Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 25 Juni 2018

Jenis Makanan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Anjing

Ilustrasi : Jenis Makanan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Anjing (kaskus.co.id)

Memiliki hewan peliharaan di rumah adalah hal yang banyak dilakukan seseorang, mulai dari memelihara karena hobi, untuk lomba dan kontes hingga yang bertujuan menambah keuangan. Dari beberapa hewan yang sering diperlihara, anjing merupakan hewan yang paling populer di dunia. Mengutip data stevedalepetworld.com dalam penelitian GfK SE (Gesellschaft für Konsumforschung orSociety for Consumer Research) menunjukkan, sebanyak 33% peliharaan keluarga adalah anjing. Lebih lanjut disebutkan juga dari penelitian ini, 90% responden menganggap anjing merupakan bagian dari keluarga.

Kurang memahami dan akibat tidak tahu, ada beberapa orang yang memelihara hewan anjing memberikan makanan tanpa memperhatikan pantangan yang sebenarnya tidak boleh diberikan pada anjing. Meski makanan yang diberikan mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan manusia, namun akan berbeda jika diberikan pada anjing. Mengutip laman Dogtime membeberkan, beberapa makanan yang tidak baik untuk kesehatan anjing adalah :

1. Cokelat
Makanan yang memiliki kandungan cokelat adalah makanan favorit yang disukai oleh manusia. Tekstur lembut, manis dan lezat bagi manusia, dapat memberikan manfaat kesehatan. Ketika coklat dikonsumsi anjing, makanan jenis ini dapat menjadi racun. Coklat mengandung kafein dan theobromine yang termasuk ke dalam kategori methylxanthines. Akibat yang dapat terjadi pada anjing setelah makan cokelat menyebabkan muntah, diare, menjadi haus, agitasi, tremor otot, irama jantung tidak teratur, suhu badan meningkat tinggi, kejang hingga resiko kematian  terutama untuk anjing dengan tubuh kecil.

2. Daging babi dan daging berlemak
Jenis makanan daging yang memiliki kandungan lemak tinggi sebaiknya dihindari untuk konsumsi anjing. seperti bacon, ham, atau potongan daging dapat menyebabkan radang pada kelenjar pankreas anjing. Pankreas menjadi meradang dan tidak berfungsi seperti yang seharusnya. Hal ini menyebabkan segala macam masalah dengan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Selain itu, ada beberapa jenis hewan anjing akan mengalami kerontokan pada bulu ketika mengkonsumsinya.


3. Makanan asin
Kandungan zat garam dapat menyebabkan keracunan ion natrium pada anjing. Konsumsi garam yang berlebihan dapat menghasilkan rasa haus dan kencing yang berlebihan. Akibat yang terjadi pada anjing yang makan makanan asin seperti muntah, diare, depresi, tremor, peningkatan suhu tubuh, kejang dan bahkan kematian. Hindari pemberian makanan ringan asin seperti keripik kentang, pretzel, dan popcorn asin untuk anjing.

4. Bawang
Bawang ternyata sangat berbahaya bagi anjing. Makanan satu ini dapat menghancurkan sel darah merah anjing, yang menyebabkan anemia. Bawang putih bahkan lebih berbahaya untuk anjing dibandingkan bawang lain. Bawang putih mengandung senyawa yang sangat kuat yang sangat beracun bagi anjing. Walaupun efek konsumsi bawang putih pada sel-sel darah merah tidak akan muncul selama beberapa hari pada anjing, namun mereka akan menjadi cepat lelah dan enggan untuk bergerak. Gejala dan ciri-ciri anjing yang makan bawang antara lain warna urin anjing akan menjadi oranye hingga merah gelap. Sama seperti dengan bawang, transfusi darah mungkin diperlukan pada kasus yang berat.

5. Produk dari susu sapi dan keju
Susu adalah makanan yang dianjurkan untuk manusia, namun tidak baik bagi kesehatan anjing. Produk dari susu sapi seperti sus segar dan keju ternyata buruk bagi anjing. Banyak anjing yang tidak toleran laktosa. Susu dapat menyebabkan anjing muntah, mengalami diare, atau terserang penyakit pencernaan. Susu sapi mengandung gula susu dimana anjing tidak memiliki enzim untuk mengurai. . Meskipun tidak mengancam jiwa anjing tersebut secara langsung, susu sapi dapat berkontribusi terhadap paparan bakteri serius pada anjing yang akhirnya dapat menyebabkan penyakit. Makanan dan minuman yang mengandung olahan susu dan keju tidak disarankan untuk anjing.

6. Telur, ikan, dan daging mentah
Makanan mentah juga kurang baik untuk anjing. Kita tidak pernah tahu apa yang ada di dalam makanan mentah tersebut. Padahal kandungan bakteri mematikan sangat banyak.

7. Permen, selai kacang, dan makanan yang dipanggang
Permen mengandung xylitol. Zat inilah yang menyebabkan insulin di tubuh anjing melonjak. Gejalanya yakni lesu, muntah, kehilangan koordinasi, kejang, dan akhirnya kematian.

8. Anggur dan kismis
Anggur dan kismis merupakan makanan yang sekilas lezat dan segar. Ternyata makanan ini dapat menyebabkan gagal ginjal pada anjing lho.


9. Makanan mengandung gula
Makanan manis tidak hanya buruk bagi manusia, juga buruk bagi anjing. Gula dapat meningkatkan obesitas dan masalah gigi pada anjing.

10. Alpukat
Alpukat mengandung zat persin. Zat ini tidak berbahaya bagi manusia, namun dalam skala besar dapat mematikan bagi anjing. Konsumsi alpukat pada hewan ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Selain mengandung persin, buah, daun, biji, serta kulit alpukat memiliki efek racun pada anjing tertentu. Akibat yang terjadi ketika hewan makanan olahan mengandung alpukat adalah sakit perut, kesulitan bernafas, dan penumpukan cairan di dada.

11. Adonan Tepung Ragi
Adonan ragi mentah dari pembuatan roti fermentasi di dalam perut anjing dan menjadi beracun. Selain kandungan racun dari alkohol yang diproduksi di perut, adonan ragi juga dapat mengembang di dalam perut anjing kamu dan dapat menciptakan banyak gas dalam sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan sakit parah dan berpotensi merusak saluran usus anjing. Selain itu, anjing juga dapat muntah-muntah, perut tidak nyaman, dan lemas.

12. Kafein
Kafein yang terdapat di dalam kopi mengandung stimulan yang dikenal dengan nama methylated xanthine. Stimulan tersebut dapat merangsang sistem saraf pada anjing, menyebabkan muntah, gelisah, jantung berdebar, dan bahkan kematian.


13. Bagian Tengah Apel
Bagian tengah dari sebuah apel (serta plum, persik, pir, dan aprikot) mengandung cyanogenic glycosides yang juga dikenal sebagai sianida. Beberapa gejala yang berasal dari menelan racun apel oleh anjing adalah pusing, kesulitan untuk bernafas, kejang, pingsan, hiperventilasi, shock, dan bahkan koma.

14. Anggur
Sementara ini belum diketahui kandungan kimia dan senyawa apa saja yang terdapat di dalam anggur yang beracun bagi anjing, namun ditemukan beberapa kasus bahwa anggur memiliki efek negatif yang cukup parah. Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal. Gejala yang muncul bervariasi, dan ada kemungkinan tidak muncul gejala apapun. Selain gagal ginjal, anjing juga dapat muntah atau diare dengan keadaan lesu dan lemas. Anggur dan kismis juga dapat menyebabkan dehidrasi dan mengurangi nafsu makan. Kematian akibat gagal ginjal pada anjing ini dapat terjadi dalam waktu tiga sampai empat hari.

15. Kacang Macadamia
Belum diketahui kandungan kimia tertentu yang terkandung di dalam kacang macadamia saat ini, namun kacang macadamia diketahui menyebabkan reaksi beracun untuk anjing. Kacang macadamia dapat menyebabkan anjing mengalami kelemahan dan kelumpuhan, khususnya di kaki belakang mereka. Selain itu, kacang macadamia juga dapat menyebabkan anjing kamu muntah, depresi, tremor, dan hipotermia.

Memiliki hewan pelihara di rumah dapat membantu seseorang menghilang rasa bosan dan tekanan stress. Tidak jarang, banyak hewan keluarga seringkali sudah dianggap menjadi bagian keluarga. Memiliki pengetahuan tentang makanan yang berbahaya untuk hewan, khususnya anjing, akan membuat suasana bahagia Anda lebih terjaga.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar