Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 10 Juni 2018

Jangan Dibuang, Manfaat jarang diketahui kulit jeruk untuk kulit, rambut dan kesehatan

Jeruk kita ketahui sebagai buah yang memiliki bentuk dan aroma khas dibanding beberapa buah lainnya. Meski jenis jeruk terdiri dari bentuk yang kecil hingga besar, tanpa melihat jeruk, anda dapat mengetahui buah jeruk dengan mencium aromanya. Buah jeruk memiliki rasa asam dan manis, kandungan kadar air yang cukup banyak pada bulir dapat menghilangkan rasa haus dan membuat rasa segar.

Kandungan buah jeruk
Jeruk merupakan buah kaya vitamin C, vitamin B6, antioksidan, dan serat. Beberapa manfaat jika anda konsumsi jeruk akan memperlancar pencernaan, mengurangi resiko diabetes, menjaga kesehatan kulit, mengatasi jerawat dan kekebalan tubuh. Namun , beberapa pengetahuan kita tentang manfaat kulit jeruk untuk kesehatan, rambut dan kulit kurang begitu luas. Ternyata kulit jeruk yang sering anda buang mempunyai banyak kegunaan untuk kulit, rambut dan kesehatan.
A. Manfaat kesehatan dari kulit jeruk antara lain
1 . Pengobatan untuk gangguan pencernaan
Kulit jeruk adalah obat tradisional yang sehat dan alami untuk mengobati gangguan pencernaan dan sembelit. Selain dapat membantu mengurangi masalah mulas dan muntah, kulit jeruk akan meningkatkan fungsi hati.
2 . Melancarkan sirkulasi darah
Kulit jeruk selain mengatasi gangguan pencernaan, penggunaan lain dari kulit jeruk dapat memperlancar sirkulasi darah agar tidak tersumbat pada bagian jaringan tubuh. Tidak heran jika banyak metode pengobatan dari China yang mengadopsi jeruk dalam sejak ribuan tahun lalu.
3. Obat untuk asma
Kulit jeruk sangat baik dan dapat digunakan untuk pasien asma.
4 . Obat untuk sakit kepala
Kulit jeruk sering digunakan sebagai aroma terapi. Hal ini juga menawarkan obat untuk meredakan kecemasan, depresi, dan sakit kepala.
B. Manfaat kulit jeruk untuk rambut
Kulit jeruk memiliki manfaat untuk rambut. Penggunaan rutin kulit jeruk dapat membuat rambut lebih lembut dan bersinar. Beberapa cara kulit jeruk digunakan pada rambut, diantaranya :
  1. Masker rambut untuk ketombe
Haluskan kulit jeruk sampai halus dan campurkan dengan yogurt segar. Aduk hingga merata dan menjadi pasta. Usapkan pasta kulit jeruk dan yogurt ke bagian akar rambut dan rambut selama dua puluh menit.
2. Conditioner rambut
Tambahkan kulit jeruk sebagai campuran shampo ketika keramas. Penggunaan kulit jeruk dan shampo sangat efektif mengobati kulit kepala yang gatal.
C. Manfaat kulit jeruk untuk kulit
  1. Pemutih kulit
Manfaat kulit jeruk tidak hanya digunakan pada kepala, kulit jeruk ampuh untuk perawatan kecantikan seperti memutihkan kulit .
2. Menghilangkan Jerawat
Kulit jeruk dapat menghilangkan jerawat yang timbul di permukaan kulit dan mampu mencegah jerawat timbul untuk jangka lama. Caranya campurkan kulit jeruk dengan yang sudah di haluskan dengan minyak zaitun ekstra dan jemur sampai kering. Usap pada bagian jerawat dan lakukan secara rutin.
D. Cara Membuat Kulit Jeruk Menjadi Berguna Sebagai Perawatan dan Pengobatan
  1. Manfaat Jeruk untuk Kecantikan Kulit
Siapkan: 2 sdm bubuk kulit jeruk-santan. Campurkan kulit jeruk dengan santan dan aduk sampai rata sampai jadi pasta kental. Oleskan pasta ini pada rambut sampai rata dan diamkan hingga mengering. Bilas dan bersihkan menggunakan shampo. Kulit jeruk dengan sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi dapat menyeimbangkan pH kulit kepala, menghilangkan ketombe dan menenangkan gatal. Manfaat dari santan mengurangi rasa gatal di kulit kepala dan ketombe yang sulit dihilangkan. Selain itu kulit jeruk efektip memelihara dan melembapkan kulit kepala dan mencegah kerapuhan rambut.
2. Konsumsi minuman kulit jeruk
Anda dapat mengkonsumsi kulit jeruk dengan cara yang sederhana, caranya :
  • Bersihkan dan jemur kulit jeruk organik hingga kering
  • Potong kotak atau beberapa bagian yang lebih kecil.
  • Masukkan dua sdm kulit buah jeruk yang kering ke dalam cangkir.
  • Seduh menggunakan air panas dan tutup rapat cangkir.
  • Setelah air rendaman menjadi dinggin, buang kulit jeruk.
  • Untuk menambah rasa, anda dapat menggunakan madu ke gelas sebelum meminumnya.
3. Mencerahkan wajah dengan kulit jeruk dan kunyit
Bagi anda yang mengalami masalah wajah kusam, kulit jeruk dapat membuat tampilan wajah menjadi serah kembali. Caranya : bersihkan kulit jeruk yang akan digunakan, potong kecil kecil atau dihaluskan, kemudian campurkan dengan kunyit yang telah dihaluskan. Kombinasi kedua bahan kulit jeruk dan kunyit untuk mencerahkan wajah menjadi obat sehat dan sering digunakan sebaga masker. Penggunaan rutin masker kulit jeruk dan kunyit dapat mencerahkan kulit wajah lebih cerah dan dan menghilangkan kesan wajah kusam.
4. Mencegah bau badan dengan kulit jeruk
Munculnya bau badan akan menganggu kepercayaan diri, selain itu beberapa orang sering menghindar jika bau badan terlalu menyengat hidung. Untuk menghilangkan bau badan, anda dapat menggunakan kulit jeruk menjadi obat sehat dan alami. Caranya : ketika anda akan mandi, masukan kulit jeruk yang sudah dibersihkan ke dalam bak mandi. Tunggu sekitar sepuluh menit hingga dua puluh menit. Gunakan air rendaman kulit jeruk saat mandi, dan lakukan secara rutin.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar