Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 01 Juni 2018

Kebiasaan yang salah sering merusak rambut tanpa disadari

Semua wanita mungkin akan setuju jika rambut sehat bagian penting perlu untuk dijaga. Untuk mendapatkan rambut indah dan sehat, tidak jarang beberapa wanita bersedia melakukan perawatan khusus untuk memperoleh rambut yang indah. Namun sering kebiasaan yang dilakukan wanita, justru berdampak buruk untuk kekuatan dan kesehatan rambut. Kebiasaan yang terlalu sering mencuci, mengeringkan dengan hair dry menjadi satu contoh, mengapa kebiasaan yang salah dapat menyebabkan kerusakan tanpa disadari.


Mengutip Woman’s Health menjelaskan, beberapa kegiatan wanita saat memperlakukan rambut, justru membuat kekuatan dan kesehatannya menjadi terganggu. Beberapa diantaranya:


1. Tidak menyisir rambut sebelum mencuci
Kerusakan rambut sangat rentan terjadi saat kondisi lemah. Kebiasaan wanita lupa menyisir rambut sebelum dibersihkan, dapat menyebabkan rambut menjadi kusut dan mudah patah. Untuk membuat rambut kuat pun, jika saat keramas rambut, guna kondisioner supaya rambut mudah diatur. Urai rambut menggunakan jari tangan setelah kondisioner digunakan ketika keramas.

2. Hanya menyisir bagian ujung rambut.
Kebiasaan yang sering dilakukan wanita saat menyisir, hanya menyisir bagian ujung. Jika hendak menyisir rambut, disarankan menggunakan sisir yang lembut dan jarak antara masing-masing gigi sisi tidak terlalu rapat. Membiasakan sisir rambut pada bagian kepala sangat baik untuk memijat saraf kepala untuk memicu pertumbuhan. Gunakan sisir lembut dan tidak rapat saat menyisir rambut.

3. Terlalu sering mencuci rambut.
Tetap menjaga rambut tetap bersih sangat disarankan untuk menjaga kebersihan kepala. Ketika rambut sering di keramas, akan membuat rambut mudah mati dan terlihat kusam.  Kondisi ini disebabkan hilangnya minyak yang di produksi kepala. Untuk menjaga kebersihan rambut, disarankan mencuci rambut dua hari sekali agar memperoleh hasil yang maksimal.

4. Salah menggunakan kondisioner
Menggunakan kondisiner terlalu sering akan membuat rambut cepat rusak. Penggunaan kondisioner sebaiknya dilakukan 1 minggu sekali untuk mencegah rambut bercabang.

5. Menggosok kasar rambut dengan handuk
Cara memperlakukan rambut yang cenderung kasar dapat menyebabkan rambut mudah patah dan rontok. Gosokan yang terlalu kuat selain menghilangkan kutikula, juga membuat rambut menjadi kusam dan kasar.


6. Tidak menggunakan pelindung dari panas
Rambut sangat sensitif dengan paparan panas. Kebiasaan menggunakan hair dry yang terlalu sering ataupun terlalu lama berjemur dibawah sinar matahari akan membuat rambut rusak dan merusakan elemen rambut.  Penggunaan hair dry dapat dikurangi dengan mengeringkan secara alami.

7. Menggunakan alat penata rambut pada saat rambut basah.
Ketika alat penata rambut suhu tinggi digunakan pada rambut, akan menghilangkan folikel rambut dan membuat rambut lemah dan rusak. Keringkan terlebih dahulu seluruh rambut sebelum menggunakan alat penghasil panas.

8. Menggunakan hairspray sebelum penataan
Kerusakan rambut sering terjadi ketika menggunakan hair dry saat melakukan tata rambut. Sebaiknya hairspray digunakan setelah penataan rambut selesai.

9. Penataan rambut yang malah merusak
Memiliki rambut mengembang, banyak wanita dengan kebiasaan agak membungkukan badan supaya rambut mudah di atur. Namun kebiasaan menata rambut seperti ini akan merusak kutikula rambut.


10. Jangan membiarkan rambut bercabang terlalu lama

Rambut yang bercabang terlalu lama dapat meningkatkan kerusakan lebih jauh hingga ke akar rambut. Cara yang terbaik ketika melihat rambut bercabang, memotong bagian yang bercabang supaya rambut tidak makin rusak.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar