Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 29 Juni 2018

Kenali Lebih Lengkap Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Tanaman herbal jahe telah digunakan pada berbagai tempat untuk bumbu masak, pengobatan, dan perawatan pada kesehatan manusia. Dari ragam jahe, jenis tanaman obat yang cukup dikenal jahe merah merupakan salah satu yang banyak dicari.

Kebiasaan untuk makan menggunakan jahe dalam berbagai kesempatan memberikan manfaat kesehatan sebagai berikut :

Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Mengatasi mual dan muntah

Penggunaan berbahan dasar jahe dalam produk kesehatan dan perawatan akan memberikan manfaat untuk menenangkan dan mencegah mual atau muntah. Bahkan pasien kemoterapi yang biasanya sering mual akan diberikan terapi yang melibatkan jahe.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Ingin mendapatkan sistem tubuh yang sehat ? jahe adalah bahan bermanfaat dan memberi pengaruh penting menjaga ke kesehatan sistem pencernaan serta mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, atau asam lambung.

3. Menyehatkan otak

Konsumsi jahe yang diketahui sebagai tanaman herbal menurut penelitian akan menghambat proses peradangan di otak. Hal ini akan memberikan banyak kesempatan otak untuk menjalani fungsi lebih maksimal. Beberapa peningkatan dalam otak jika Anda konsumsi jahe fungsi kognitif dan menekan pengaruh stres sehingga penyebab penyakit akan menurun.

4. Menyembuhkan migrain

Pengujian klinis pada penyakit yang dipengaruhi gaya hidup, seperti migrain. Ternyata jahe berguna menyembuhkan migrain. Dibuktikan dari 100 pasien migrain yang diberikan obat mengandung bubuk jahe. Hasilnya, jahe membantu mengurangi rasa sakit akibat migrain tanpa efek samping.


5. Melindungi dari sinar UV

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat jahe memiliki kemampuan menyerap sinar UV yang dianggap sebagai penyebab kerusakan DNA. Sebabnya ekstrak dari jahe akan merangsang produksi antioksidan dalam tubuh sehingga akan memberikan perlindungan dari sinar UV.

6. Mengontrol kadar gula darah

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa manfaat jahe memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah. Sebabnya jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid.

Selain terkenal karena keefektifan sebagai kestabilan gula darah, manfaat jahe juga memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes untuk menghindarkan dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

7. Menjaga kesehatan tekanan darah

Penelitian di Thailand menemukan bahwa manfaat jahe berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Terutama bagi mereka yang sedang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

8. Berkhasiat untuk tulang sehat

Manfaat jahe mendukung kesehatan tulang. sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak jahe efektif untuk mengobati penyakit osteoarthritis.

9. Mengurangi nyeri otot

Selain berguna dalam menjaga kesehatan otot, penelitian di tahun 2013 yang berkaitan dengan jahe menemukan bahwa manfaat jahe mampu menghilangkan nyeri di otot pada atlet. Selama percobaan 6 minggu ini, mereka yang mengkonsumsi jahe mengalami penurunan nyeri otot yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi jahe.


10. Mendukung kesehatan kardiovaskular

Kandungan bahan aktif alami di dalam jahe yang bernama 6-gingerol diketahui berguna untuk mengatur tekanan darah dan mendukung kesehatan kardiovaskular. Sehingga bisa dikatakan bertambah satu lagi manfaat jahe yakni untuk menjaga kesehatan jantung hingga sebagai obat alami untuk penyakit jantung.

11. Mengurangi peradangan

Peradangan terjadi di dalam tubuh menimbulkan dampak yang menganggu aktivitas Anda. Untuk mengatasinya, jahe bisa membantu sebagai anti inflamasi, antiviral, dan antibakteri.

12. Mencegah kanker usus

Manfaat jahe adalah mencegah kanker usus. Penelitian yang dilakukan di Amerika, bahwa kebiasaan seseorang secara rutin konsumsi jahe memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker usus.

13. Menyembuhkan alergi

Jahe biasanya digunakan untuk mengusir rasa gatal di kulit. Hal ini menambah manfaat jahe lainnya yakni untuk menyembuhkan alergi, apalagi jika kamu rajin mengkonsumsi.

14. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat dibutuhkan untuk menghalau datangnya beragam penyakit. Salah satu cara alami untuk memperkuat imunitas adalah dengan rajin makan jahe.

15. Melegakan tenggorokan

Mengkonsumsi jahe akan memberikan efek hangat di tenggorokan. Dengan demikian manfaat jahe lainnya adalah untuk melegakan tenggorokan, terutama jika tenggorok gatal karena penyakit pernapasan.

16. Mencegah kebotakan

Tak banyak yang tahu bahwa manfaat jahe lainnya adalah mendukung proses pertumbuhan rambut. Sebab jahe akan merangsang folikel di kulit kepala, memelihara setiap helai rambut, dan menguatkan.

Manfaat jahe untuk menjaga berat badan

17. Membakar timbunan lemak

Manfaat jahe untuk tubuh lainnya adalah membakar lemak. Sebab jahe merupakan penguat metabolisme tubuh, pembakar kalori, dan membantu dalam meningkatkan rasa kenyang.

Dalam penelitian yang dilakukan di Institute for Human Nutrition di Columbia University, orang yang rajin mengonsumsi minuman panas dengan kandungan jahe larut di dalamnya lebih mudah mengalami rasa kenyang dibandingkan dengan mereka yang jarang minum air jahe.

18. Mencegah selulit


Manfaat jahe untuk kesehatan kulit lain adalah berguna dalam mencegah selulit. Sebabnya jahe akan meningkatkan sirkulasi dan regenerasi sel kulit yang pada gilirannya membantu dalam melawan selulit. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang ini, kamu bisa membuat scrub kulit yang terdiri dari parutan jahe, gula organik, minyak zaitun, dan perasan air jeruk nipis. Gosokkan di kulit dengan gerakan memutar. Setelah kering, bilas dengan air dingin.

Manfaat jahe untuk kecantikan wajah

Manfaat jahe untuk kecantikan kulit adalah berguna dalam mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini. Sebabnya jahe sudah sejak lama dikenal dalam pengobatan Ayurveda dan Cina sebagai agen anti penuaan dini.

"Kandungan zat antioksidan di dalam jahe akan meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan terjadinya kerusakan kulit, dan mencegah peradangan," ungkap penelitian yang dilansir dari Reader's Digest. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang maksimal bagi kulit, kamu bisa menggosok kulit dengan irisan jahe setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Manfaat jahe ini juga berguna dalam menghilangkan bekas luka hipopigmentasi.

20. Mencegah timbulnya jerawat

Tersiksa karena jerawat? Manfaat jahe lain adalah untuk mencegah timbulnya jerawat. Sebab jahe mengandung zat antiseptik dan anti oksidan yang akan melawan bakteri dan mencegah efek buruk radikal bebas penyebab timbulnya jerawat.

"Selain itu, kandungan alami dalam jahe juga akan mempromosikan pertumbuhan sel kulit baru, meningkatkan sirkulasi darah, dan menyembuhkan luka," tulis penelitian dari Reader's Digest.

Manfaat jahe merah untuk pria

Selain mengandung potasium, magnesium, dan vitamin B6, jahe juga mengandung mangan. Di dalam tubuh, mineral ini berguna untuk mendukung kesehatan saraf. Saat kesehatan saraf meningkat dan jadi rileks, maka akan terjadi pelepasan hormon berupa testosteron. Selain itu, manfaat jahe untuk mendukung kesehatan pria adalah meningkatkan produksi.

Kemudian, penelitian yang dilakukan di Maryland Medical Center juga menambahkan bahwa kandungan mangan dalam jahe menambah manfaat jahe yakni sebagai pencegah disfungsi ereksi dan ketidaksuburan. Kamu bisa mendapatkan manfaat jahe ini dengan cara mengkonsumsi jahe merah.

Kenali penggunaan tanaman herbal jahe yang sering tidak diketahui banyak orang. Berbagai macam penyakit dan juga kemampuannya menjaga kesehatan, jahe sering efektif mengobati dan melakukan pencegahan, selain itu diketahui tidak memiliki efek samping.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar