Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 03 Juni 2018

Cara Mengenali Anak Stres Ketika Masuk Sekolah

Stres yang menghampiri manusia, dapat juga terjadi pada anak. Walaupun kita tahu dunia anak-anak identik dengan bermain, hal ini bukan berarti dalam keseharian-nya bebas dari stres. Ketika anak memulai pendidikan di dunia sekolahnya, terkadang ada situasi yang membuat anak merasa tidak nyaman di lingkungan baru.

Muncul stres pada anak biasanya bersumber dari beberapa situasi yang dialami, misalnya suasana berteman, mengerjakan tugas sekolah, atau target yang terlalu tinggi dari orangtua, guru, maupun temannya.


Dikarenakan kekuranganmampuan anak usia dini mengungkapkan masalah, penyebab ini mungkin diakibatkan kosa kata yang belum lengkap untuk mengungkapkannya. Umumnya anak masih sulit menyatakan secara verbal ketika mengalami stres. Sedangkan akibat ketidaktahuan orangtua atau kurang sensitif anak yang mengalami stres dapat menyebabkan mereka menjadi malas untuk belajar.
Mengutip penelitian yang dilakukan American Psychological Association dengan konsultan Mary Alvord, PhD, dan David J. Palmiter, Jr., PhD, ABPP,: beberapa cara untuk mengenali anak stres ketika masuk sekolah, diantaranya:


Perubahan dalam perilaku
Anak yang mengalami stres di lingkungan sekolah akan memberikan perubahan seperti menjadi mudah marah, keinginan menurun, menarik diri dari kegiatan keluarga atau pertemanan, banyak mengungkapkan keluhan tentang sekolah, kerap menangis, reaksi ketakutan berlebihan, selalu ingin berdekatan dengan orang tua, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit, atau makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Keluhan sakit akibat stres
Cara mengenali anak stres ketika masuk sekolah ketika mereka mulai mengeluh sakit. Stres yang berlebihan tanpa penyelesaian untuk anak dapat membuat sakit secara fisik seperti sakit perut dan sakit kepala.

Interaksi anak dengan orang lain
Perubahan yang cukup mendasar ketika anak mengalami stres yakni perubahan sikap di rumah dan di sekolah. Sikap anak di rumah yang terlihat normal dapat berubah ketika berada di lingkungan yang tidak nyaman untuk mereka.


Menjadi pendengar yang baik
Selalu berikan perhatian ekstra ketika mereka mulai masuk dunia pendidikan awal. Ketidakmampuan anak memaknai arti stres dapat diungkapkan mereka dengan kalimat yang lain, seperti bingung, kesal, marah. Hal yang berbeda jika anak sudah dapat menceritakan lebih lengkap tentang tekanan stres, umumnya akan memberikan masukan bernada negatif pada diri sendiri atau di luar dirinya.

Beri dukungan sehat
Stres yang dialami manusia perlu bantuan pihak lain untuk menyelesaikannya. Seperti halnya orang dewasa, anak-anak stres belum mampu mengatasi rasa stres sendirian. Jangan timbul perasaaan segan mencari bantuan psikolog jika orang tua tidak mampu membantu anak, beberapa bantuan tenaga ahli dapat mengidentifikasi masalah dan strategi efektif untuk mengatasi perasaan stres yang luar biasa.


Kondisikan situasi sehat untuk proses belajar anak di lingkungan sekolah adalah hal yang penting. Jika situasi yang tidak membuat nyaman anak dalam belajar tanpa penyelesaian, akan mempengaruhi hasil yang akan didapatkan anak di sekolah.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar