Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 01 Juni 2018

Cara menghilangkan karang gigi dengan sehat dan alami

Cara menghilangkan karang gigi tanpa bantuan orang lain, sering menjadi pilihan pertama sebagai solusi bagi yang punya alasan bertemu dokter gigi. Namun, ketika anda mencoba suatu cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter, bagaimana dengan infeksi jika salah ketika menghilangkan karang gigi ? Munculnya pikiran tersebut sangat wajar karena anda masih mempertimbangkan banyak sebab. Namun, untuk mengetahui cara menghilangkan karang gigi tanpa tanpa bantuan orang lain dan aman, sebaiknya kenal dahulu dengan karang gigi seperti apa ?

Sering dikenal dengan nama kalkulus gigi, karang gigi merupakan plak mengeras dan menempel di bagian gigi. Karang gigi bisa terbentuk dari bawah gusi yang mengakibatkan iritasi gusi. Akibat plak karang gigi area luas yang terus berkembang, hal ini membuat permukaan jadi lengket, Dampak Karang gigi ini beresiko pada penyakit radang gusi jika tidak dihilangkan dengan benar,
Munculnya karang gigi akan membuat seseorang tidak percaya diri dan resiko penyakit. Karang gigi selain menimbulkan bau mulut tidak sedap, ketika penderita karang gigi tersenyum, gigi terlihat berwarna kekuning-kuningan. Cara menghilangkan karang gigi dengan bantuan dokter menjadi pilihan yang banyak digunakan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika membersihkan karang gigi.

Cara menghilangkan karang gigi dengan sehat dan alami

Penyebab munculnya karang gigi

Penyebab karang gigi yang muncul tidak secara tiba-tiba. Kebiasaan yang buruk untuk membersihkan gigi setelah makan, berakibat pada sisa makanan tertinggal pada sela gigit atau gusi. Makanan sisa yang tidak dibersihkan ini, lambat laun terus menumpuk karang gigi menempel. Terbentuknya karang gigi selain dari sisa makanan yang tidak dibersihkan, air liur juga membantu terbentuknya karang gigi jadi. 

Resiko jika membiarkan karang gigi lama dalam gigi

Cara menghilangkan karang gigi adalah upaya penting untuk menghilangkan resiko terlalu lama dalam gigi. Beberapa penyakit yang muncul karena karang gigi antara lain :
  • Bau mulut, sisa makanan yang menumpuk tanpa dibersihkan dalam jangka panjang menimbulkan bau tidak sedap ketika berbicara dengan orang lain.
  • Gigi berlubang, akibat yang timbul jika karang gigi tidak ditangani membuat gigi keropos. Mulai keroposnya gigi dikarenakan zat asam yang keluar dari karang gigi. Walau email gigi satu pelindung terkeras dari gigi di paling luar gigi.
  • Radang gusi, Kebiasaan malas sikat gigi dan berakibat mulut dan gigi menjadi kotor, akan mudah menyebabkan gusi terinfeksi  dan berdarah. Ketika gejala gigi mulai berdarah, cara menghilangkan karang gigi yang diabaikan makin beresiko munculnya  nanah pada gusi.
  • Periodontitis, pada gejala sakit radang gusi semakin parah, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi akan rusak. Hal buruk yang terjadi seperti gigi lepas sehingga bakteri membuat infeksi pada gusi melalui aliran darah.

Penyakit tersebut pada awalnya sangat sepele, berawal malas menyikat gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel. Cara menghilangkan karang gigi  tanpa bantuan orang lain, selain dapat membuat gigi menjadi putih juga karang gigi dapat teratasi dengan tradisional dan alami. Cara menghilangkan karang gigi  tanpa bantuan orang lain, selain dapat membuat gigi menjadi putih juga karang gigi dapat teratasi dengan tradisional dan alami. 

Berikut cara menghilangkan karang gigi secara alami untuk mencegah timbulnya penyakit mulut dan kerusakan gigi :

1. Rajin menggosok gigi
Menggosok gigi, umumnya kita ketahui saat akan tidur dan bangun tidur. Namun, merubah kebiasaan ini lebih teratur dengan membersihkan gigi setelah selesai makan, akan membuat gigi tetap terjaga dengan baik.

Gosok gigi setelah makan, Cara menghilangkan karang gigi dengan sehat dan alami



2. Menggunakan pasta gigi dengan fluoride
Cara menghilangkan karang gigi  yang efektif adalah membuat gigi tetap bersihdari sisa makanan. Namun, menggunakan pasta gigi pun perlu diperhatikan agar manfaat menghilangkan karang gigi makin maksimal. Pilihlah pasta gigi mengandung fluoride. Fluoride punya kemampuan dalam mencegah plak berkembang untuk waktu lama. Beberapa zat penting lain untuk menjaga gigi tetap putih adalah pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan plak lebih efektif.

3. Flossing
Cara menghilangkan karang gigi  dapat dicegah dengan flossing. Flossing sering digunakan untuk membersihkan gigi dengan benang. Benang untuk gigi tentunya bukan menggunakan sembarangan benang, gunakan benang khusus untuk membersihkan gigi agar mudah menjangkau sisa makanan.

4. Menggunakan mouthwash
Cara membersihkan gigi yang efektif lainnya adalah mouthwash. Obat kumur untuk mulut sangat mudah di jumpai dan efektif sebagai proteksi setelah menyikat gigi

5. Tidak makan sembarangan
Menjaga konsumsi makanan sangat penting untuk mencegah karang gigi. Beberapa makanan yang terlalu manis dan berbahan tepung sering tertinggal pada gigi dan sela gusi. Bersihkan gigi setelah konsumsi telah selesai, membiarkan sisa makanan tetap menempel dalam waktu tertentu akan menimbulkan zat asam.

6. Hindari merokok
Cara membersihkan gigi dapat dimulai dengan merubah kebiasaan merokok. Bahaya rokok yang sudah kita tahu untuk kesehatan, juga dapat memperburuk gigi dan mulut. 

Dengan membiasakan hidup sehat merupakan nilai positip menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, gigi dan gusi yang sehat akan menambah kepercayaan diri karena tidak membuat napas menjadi bau.

Cara membersihkan gigi dengan bahan alami dan sehat, jika karang gigi sudah menempel pada gigi. Bahan-bahan alami dan mudah ditemukan untuk membersihkan karang gigi antara lain :

1. Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda
Cara menghilangkan karang gigi yang sudah berwarna kuning dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking sodadapat menghilangkan dan memutihkan gigi dengan cepat. Menggunakan baking soda juga bisa menjadi satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras.

Caranya : mengambil 1 sdm baking soda, tambahkan sedikit garam dan aduk hingga rata. Kemudian gunakan sikat gigi dengan menempelkan pada campuran. Sikat gigi anda seperti biasa selama 2 menit lalu kumur, lakukan kebiasaan ini secara rutin untuk hasil maksimal.

2. Menggunakan kulit Jeruk
Cara menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat kulit jeruk. Kulit jeruk dengan vitamin dan nutrisi, dapat memutihkan dan menghilangkan karang gigi. Caranya: Bersihkan kulit jeruk yang akan digunakan. Gosok langsung pada gigi secara merata. Gosok sampai rata dan membiarkannya sekitar 5 menit.

Kulit jeruk, Cara menghilangkan karang gigi dengan sehat dan alami



3. Mengkonsumsi buah dan sayuran
Cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan konsumsi buah dan sayuran. Banyak sayuran dan buah untuk melindungi gigi dan gusi, diantaranya stroberi, apel, jeruk, nanas dan kiwi. Sayuran yang baik untuk gigi seperti: bawang, seledri, dan sayuran hijau.

4. Mengunyah daun sirih
Cara menghilangkan karang gigi secara alami seperti yang dilakukan orang tua jaman dulu, daun sirih. Daun sirih dapat membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Caranya: ambil selembar daun sirih yang sudah dibersihkan, untuk menambah rasa dapat ditambah 1 batang cengkeh, haluskan tapi tidak terlalu halus lalu kunyah.

Bahan yang sering dijumpai dapat membersihkan masalah pada gigi, seperti berwarna kekuning-kuningan, munculnya karang gigi dan bau tidak sedap. Cara menghilangkan karang gigi yang terbaik adalah memulai dengan kebiasaan membersihkan mulut dan sisa makanan yang menempel.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar