Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 26 Juni 2018

Kanker Paru-paru Yang Perlu Anda Ketahui Secara Lengkap

Kenali Fakta Kanker Paru-paru Yang Perlu Anda Ketahui Secara Lengkap

Penyebaran kanker paru-paru banyak diderita pada jenis non-sel kecil (NSCLC) sebagai penyakit terbanyak hingga 85 % dari semua kasus yang dikeluhkan penderita kanker. Berawal pada sel yang membentuk lapisan rongga di tubuh, tipe ini biasanya muncul di bagian luar paru-paru (adenocarcinomas) dengan membuat lapisan saluran pernapasan (karsinoma sel skuamosa).

Subset adenokarsinoma yang jarang terjadi dimulai di kantung udara kecil di paru-paru (alveoli). Ini disebut adenocarcinoma in situ (AIS). Tipe ini tidak agresif dan tidak menyerang jaringan di sekitarnya atau membutuhkan perawatan yang bersifat penting. Umumnya NSCLC berkembang lebih cepat termasuk karsinoma sel besar dan tumor neuroendokrin sel besar.

Kanker paru-paru sel kecil (SCLC) sendiri diperkirakan antara 20 % persen dari keseluruhan penyakit kanker paru-paru. SCLC tumbuh dan menyebar lebih cepat daripada NSCLC dan selalu melakukan kemoterapi.

Mesothelioma adalah jenis kanker paru-paru lainnya. Biasanya berhubungan dengan racun yang ditimbulkan asbes. Pertumbuhan tumor di paru-paru sering tumbuh sangat pesat sehingga akan membuat penderita tidak menyadari gejalanya. Dalam keluhan yang sering disampaikan, umumnya gejala awal menyerupai demam atau kondisi penyakit umum lainnya, sehingga kebanyakan orang tidak berusaha mencari bantuan medis segera. Itulah salah satu alasan mengapa kanker paru biasanya sulit ditemukan pada diagnosis tahap awal.

Tahapan kanker paru-paru

Setiap tahapan kanker menggambarkan seberapa jauh kanker telah menyebar dan juga berfungsi untuk kecepatan pengobatan. Meski kesempatan pengobatan terbesar sembuh ketika kanker paru mulai di diagnosis, sehingga dapat dengan cepat diobati pada tahap awal sebelum menyebar. Karena kanker paru-paru tidak menyebabkan gejala yang jelas pada tahap awal, diagnosis sering dilakukan setelah menyebar.

Kanker paru-paru sel non-kecil memiliki empat tahap

  1. Stadium 1: Kanker ditemukan di paru-paru, tetapi belum menyebar di luar paru-paru.
  2. Stadium 2: Kanker ditemukan di paru-paru dan kelenjar getah bening di dekatnya.
  3. Stadium 3: Kanker ada di paru-paru dan kelenjar getah bening di tengah dada.
  4. Stadium 3A: Kanker ditemukan di kelenjar getah bening, tetapi hanya di sisi dada yang sama di mana kanker pertama kali mulai tumbuh.
  5. Stadium 3B: Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di sisi yang berlawanan dari dada atau ke kelenjar getah bening di atas tulang selangka.
  6. Tahap 4: Kanker telah menyebar ke kedua paru-paru, ke daerah sekitar paru-paru, atau ke organ yang jauh.

Tahap ekstensif ketika kanker paru-paru telah menyebar

  1. Pada satu paru-paru
  2. Bagian kelenjar getah bening
  3. Masuk ke tulang sumsum

Gejala awal kanker paru-paru sel non-kecil dan kanker paru-paru sel kecil
  • batuk yang tidak pernah sembuh dan cenderung makin memburuk
  • batuk dahak atau darah
  • nyeri bagian dada ketika bernapas dengan tarikan yang dalam, 
  • muncul nyeri bagian dada ketika tertawa dan batuk
  • suara serak
  • sesak napas
  • sering cepat lelah dan mudah lelah
  • kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan


Ketika kanker menyebar, gejala lain bergantung pada tumor baru terbentuk. seperti :
  1. kelenjar getah bening: benjolan, terutama di leher atau tulang selangka
  2. tulang: nyeri tulang, terutama di punggung, tulang rusuk, atau pinggul
  3. otak atau tulang belakang: sakit kepala, pusing, masalah keseimbangan, atau mati rasa di lengan atau kaki
  4. hati: menguningnya kulit dan mata (penyakit kuning)
  5. Tumor di bagian atas paru-paru dapat mempengaruhi saraf wajah, yang menyebabkan terkulai satu kelopak mata, pupil kecil, atau kurangnya keringat di satu sisi wajah.
  6. menyebabkan nyeri bahu.

Tumor dapat menekan vena besar yang mengangkut darah pada bagian kepala, lengan, dan jantung. Ini bisa menyebabkan pembengkakan pada wajah, leher, dada bagian atas, dan lengan.

Kanker paru-paru terkadang menciptakan zat yang mirip dengan hormon, menyebabkan berbagai macam gejala yang disebut sindrom paraneoplastic, yang meliputi:
  1. kelemahan otot
  2. mual
  3. muntah
  4. retensi cairan
  5. tekanan darah tinggi
  6. gula darah tinggi
  7. kebingungan
  8. kejang
  9. koma

Hubungan Kanker paru-paru dan nyeri punggung

Keluhan sakit dan nyeri punggung merupakan ciri-ciri yang sering dirasakan seperti penyakit lainnya. Tidak semua orang dengan kanker paru-paru mengalami sakit punggung, tetapi banyak yang mengalaminya. Bagi sebagian orang, sakit punggung dapat menjadi salah satu gejala pertama kanker paru.

Nyeri punggung bisa disebabkan oleh tekanan tumor besar yang tumbuh di paru-paru. Ini juga berarti kanker telah menyebar ke tulang belakang atau tulang rusuk Anda. Dengan pertumbuhan yang sangat cepat, tumor kanker dapat menyebabkan kompresi sumsum tulang belakang. Tanpa perawatan, nyeri punggung yang disebabkan oleh kanker akan terus memburuk. Nyeri punggung dapat meningkat jika perawatan seperti operasi, radiasi, atau kemoterapi berhasil mengangkat atau mengecilkan tumor.

Hubungan kanker dan kerusakan Neurologis

  • kelemahan lengan dan kaki
  • mati rasa atau kehilangan kepekaan di kaki
  • gangguan urin dan usus
  • gangguan pada suplai darah tulang belakang

Mereka yang memiliki resiko kanker paru-paru

Secara umum kanker paru-paru dapat berada pada siapapun tanda batasan. Namun 90 % kasus kanker paru-paru adalah  merokok. Saat Anda menghirup asap ke paru-paru, tindakan ini merusak jaringan paru-paru. Paru-paru dapat memperbaiki kerusakan, tetapi paparan terus menerus terhadap asap membuatnya semakin sulit bagi paru-paru untuk melakukan perbaikan. Setelah sel-sel rusak, berperilaku menjadi tidak normal. Kanker paru-paru sel kecil hampir berhubungan dengan gaya hidup tidak sehat dengan rokok. Ketika Anda berhenti merokok, tanpa disadari mampu menurunkan risiko kanker paru-paru.


Zat berbahaya yang dapat menyebabkan kanker paru

  1. arsenik
  2. kadmium
  3. kromium
  4. nikel
  5. beberapa produk minyak bumi
  6. uranium

Faktor risiko untuk kanker paru-paru
Faktor risiko terbesar untuk kanker paru-paru adalah merokok. Termasuk semua jenis rokok, cerutu, dan pipa. Seperti yang kita ketahui, bahwa produk tembakau membawa ribuan zat beracun. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit , mengatakan perokok rokok adalah 15 hingga 30 kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru daripada bukan perokok. Semakin lama Anda merokok, semakin besar risikonya. Berhenti merokok dapat menurunkan risiko itu.

Menghirup asap rokok pasif juga merupakan faktor risiko utama. Setiap tahun di Amerika Serikat, sekitar 7.300 orang yang tidak pernah merokok meninggal karena kanker paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok orang lain.

Paparan radon, gas yang terjadi secara alami, meningkatkan risiko kanker paru-paru. Radon naik dari tanah, memasuki bangunan melalui retakan kecil. Ini penyebab utama kanker paru-paru pada orang yang tidak merokok. Tes rumah sederhana dapat memberi tahu Anda apakah tingkat radon di rumah Anda berbahaya.

Risiko Anda terkena kanker paru-paru lebih tinggi jika Anda terkena zat beracun seperti asbes atau pembuangan diesel di tempat kerja.

Beberapa Faktor Lain Yang Menyebabkan Kanker Paru-paru


  1. Jika dalam keluarga terdapat riwayat penderita kanker paru-paru
  2. Jika terdapat anggota keluarga perokok aktif


Kanker paru-paru dan merokok
Riwayat seseorang yang menjadi perokok aktif bukan faktor utama penyebab kanker paru-paru, hal ini karena beberapa keluhan yang sering diceritakan pada penderita mendapatkan tidak semua orang yang menderita kanker paru-paru adalah perokok. Namun dari banyak penelitian yang dilakukan, merokok adalah faktor pencetus risiko dan penyebab salah satu yang terbesar yang terjadi dalam 9 dari 10 kanker paru-paru.

Menurut sumber yang mengatakan tentang seseorang yang mengalami kanker paru-paru, seseorang tidak harus menjadi perokok ketika terkena penyakit yang diturunkannya. Pada umumnya, asap orang lain meningkatkan risiko kanker paru-paru terlebih lagi asap tersebut tidak melalui filter. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC) , perokok pasif bertanggung jawab atas sekitar 7.300 kematian kanker paru setiap tahun di Amerika Serikat. Dalam komposisi yang terdapat dalam tembakau, diketahui mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia dan setidaknya 70 diketahui menyebabkan kanker.

Ketika Anda menghirup asap tembakau, campuran bahan kimia ini dikirim langsung ke paru-paru Anda, di mana ia segera mulai menyebabkan kerusakan. Paru-paru biasanya dapat memperbaiki kerusakan pada awalnya, tetapi serangan terus menerus pada jaringan paru-paru menjadi lebih sulit untuk dikelola. Saat itulah sel yang rusak dapat bermutasi dan tumbuh di luar kendali.

Bahan kimia yang Anda hirup juga masuk ke aliran darah Anda dan dibawa ke seluruh tubuh Anda, meningkatkan risiko jenis kanker lainnya.

Mantan perokok masih berisiko terkena kanker paru-paru, tetapi berhenti merokok dapat menurunkan risiko tersebut secara signifikan. Dalam 10 tahun berhenti, risiko kematian akibat kanker paru-paru turun hingga setengahnya.

Diagnosa kanker paru-paru

Setelah pemeriksaan fisik, dokter akan memberi tahu Anda cara mempersiapkan tes khusus, seperti:



  1. Tes pencitraan : Sebuah massa abnormal dapat dilihat pada X-ray. MRI, CT, dan PET scan. Dimana dalam hasil pemindaian akan menghasilkan lebih banyak detail dan menemukan kemungkinan yang lainnya.
  2. Sitologi dahak : Keluarnya dahak ketika batuk diperlukan untuk pemeriksaan menggunakan mikroskopis. Tujuan dari pemeriksaan dahak untuk menemukan penyebaran sel kanker ada tau tidak didalamnya.
  3. Pemeriksaan biopsi dapat menentukan apakah sel tumor bersifat kanker. Sampel jaringan dapat diperoleh dengan melanjutkan beberapa kajian lebih dalam oleh tenaga ahli.

Perawatan untuk kanker paru-paru
Dalam menentukan diagnosis yang tepat, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk menghindari kesalahan human error. Beberapa orang sering melakukan cara mencari opini kedua sebelum memulai pengobatan. Cari dokter yang dipercaya dengan keahlian dapat membantu menentukan jenis penyakit. Jika Anda di diagnosis menderita kanker paru-paru, perawatan Anda kemungkinan akan dikelola oleh tim dokter.

Dokter Yang Ikut Dalam Perawatan dan Penyembuhan Kanker Paru-paru

  1. Membutuhkan ahli bedah yang spesialisasi di dada dan paru-paru (ahli bedah toraks)
  2. Membutuhkan spesialis paru (pulmonologist)
  3. Membutuhkan ahli onkologi medis
  4. Membutuhkan onkologi radiasi


Perawatan untuk kanker paru-paru sel non-kecil (NSCLC) bervariasi dari orang ke orang. Banyak tergantung pada rincian spesifik kesehatan Anda.

Tahap 1 NSCLC : Pembedahan untuk mengangkat sebagian paru mungkin hanya yang Anda butuhkan. Kemoterapi juga dapat direkomendasikan, terutama jika Anda berisiko tinggi kekambuhan.

Tahap 2 NSCLC : Anda mungkin perlu operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh paru-paru Anda. Kemoterapi biasanya dianjurkan.

Tahap 3 NSCLC: Anda mungkin memerlukan kombinasi kemoterapi, operasi, dan perawatan radiasi.

Tahap 4 NSCLC sangat sulit disembuhkan. Pilihan termasuk operasi, radiasi, kemoterapi, terapi yang ditargetkan, dan imunoterapi.

Pengobatan Tradisional dan Hubungan Gejala Kanker Paru-paru
Bagi beberapa orang, dalam pengobatan untuk mempercepat proses penyembuhan menggunakan cara tradisional. Beberapa dari cara ini dipercaya kurang mampu menyembuhkan kanker. Jika Anda ingin melakukan pengobatan tradisional, secara umum hanya membantu meringankan beberapa gejala yang terkait dengan kanker paru dan efek samping pengobatan.


Tanyakan kepada dokter Anda jika Anda harus mengkonsumsi makanan. Beberapa tumbuhan, ekstrak tumbuhan, dan pengobatan rumah lainnya dapat mengganggu perawatan dan membahayakan kesehatan Anda. Pastikan untuk mendiskusikan semua yang dilakukan dengan dokter Anda untuk memastikan dokter dapat maksimal memberikan pengobatan lebih aman untuk Anda menghindari komplikasi.

Pengobatan Tradisional Yang Sering Menjadi Alternatif


  1. Pijat : Dengan terapis yang berkualifikasi, pijat dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan kecemasan. Beberapa terapis pijat dilatih untuk bekerja dengan penderita kanker.
  2. Akupunktur : Ketika dilakukan oleh praktisi terlatih, akupunktur dapat membantu mengurangi rasa sakit, mual, dan muntah. Tapi itu tidak aman jika Anda memiliki jumlah darah rendah atau mengambil pengencer darah.
  3. Meditasi : Relaksasi dan refleksi dapat mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan pada pasien kanker.
  4. Hipnosis : Membantu Anda rileks dan dapat membantu mengatasi mual, nyeri, dan kecemasan.
  5. Yoga : Menggabungkan teknik pernapasan, meditasi, dan peregangan, yoga dapat membantu Anda merasa lebih baik secara keseluruhan dan memperbaiki tidur.

Makanan dan pengaruh dengan Penderita Kanker Paru-paru

Tidak ada makanan khusus yang disarankan untuk penderita kanker paru-paru secara khusus. Umumnya penderita memerlukan makanan yang memiliki kandungan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika Anda kekurangan vitamin atau mineral tertentu, dokter Anda dapat memberi tahu Anda makanan mana yang bisa menyediakannya. Jika tidak, Anda akan membutuhkan suplemen makanan. Tetapi jangan minum suplemen tanpa berbicara dengan dokter Anda karena beberapa dapat mengganggu perawatan.

Hal Penting Yang Perlu Anda Tahu


  • Selalu makan jika Anda timbul keinginan untuk makan.
  • Saat kondisi tidak memiliki keinginan makan, Anda harus makan makanan kecil sepanjang hari.
  • Jika Anda perlu menambah berat badan, penggunaan makanan dengan gula rendah, makanan dan minuman berkalori tinggi.
  • Gunakan teh mint dan jahe untuk menenangkan sistem pencernaan Anda.
  • Jika perut Anda mudah marah atau Anda memiliki sariawan, hindari rempah-rempah dan tempelkan makanan hambar.
  • Jika sembelit adalah masalah, tambahkan lebih banyak makanan berserat tinggi.
  • Saat Anda menjalani perawatan, toleransi Anda terhadap makanan tertentu dapat berubah. Begitu juga efek samping dan kebutuhan nutrisi Anda. Penting untuk mendiskusikan nutrisi dengan dokter Anda. Anda juga dapat meminta rujukan ke ahli gizi atau ahli gizi.


Faktor Penting Yang Menentukan Pengobatan Kanker Paru-paru

Penyakit kanker yang terdeteksi telah memasuki kelenjar getah bening dan aliran darah, itu bisa menyebar ke mana saja di dalam tubuh. Saran yang terbaik adalah segera melakukan pengobatan lebih cepat untuk membatasi penyebaran kanker di luar paru-paru.

Faktor-faktor lain termasuk usia, kesehatan secara keseluruhan, dan seberapa baik Anda menanggapi perawatan. Karena gejala awal dapat dengan mudah diabaikan, kanker paru biasanya didiagnosis pada tahap selanjutnya.

Tingkat ketahanan hidup dan statistik lainnya memberikan gambaran luas tentang apa yang diharapkan. Namun, ada perbedaan individual yang signifikan. Dokter Anda dalam posisi terbaik untuk mendiskusikan pandangan Anda.

Fakta dan Statistik Kanker Paru-paru

Penyakit yang cukup banyak dialami dalam beberapa penyakit lain, kanker paru-paru adalah kanker paling dominan di seluruh dunia. Mengutip data American Lung Association , sekitar 1,8 juta kasus baru pada 2012, serta 1,6 juta kematian akibat kanker paru-paru.

Jenis yang paling umum adalah kanker paru-paru sel non-kecil (NSCLC), terhitung 80 hingga 85 persen dari semua kasus, menurut Aliansi Kanker Paru . Kanker paru-paru sel kecil (SCLC) mewakili sekitar 15 hingga 20 persen kanker paru-paru. Pada saat diagnosis, dua dari tiga orang dengan SCLC sudah dalam tahap yang luas.

Siapa pun bisa terkena kanker paru-paru, tetapi merokok atau terpapar asap rokok orang lain terkait dengan sekitar 90 persen kasus kanker paru-paru. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) , perokok rokok adalah 15 hingga 30 kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru daripada bukan perokok.

Di Amerika Serikat, setiap tahun sekitar 7.300 orang yang tidak pernah merokok meninggal karena kanker paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok orang lain.

Mantan perokok masih berisiko terkena kanker paru-paru, tetapi berhenti merokok dapat secara signifikan menurunkan risiko tersebut. Dalam 10 tahun berhenti, risiko kematian akibat kanker paru-paru turun setengahnya .

Produk tembakau mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia. Setidaknya 70 karsinogen dikenal.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) , radon bertanggung jawab atas sekitar 21.000 kematian akibat kanker paru setiap tahun di Amerika Serikat. Sekitar 2.900 kematian ini terjadi di antara orang-orang yang tidak pernah merokok.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar