Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 21 Juni 2018

Kenali Makanan Berbahaya Untuk Penyakit Asam Urat


Asam urat adalah penyakit arthritis yang terdapat pada bagian sendi. Senyawa turunan purina dengan gejala sakit dan rasa nyeri bagian sendi merupakan penyakit yang banyak terdapat pada manusia akibat gaya hidup tidak sehat. Umumnya orang awam sering menyebut penyakit asam urat dengan encok lebih dominan menyerang tubuh bagian sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki.

Gejala dan Ciri-ciri Anda Menderita Asam Urat


Gejala dan ciri-ciri Anda menderita asam urat perlu diketahui untuk mencegah penumpukan pada sendi yang terserang. Dalam situasi normal pada orang sehat, kelebihan zat asam urat dikeluarkan melalui urine, setelah menyaringkan melalui ginjal yang dibawa aliran darah.

Akibat kebiasaan tidak sehat dalam gaya hidup seseorang, asam urat dapat muncul akibat fungsi ginjal yang terganggu, sehingga membuat ginjal tidak bekerja menyaring dan membuang penumpukan asam urat.


1. Keluhan Encok
Konsumsi makanan dengan kandungan tinggi purin seperti daging sapi, hati, kalkun dan beberapa ikan, meningkatkan penumpukan kadar asam urat dalam jumlah besar, selain itu, ada beberapa jenis sayuran tinggi purin memiliki resiko yang sama seperti jamur, asparagus dan kembang kol.

Akibatnya adalah keluhan encok akan terasa setelah asam urat tidak terbuang dengan benar. Hal ini akibat kristal kecil dalam jumlah banyak menumpuk pada bagian sakit. Penumpukan asam urat di persendian menyebabkan inflamasi (peradangan) dan pembengkakan yang merupakan tanda-tanda dan gejala klasik asam urat.

2. Batu Ginjal
ilustrasi batu ginjal (tribunnews.com)
Penyakit batu ginjal yang kemungkinan muncul pada penderita asam urat diakibatkan batu ginjal kecil mengalir dan berpindah ke kandung kemih atau saluran kencing. Gejala umum terdapat batu ginjal seperti munculnya rasa sakit ketika batu ginjal akan melewati saluran pembuangan.
Pantangan makanan penderita asam urat

Penyebab Penyakit Asam Urat


Penyebab penyakit asam urat pada seseorang dapat berbeda, faktor utama gangguan sakit asam urat seperti genetika dan keturunan, gaya hidup kurang sehat, konsumsi makanan yang tidak seimbang.

Berikut makanan dan minuman penyebab asam urat
• Makanan laut seperti udang, kepiting, remis, dan tiram, cumi-cumi.
• Minuman yang mengandung alkohol seperti tape, bir, tuak pahit, dan lainnya.
• Makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi, dan lainnya.
• Jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dan lainnya.
• Buah-buahan seperti durian, avokad, air kelapa muda, dan emping melinjo, dan lainnya.
• Kaldu daging.
• Bayam, Kembang kol
• Asparagus, Jamur

Makanan Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat Jumlah Sedikit
• Tahu dan tempe, ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi.
• Beberapa jenis sayuran tertentu seperti kangkung, bayam, brokoli, dan tauge, daun pepaya
• asparagus, kacang-kacangan, dan jamur.
• Beberapa pendapat bahwa lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat lewat urine.
• Makanan berlemak seperti santan, margarin, mentega, atau gorengan.

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Penderita Asam Urat
ilustrasi : makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat (sindonews.com)

Makanan tertentu perlu dihindari bagi penderita asam urat, namun ada makanan yang dianjurkan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan menghilangkan penumpukan asam urat berlebih, makanan yang perlu dikonsumsi seperti :
• Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yoghurt, dan pisang.
• Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.
• Buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai, dan tomat.
• Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
• Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup.
• Jangan minum aspirin.
• Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.

Pencegahan Dan Perawatan Penyakit Asam Urat


Pencegahan dengan perubahan pola makan perlu dilakukan untuk mengurangi penyakit asam urat terjadi semakin lama. Namun jika kondisi seseorang sudah positif dan memerlukan perawatan,  umumnya perawatan asam urat melibatkan obat-obatan yang dianjurkan dokter dan tenaga ahli dalam bidang kesehatan.

Perubahan gaya hidup sehat yang perlu diterapkan, seperti:

  1. Membatasi minuman beralkohol dan minuman yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa). Mengutamakan minum minuman air untuk membantu menyalurkan batu kristal terbuang lewat proses akhir.
  2. Membatasi asupan makanan tinggi purin.
  3. Olahraga secara teratur 
  4. Menurunkan berat badan jika berlebihan dari rata-rata normal.

Mengetahui penyakit asam urat yang muncul akibat faktor keturunan, genetika dan konsumsi tidak seimbang diperlukan perubahan dalam gaya hidup Anda. Ketika gejala dan tanda penyakit asam urat sangat menganggu aktivitas, tentu akan beresiko pada kesehatan. Batasi makanan yang diketahui memiliki zat yang membuat asam urat meningkat.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar