Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 28 Juni 2018

Kenali Fakta Cara Melawan Kantuk, Dari Mitos Hingga Fakta

Menjelang pembukaan Piala Dunia 2018 sampai akhir babak final nanti, akan banyak orang di permukaan bumi mengalami kantuk. Bahkan akibat yang lebih dalam lagi adalah kantuk mempengaruhi aktivitas sehari-hari dari kita. Tidak heran kita mencari banyak informasi yang berhubungan dengan mencegah kantuk jika pagi sampai sore Anda harus bekerja. Hal akan berbeda, jika Anda punya kebebasan pada pagi dan sore harinya, Anda hanya perlu mencukupkan kebutuhan jam tidur yang kurang.

Banyak informasi seputar mencegah kantuk yang begitu banyak kesalahan tentang tip cara mencegahnya . Apa itu hanya mitos? Inilah faktanya yang perlu diketahui :

Kenali Fakta Cara Melawan Kantuk, Dari Mitos Hingga Fakta

Mitos dan Fakta Kopi dengan Tidur

Mitos: Tidur sebentar akan membuat mengantuk lagi dan membuat kesulitn baru ketika akan tidur di malam hari.
Fakta: Tidur sebentar dapat menghilangkan kantuk di siang hari dan membuat Anda kembali mendapatkan energi yang terkumpul dari tidur.

Umumnya orang sering khawatir jika mereka mulai mengantuk dan tidur siang, mereka akan tidur selama berjam-jam dan bangun dengan ketika waktu kerja selesai. Tidur siang dapat menyegarkan tubuh Anda, namun pastikan untuk tetap singkat dengan menggunakan alarm. Mengutip Lisa Shives, direktur medis di North Shore Sleep Medicine di Evanston, Illinois menjelaskan, "Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dengan pola pendek minimal sekitar 10 menit membuat Anda lebih waspada dan meningkatkan kinerja pada tes kognitif, "ketika menjadi pembicara untuk American Academy of Sleep Medicine.

Pemilihan waktu juga penting ketika Anda akan tidur siang, kata, M. Jawad Miran, spesialis di program Sleep for Life di Somerset Medical Center di Hillsborough, NJ. "Tidur siang yang terlalu lama atau terlalu lambat dapat membuang jam produktif. Jika tidur siang, lakukan tidak lebih dari 20 menit, jadi Anda akan tetap berada dalam fase tidur yang lebih ringan dan dapat bangun tanpa merasa pusing dan tidak sehat. "


Mitos: Minum kopi adalah ide yang kurang baik karena akan menyulitkan untuk tidur di malam hari.
Fakta: Secangkir kopi dapat membantu Anda saat berjuang mengusir kantuk, namun penting untuk diketahui, jangan berlebihan konsumsi kafein. Konsumsi kopi yang sesuai aturan justru dapat meningkatkan kesehatan. Dalam kehidupan sehari-hari, orang yang cukup tidur sering mengantuk setelah makan siang.

Tubuh seseorang bereaksi berbeda-beda antara satu dengan yang lain terhadap kafein, jika memiliki keinginan memulai minum kopi, minumlah setengah cangkir setelah makan siang dan melihat kemungkinan ganggu tidur saat malam. Jangan minum kopi di sore atau malam hari dan banyak ahli kesehatan menyarankan untuk tidak minum kafein setelah jam 2 siang, jika Anda memiliki masalah gangguan tidur saat malam hari.

Mitos dan Fakta Permen Soda dengan Tidur

Mitos: permen atau minuman soda akan memberi saya kesegaran.
Fakta: Gula akan memberi daya dobrak sementara ketika mengantuk datang, tetapi ketika permen habis, Anda cenderung lebih lelah daripada sebelumnya.

Banyak orang sering mencari minuman soda atau permen ketika mereka merasakan kantuk. Namun, ketika kita lelah, tubuh sering membutuhkan  bahan bakar baru sebagai energi untuk membuat kita terus waspada. Penelitian menunjukkan jika orang yang kurang tidur ditawari berbagai makanan, mereka secara tidak acak tetap memilih makanan manis dan lemak. Untuk meminimalkan rasa kantuk di sore hari, ada cara yang cukup efektip untuk mencegahnya dengan makan ringan.

Mitos: Olahraga ringan hanya akan membuat saya lebih lelah.
Fakta: Olahraga ringan dapat membantu mengatasi kantuk dan membuat kondisi tubuh tetap waspada dan segar.

Olahraga adalah cara yang sangat baik untuk mengusir kantuk, tidak perlu menghabiskan berjam-jam. Kegiatan berjalan cepat 10 menit, atau beberapa peregangan urat dan otot akan memberi rasa kesegaran dan mengusir ngantuk.

Mitos: Ngantuk itu normal - saya sudah biasa mengantuk saat pagi hingga sore.
Fakta: Jika Anda mengantuk terus-menerus, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Gejala mengantuk dapat menandakan kondisi tubuh memerlukan perawatan.

Mengantuk mungkin sebuah fakta kehidupan yang sering dialami semua manusia, tetapi bukan berarti harus mengabaikannya. Jika Anda sering merasa mengantuk di siang hari,  berkonsultasi dengan dokter untuk mencari sebab dan masalahnya.

Sress, depresi dan gangguan suasana hati lainnya juga dapat menjadi sumber utama seseorang mudah mengantuk dan kelelahan. Munculnya rasa mengantuk pada siang hari dapat menunjukkan gangguan tidur, seperti insomnia , sleep apnea , atau sindrom gelisah. Penelitian terbaru menemukan bahwa ngantuk di siang hari dengan gejala berlebihan sering dialami pada orang yang berumur tua.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar