Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 09 Juni 2018

Hindari Kulkas Anda Meledak Dengan Memperhatikan Larangan Ini

Kulkas menjadi tempat favorit ketika menyimpan bahan makanan dan minuman. Berbagai kebutuhan dapur yang sering disimpan dalam kulkas agar lebih tahan lama dan terlihat fresh. Namun, ketidaktahuan anda ketika menyimpan bahan makanan dan minuman dapat membuat kulkas meledak. Beberapa bahan makanan tidak disarankan disimpan dalam kulkas.

Struktur kulkas yang umum digunakan adalah dua pintu, yakni pintu pertama untuk freezer yang banyak digunakan untuk proses pembekuan pada suhu rendah dan bagian kedua adalah pintu yang sering digunakan untuk keperluan penyimpanan tanpa memerlukan proses pendinginan, misalnya sayur-sayuran, buah-buahan, botol minuman dingin dan lainnya.

Penyebab kulkas dapat meledak


Banyak kecelakaan yang timbul akibat kulkas meledak secara tiba, resiko yang paling minimal adalah kulkas tidak dapat digunakan lagi. Meledaknya kulkas banyak terjadi pada bagian atas, yakni freezer pintu pendinginan dengan fungsi membekukan bahan yang ada didalamnya.

Apa saja barang yang memiliki resiko tinggi membuat kulkas anda meledak? Kebiasaan yang bagaimana harus anda hindari?

1. Minuman soda

Mengutip laman goodtimes.my menjelaskan, meski kulkas diperlukan untuk menyimpan bahan makanan dan minuman agar awet, ternyata tidak semua makanan atau minuman dimasukkan ke dalam kulkas, terutama pintu freezer. Seperti minuman yang memiliki kandungan soda terlebih kemasan kaleng. Minuman soda dengan kemasan kaleng sering disimpan dalam freeze agar dapat memberikan kesegaran maksimal ketika diminum.

Minuman dengan karbonasi yang disimpan pada suhu rendah dapat memicu ledakan ketika kaleng yang terus mengembang dan tidak kuat menahan dorongan yang  kuat. Tekanan yang terus mendorong dari dalam kaleng sampai titik tekanan tinggi kemudian menyebabkan ledakan.

2. Minuman alkohol

Minuman dengan kandungan alkohol pun tidak disarankan untuk disimpan dalam tempat pembeku. Alkohol dengan kandungan aktif etanol dan metanol dapat menyebabkan kulkas anda meledak. Proses meledaknya minuman alkohol pun sama seperti yang terjadi pada minuman bersoda.

3. Dry Ice atau es kering (Biang Es)

Biang es sering dikenal dengan nama dry ice atau es kering. Meski kurang begitu banyak digunakan dalam rumah tangga. Ternyata, menyimpan es kering ke dalam freezer dapat membuat ledakan dalam kulkas. Kandungan dry es dengan karbondioksida -79 derajat C, biang es sering digunakan untuk pendingin dan efek asap pada panggung dengan tampilan asap putihnya.


4. Membersihkan bunga es menggunakan benda tajam

Membersihkan bagian freezer dengan benda tajam sering dilakukan ketika tempat telah penuh dengan bunga es. Penyebab munculnya bunga es dalam kulkas secara fisika akibat pertemuan udara hangat dan dingin yang membuat kadar uap bertambah di dalam kulkas, terlebih jika pintu kulkas sering buka tutup secara terus menerus. Bunga es lebih cepat muncul dalam kulkas lemari satu pintu, hal ini disebabkan tidak adanya defrost seperti kulkas dua pintu. Kebiasaan membersihkan bunga es dengan benda tajam tidak disarankan karena dapat membuat kulkas anda meledak.

Merawat barang elektronik diperlukan pemahaman secara menyeluruh. Biasanya, dalam produk elektronik ketika dibeli saat kondisi baru selalu disediakan petunjuk penggunaan yang harus dipatuhi.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar