Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 03 Juni 2018

Cara Sederhana Kelola Keuangan Keluarga

Kemampuan untuk mengelola semua bagian keluarga bisa dibilang cukup sulit, terlebih jika sudah berhubungan dengan keuangan ketika anda di tuntut dapat mengelola dengan baik. Cara mengelola keuangan di rumah tangga supaya seimbang untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sisi lain mesti realistis dengan pendapatan yang anda dapatkan. Namun, jika keluarga telah mampu melakukan pengelolaan yang tepat dan disiplin, secara tidak langsung problem yang banyak dialami keluarga-keluarga lain sudah dapat diatasi oleh anda. Cara sederhana untuk mengelola keuangan keluarga agar dapat digunakan secara maksimal, diantaranya:


1. Daftar kebiasaan belanja
Saat ini sudah banyak program secara online untuk membantu keluarga membuat daftar kebiasaan belanja dan gratis digunakan. Tujuan menggunakan daftar kebiasaan belanja bertujuan untuk melacak bagaimana cara uang berjalan ke titik-nya. Misalnya Mint.com menawarkan aplikasi untuk anggaran yang biasa digunakan dengan kategori pendapatan dan pengeluaran. Dengan membuat daftar belanja secara teratur akan memberikan anda jalur tepat dan dan tren pengeluaran yang paling banyak dihabiskan.

2. Tetapkan anggaran realistis 
Anggaran dapat menjadi hal yang rumit, jika tidak realistis, jadi tetapkan batas anggaran yang membuat wajar ketika digunakan. Dengan membuat terang segala kebiasaan belanja berdasarkan kategori pengeluaran seperti sewa, hipotek, utilitas, hiburan, dan bahan makanan. Carilah sekiranya ada pengeluaran yang mungkin bisa mengurangi jumlah uang atau tidak digunakan karena tidak penting sehingga dapat dimasukkan ke investasi dan atau tabungan.

3. Pikirkan rencana jangka pendek dan panjang
Perencanaan yang detail selama mingguan atau bulanan menang diperlukan untuk mengetahui dengan jelas. Lebih dari itu perencanaan untuk keadaan darurat juga sangat penting untuk antisipasi jika terjadi.

4. Masukkan pengeluaran setiap anggota keluarga dalam daftar
Mulai merinci pengeluaran mungkin satu problem terutama menyangkut kebersamaan. Dengan menetapkan pengeluaran secara realistis akan membuat pekerjaan mengelola keuangan keluarga lebih mudah.

5. Carilah cara untuk meningkatkan tabungan
Beragam promosi dan potongan harga banyak dijumpai, namun tidak berarti semua keanggotaan perlu anda terima. Periksa tempat yang sering digunakan untuk belanja tetap dengan menjadi member atau potongan harga lewat kerjasama tempat tersebut dengan pihak Bank. Saat ini, banyak bank yang menjalin kerjasama dengan penawaran potongan harga ketika anda melakukan transaksi dengan jartu kredit.

6. Jadwalkan hari membayar tagihan
Mempersiapkan dana cepat dapat digunakan sebagai pembayaran ketika jatuh tempo. Ketika disiplin melakukan pembayaran kartu kredit yang standar tagihan tanggal 15 dan 30 dapat dilunasi, anda dapat menghilangkan beban tagihan tambahan seperti denda dan bunga akibat keterlambatan.

7. Lakukan penyesuaian anggaran
Dalam menetapkan daftar anggaran belanja, selalu ada kemungkinan dapat berubah karena kebutuhan keluarga berubah. Bersiaplah melakukan penyesuaian terhadap anggaran agar perencanaan keuangan dapat di kontrol.

8. Carilah cara menghasilkan uang tambahan
Mencari cara menghasilkan uang tambahan dapat menjadi dipertimbangkan jika dimungkinkan.

Cara yang sederhana untuk mengelola keuangan keluarga dapat berjalan dengan baik selama disiplin dalam menjalankannya.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar