Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 03 Juni 2018

Cara Mudah Internet Tidak Lemot

Jaringan internet yang tidak selalu stabil dan kadang makin terasa lemot. Jika cara lain sudah dilakukan, namun hasilnya masih mengecewakan, mungkin anda perlu cara mudah ini agar internet tidak lemot. Cara membuat tidak menjadi tidak lemot, anda bisa mencobanya seperti :


1. Modem versi lama
Kecepatan jaringan internet terus meningkat, mungkin modem yang anda gunakan adalah yang terbaik pada masanya, namun berjalan waktu, modem anda bisa menjadi modem biasa-biasa saja. Membeli modem kecepatan koneksi yang lebih besar adalah penting untuk mempercepat koneksi internet. Kemampuan modem sebagai alat utama mendapatkan sinyal internet akan menjadi penting jika anda butuh internet yang cepat. Semakin besar modem mampu membuat sinyal tidak lemot, akan dibutuhkan koneksi yang lebih cepat untuk mendapatkan data. Contohnya 100 mbps tentu lebih cepat menerima dan mengambil data jika dibandingkan dengan modem jenis 7,2 mbps.

2. Pasang penguat sinyal untuk modem dengan kaleng
Jaringan operator selalu berbeda kekuatannya di tiap tempat. Pada tempat tertentu, mungkin saja jaringan internet yang anda gunakan sangat cepat, namun ketika kembali di rumah, jaringan internet dapat menjadi lemot. Jika sinyal di rumah lemah, kamu dapat menggunakan alat tambahan sebagai penguat. Penguat sinyal yang sudah jadi ini dipasang dengan modem agar kemampuan menerima sinyal makin baik. Cara kerja penguat sinyal modem sama seperti parabola, kamu bisa menangkap sinyal dengan mengumpulkannya dan mengirim ke titik yang diinginkan. Cara membuat alat penguat sinyal sendiri banyak tutorial ditemukan melalui internet dan YouTube tentang membuat penguat sinyal. Tutorial singkat membuat penguat sinyal modem dari kaleng:

Pertama, ketahui dulu berapa frekuensi modem kamu. Kalau frekuensi modem adalah 900 mhz, maka jarak lubang modem dan dasar kaleng adalah 1-1,5 inchi. Hal ini berlaku untuk kelipatannya (semisal frekuensi 1800 mhz, maka jaraknya 2-3 inchi). Setelah mengukur ketinggian dari dasar kaleng, lubangi tepi kaleng sesuai dengan besar modem. Masukan modem yang sudah dilengkapi dengan perpanjangan kabel USB, lalu hadapkan kaleng ke menara pemancar sinyal terdekat. Cara ini sangat mudah meningkatkan kecepatan internet sehingga bebas lemot.

3. Gunakan perpanjangan kabel USB.
Modem ketika menerima dan mengirim data dapat terganggu oleh barang elektronik di sekitarnya. Benda elektronik yang mengurangi performa jaringan menjadi lemot diantaranya overheat atau barang mengeluarkan panas. Untuk menjauhkan modem dari perangkat panas di sekitarnya, anda dapat menambah kabel perpanjangan USB untuk modem dan mencari lokasi yang cocok dan aman menerima data internet.

Disarankan penggunaan kabel perpanjangan USB ke modem antara tiga atau lima meter. Jika masih kurang panjang, gunakan sambungan kabel listrik untuk mendapat lokasi yang tepat. Semakin tinggi posisi modem dan juga dengan tempat yang terbuka tidak ada penghalang, kecepatan modem menerima data akan lancar dan tidak lemot seperti semula.

4. Mengatur gpedit.msc untuk OS Microsoft Windows
Cara mudah agar internet tidak lemot dapat mengatur bagian config, cara ini untuk melarang komputer membatasi kecepatan internet secara otomatis. Caranya klik Start > Run > ketik gpedit.msc > Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QOS Packet Scheduler > Limit Reservable Bandwidth > Pilih Disable > Apply > Ok.

5. Saat internet melambat, lakukan hapus cache
Cache yang menumpuk akibat pemakaian sebelum punya pengaruh besar membuat internet lemot. Rekaman data yang menumpuk dan membuat loading browser internet menjadi lambat. Menghapus cache browser di komputer cukup mudah. Biasanya opsi ini muncul begitu kita membuka pengaturan. Untuk Android, ikuti langkah berikut: matikan koneksi internet > Setting > Application > klik aplikasi > Delete Cache. Untuk laptop, kamu bisa buka search engine, lalu buka history dan hapus cache.

6. Pasang aplikasi pembersih memori
Jika gangguan internet lemot ada pada smartphone, gunakan cara lain yang mudah di playstore google. Pilih pembersih memory yang banyak di unduh dengan rating dan review bagus. Aplikasi pembersih memory sangat berguna untuk mendongkrak pemakaian memori yang terus bertambah pada latar layar smartphone.

7. Pakai aplikasi peramban khusus
Beberapa browser tertentu sering lebih cepat untuk akses laman tertentu. Beberapa browser populer seperti Chrome, UC Browser, Opera dan lainnya menawarkan kemampuan berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan keperluan. Biasanya kecepatan internet bertambah lebih cepat 30-60 persen daripada browser biasa dalam mengakses situs Facebook jika dibuat khusus untuk facebook.


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar