Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 21 Juni 2018

Cara Sehat Memperbaiki Kerontokan dan Makanan yang Perlu Dihindari Untuk Kesehatan Rambut

Rambut rontok sering dialami banyak orang yang memasuki usia di atas 30 tahun. Rontoknya rambut dapat akibat dari munculnya folikel  membuat sel rambut baru, sehingga mendorong sel rambut tua melalui kulit kepala. Dorongan sel kulit baru pada sel kulit tua rata-rata bertumbuh 15 sentimeter, beberapa penyebab lain yang dapat membuat rambut rontok seperti stress, wanita yang melahirkan, dan gaya hidup tidak sehat.

Rambut sebagai mahkota bagi para wanita dan  penambah kepercayaan diri untuk pria, menjadi sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Tampilan rambut sehat dan indah yang membuat pemiliknya lebih bahagia, tidak mengherankan jika banyak orang yang melakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Saat Anda memiliki uang dan berniat melakukan perawatan rambut ke salon, mungkin bukan suatu masalah besar. Namun jika harus menyiapkan anggaran yang tidak sedikit menurut versi Anda. Jangan khawatir, karena perawatan dan memperbaiki rambut rontok dapat juga mengunakan beberapa bahan-bahan sehat alami yang tersedia di rumah.
sumber liveabout.com

Rambut Rontok Karena Stress


Rambut rontok menjadi masalah para wanita akibat genetik dan asupan makanan, selain itu, yang sering menjadi penyebab rambut rontok ialah stres. Wanita karir yang bekerja dengan tekanan tugas sering memicu tingkat rontok rambut menjadi lebih cepat. Tekanan pekerjaan yang tidak dapat diatasi dan mengakibatkan stress berkelanjutan, menyebabkan sejumlah besar rambut yang tumbuh mengalami siklus telogen atau fase istirahat.

Mengutip penjelasan dr. Gloria Novelita, SpKK selaku Hair Expert, saat di acara ‘Dove Hairlympic Studio, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, menyebutkan, jika tidak segera diatasi, rambut yang dalam siklus ini akan dengan mudah rontok saat kita menyisir atau mencuci seperti keramas. Bukan hanya mengganggu penampilan, rambut rontok juga menimbulkan dampak psikologis seperti tidak nyaman, merasa kurang “cantik”, atau selalu khawatir tentang pandangan orang-orang sekitar. Akibatnya seorang wanita menjadi lebih pasif dan introvert, baik di tempat kerja maupun lingkungan pergaulan,” tambah dr. Gloria Novelita, SpKK.

Rambut rontok juga membatasi wanita untuk menata rambut dengan bebas, masalah yang sama dihadapi para wanita berhijab, dimana rambut rontok sangat erat kaitannya dengan cara mereka menata hijab. Contohnya, bila menggunakan hijab / inner yang terlalu ketat, dalam jangka panjang hal ini dapat menyebabkan rambut rontok.

“Kalo faktor stres tidak langsung rontok, baru terasa tiga bulan. Jadi kalo stres mengganggu siklus pertumbuhan rambut,” tutupnya.

Fakta yang Perlu Diketahui Untuk Mencegah Rambut Rontok



Banyak produk perawatan rambut untuk mencegah rontok di pasaran. Umumnya jenis produk kesehatan untuk segala jenis rambut, kecuali menggunakan pemberitahuan tertentu. Saat membeli produk perawatan rambut, perlu Anda pastikan bahwa kandungan yang terdapat didalamnya aman untuk pemakaian jangka panjang. Mungkin Anda sulit mempercayai, istilah bahan kimia yang tidak Anda kenali pasti diabaikan begitu saja. Bahkan terkadang memilih produk perawatan rambut berdasarkan penilaian estetika semata.

Oleh karena itu, beberapa bahan kimia yang harus Anda waspada dalam produk perawatan rambut agar pengobatan rambut rontok dapat berhasil, seperti dikutip dari Independent menyebutkan :

1. Parabens
Parabens adalah kandungan bahan kimia biasanya ditemui dalam produk perawatan kulit. Namun beberapa produk perawatan rambut masih mengandung parabens untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah bakteri. Dr. Trevor Cates menuturkan bahwa parabens dikenal sebagai xenoestrogen yang berarti mereka memiliki aktivitas estrogen dalam tubuh. Penelitian menghubungkan parabens dengan kanker payudara. Meski begitu, parabens biasanya digunakan dalam jumlah kecil pada sejumlah produk perawatan rambut yang telah melalui uji klinis.

2. Formaldehida
Shampo mengandung pengawet yang melepaskan formaldehida. Jika formaldehida terlepas ke udara, kemudian akan terhidup dan masuk ke kulit. Perlu diketahui formaldehida sendiri menyebabkan kerusakan DNA dan kanker. Selain menjadi karsinogenik, yang menjadi bibit kanker, formaldehida dan pelepasnya dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti iritiasi kulit dan asma.

3. Sulfat
Sulfat sebenarnya bisa sangat membuat rambut menjadi rusak dan menghasilkan kerapuhan. Sulfat biasanya merupakan deterjen murah yang bertanggung jawab untuk efek busa pada sampo. Jadi, jika Anda mendapati sampo Anda menghasilkan busa terlalu banyak, kemungkinan sampo Anda mengandung Sulfat. Dikhawatirkan bahan kimia ini memiliki sifat karsinogeik. Beberapa produsen pun menggunakan alternatif seperti amonium laureth sulfat yang lebih lembut.

4. Wewangian
Salah satu bahan yang paling umum digunakan dalam produk rambut modern adalah aroma. Banyak kampanye shampo yang menyoroti aroma rambut yang dihasilkan jika menggunakan produk perawatan rambut tersebut. Namun ternyata wewangian dapat mengandung sejumlah bahan kimia yang menganggu endokrin dan termasuk di antara lima alergen teratas.

Cara Sehat Memperbaiki Kerontokan

Beberapa cara untuk memperbaiki rambut rontok dengan bahan yang mudah Anda dapatkan, seperti :

1. Pisang
Hancurkan pisang dan campurkan dengan yoghurt. Aplikasikan pada seluruh rambut Anda secara merata, biarkan selama satu jam kemudian bilas hingga bersih. Kalium yang terkandung pada pisang dapat membantu memperbaiki butiran rambut dan rontok dan patah lebih cepat. Lakukan perawatan rambut ini satu kali dalam seminggu untuk hasil yang memuaskan.

2. Putih telur
Berikut tiga bahan alami dan sederhana untuk perawatan rambut rontok. Putih telur yang kombinasi dengan minyak zaitun memberikan manfaat baik bagi rambut Anda. Kandungan di dalam putih telur dapat menjadi nutrisi rambut dari pangkal ke ujung rambut. Diaplikasikan pada pangkal rambut kemudian bilas hingga bersih. Untuk menghilangkan aroma amis pada rambut Anda setelahnya gunakan shampo seperti biasa.

3. Mayones
Campurkan mayones dengan telur dan minyak zaitun, gunakan masker ini sebelum Anda keramas. Lalu, biarkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih. Kombinasi mayones ini menggabungkan protein pada telur untuk menutrisi rambut sehingga lebih kuat dan tidak mudah patah. Sementara manfaat baik dari minyak zaitun dapat membuat tekstur rambut lebih lembut.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar