Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 03 Juni 2018

Kenali Kebiasaan Yang Merusak Motor Matik

Tren pertumbuhan motor matik memang semakin banyak dijumpai. Alasan utama selain penggunaan simpel dengan motor manual yang membuat orang nyaman menggunakan motor matik. Beberapa mode kendaraan inipun ditawarkan dengan harga yang hampir sama dengan manual. Namun, dibalik kemudahan menggunakan motor matik, banyak biker sering melakukan kebiasaan yang berakibat motor matik cepat rusak.
Kenali Kebiasaan Yang Merusak Motor Matik

Beberapa kebiasaan biker yang merusak motor matik seperti :


1. Menahan Gas Sambil Tarik Tuas Rem

Motor matik dilengkapi sensor untuk mempertahankan asupan gas supaya tidak mati. Kadangkala ada biker yang tidak menyadari dan kondisi macet menahan gas agar mesin tidak mati sambil menarik tuas rem. Kebiasaan buruk ini mempercepat penggantian kampas kopling cepat aus.


2. Memacu Gas dan Rem Secara Mendadak
Desain yang simpel dari motor matik memang lebih praktis. Hal yang dapat merusak motor matik ketika biker menggunakan gas secara tiba-tiba dan mengerem motor matik. Terlalu sering memacu gas secara tiba tiba mempengaruhi usia motor matik.

3. Lupa Ganti Oli Gardan
Mesin untuk oli motor matik saat ini banyak menggunakan pelumas pada gardan. Jika oli gardan jarang dilakukan penggantian dengan yang baru beresiko kerusakan pada komponen transmisi motor. Disarankan untuk melakukan penggantian oli gardan setiap 8.000 km sekali.

4. Isi Bahan Bakar Beroktan Rendah
Ingin irit menjadi alasan biker mengisi bahan bakar yang murah sering dilakukan. Teknologi motor matik dengan desain secara automatis memerlukan bahan bakar oktan tinggi. Untuk bahan bajar motor matik disarankan minimal oktan 90 atau lebih. Kebiasaan buruk yang dapat merusak motor matik ini berpengaruh pada tenaga dorong dan kinerja komponen dalam motor yang tidak maksimal.

5. Mencuci Motor saat Mesin Panas
Mencuci motor dalam kondisi mesin panas sering dilakukan biker. Ketika mesin digunakan dalam pemakaian lama, bagian motor sangat panas. Komponen-komponen motor matik yang terbuat dari logam jika disiram air akan mengakibatkan perubahan bentuk dan beresiko pada keretakan blok mesin.


Motor matik memang banyak digunakan karena praktis. Namun akibat kesalahan pemakaian, motor matik lebih cepat mengalami kerusakan jika dibandingkan motor manual.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar