Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 06 Juni 2018

Ini Yang Perlu Anda Diketahui Sebagai Supir Saat Perjalanan Mudik

Banyak persiapan yang dilakukan ketika memutuskan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi, hal ini tentu berbeda jika perjalanan mudik menggunakan transportasi umum. Ketika anda akan memulai perjalanan jauh, ada banyak yang perlu diketahui selain kondisi kendaraan, kesehatan pengemudi, dan rute yang akan digunakan. Apa saja yang perlu anda ketahui ketika menjadi driver menggunakan kendaraan pribadi saat perjalanan mudik ?

Driver yang telah lama menggunakan kendaraan tentu menyadari, dalam setiap melakukan perjalanan bukan ditentukan karena faktor kepintaran semata, seorang supir kendaraan yang dinilai berpengalaman dan pintar, mungkin saja dapat mengalami resiko selama mengemudikan kendaraannya.

Data merilis tentang penyebab kecelakaan karena kesalahan manusia (human error) pada peringkat pertama, beberapa penyebab terjadinya kecelakaan diantaranya pengemudi yang memaksakan diri berkendara menempuh perjalanan jarak jauh meski kondisi tubuh dalam keadaan kurang fit akibat kelelahan.

Saat menempuh perjalanan yang sangat jauh, tubuh supir secara perlahan mengalami penurunan untuk tetap fokus dan konsentrasi tinggi. Perjalanan mudik yang melelahkan dengan waktu berjam-jam atau beberapa hari akan membuat tubuh kurang istirahat untuk memulihkan stamina.



Ini Yang Perlu Anda Diketahui Sebagai Driver Jika Menggunakan Kendaraan Pribadi Saat Perjalanan Mudik


Pilih Jalur yang Tepat

Persiapan perjalanan mudik yang pertama harus menjadi perhatian adalah jalur kendaraan yang dilewati tanpa hambatan sehingga jarak tempuh menjadi singkat dan semakin efisien. Caranya anda untuk mengetahui jalur tersebut,  gunakan navigasi peta yang tersedia pada mobil atau smartphone untuk mendapatkan informasi jalur terdekat dan bebas hambatan. Navigasi sangat dibutuhkan jika anda  menuju luar kota, dan gunakan versi terbaru navigasi untuk mendapatkan update perubahan atau penambahan jalan.

Beristirahat Sejenak

Ketika anda sudah menempuh perjalanan hingga 6 jam, disarankan untuk melakukan istirahat setiap 2 jam sekali. Istirahat untuk supir sangat penting untuk membuat tubuh segar dan melancarkan peredaran darah tersumbat akibat lama duduk. Supir dapat makan untuk mempercepat pemulihan, minum minuman yang menyegarkan, atau juga berbaring agar tubuh dapat rilek. Jangan memaksa tetap mengendarai kendaraan jika anda merasa lelah dan berkurang konsentrasi, terutama jika sudah merasa mulai mengantuk.

Tahan Emosi dan Menghibur Diri

Macet di jalan adalah hal yang biasa, terlebih jika suasana banyak orang melakukan perjalanan mudik. jalan yang padat dan menyebabkan kemacetan total tak bisa dihindari. Jika anda terjebak macet sebaiknya tahan emosi dengan menghibur diri mendengarkan lagu atau mengobrol. Lakukan kegiatan ringan selama macet sehingga tidak membuat anda stres.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pastikan kebutuhan air dalam tubuh selalu terjaga, siapkan air minum yang cukup di dalam mobil. Ketika supir duduk terlalu lama menyebabkan tubuh kehilangan banyak energi. Cara efektif selama dalam perjalanan adalah air putih untuk tetap menjaga konsentrasi.

Tidur Minimal 1 Jam

Ketika perjalanan mudik yang memakan waktu lebih dari 6 jam, anda disarankan untuk melakukan istirahat minimal 1 jam. Tujuannya agar tubuh kembali pulih dari kelelahan dan kembali fokus saat mengendarai kendaraan. Gunakan tempat yang cukup ramai untuk beristirahat, seperti tempat pengisian bahan bakar (SPBU), rest area, kantor polisi, mesjid. Mendapatkan waktu istirahat bagi supir minimal satu jam pun sudah efektif agar tubuh sehat kembali.

Tetap fokus dan konsentrasi jika mengendarai kendaraan pribadi, jika anda merasa lelah dan ngantuk disarankan tidak memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan. Menjaga perjalanan tetap nyaman dan aman tentu menjadi harapan kita semua hingga tiba di tempat tujuan.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar