Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 15 Juni 2018

Cara Mengatur Suhu AC Sesuai Kebutuhan

Cara Mengatur Suhu AC Sesuai Kebutuhan - Banyak anggapan yang kurang tepat di beberapa sebagian orang ketika menggunakan AC, anggapan bahwa pendingin ruangan AC akan langsung membuat dingin saat di hidupkan. Akhirnya, banyak pengguna pendingin ruangan langsung memacu temperatur pengatur suhu ke derajat paling dingin, misalnya 16 celsius.

Untuk mendinginkan seluruh ruangan dengan AC, perlu ketepatan menggunakan kapasitas AC yang sesuai dengan ruangan.Anda dapat melihat rumus untuk pemilihan pendingin ruangan dibawah ini ketika akan membeli pendingin ruangan.


Rumus Menghitung PK AC Yang Diperlukan Sesuai Ruangan


Gunakan rumus dibawah ini untuk menghitung berapa kapasitas AC yang diperlukan.

= Luas Ruangan Dalam m2 x 500
= Lebar x Panjang x 500

Kalkulasi ini berasumsi bahwa tinggi ruangan yang anda hendak pasang AC adalah tinggi standar yang ada di Indonesia yaitu yang pada umumnya 2.50 – 3 meter.

Perhitungan diatas ini juga tidak memperhitungkan jika untuk ruangan yang banyak orangnya atau ruangan yang sering buka-tutup jendela atau ruangan terbuka, karena hampir mustahil untuk memperhitungkan jika banyak faktor yang berbeda-beda.

Rumus diatas akan menghasilkan angka dalam satuan Btu. Angka tersebut perlu untuk dicocokan dengan kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan dalam satuan Btu/h yang biasa ada di setiap AC. Orang lebih awam menggunakan satuan PK dalam menentukan AC sehingga disini ditampilkan bagan untuk membantu anda mengkonversi berapa PK yang anda butuhkan.

  1. 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
  2. 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
  3. 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
  4. 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
  5. 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)


Cara Mengatur Suhu AC Sesuai Kebutuhan

Mengatur suhu AC sesuai kebutuhan yang sesuai untuk mendinginkan ruangan, perlu memahami seberapa luas ruangan rumah tangga. Beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk melakukan hal dalam mendapatkan temperatur yang sesuai, adalah membiarkan setting dari pabrik. Gunakan suhu standar tersebut untuk mendinginkan ruangan anda. Jika dalam waktu 2 jam, suhu yang diberikan AC tidak sesuai, anda dapat membuat dingin dengan menurunkan suhu sedikit dan lakukan adaptasi kembali. Lakukan penyesuaian bertahap untuk mendapatkan setting yang tepat, selain dapat menghemat biaya pemakaian listrik, juga akan membuat usia pakai AC lebih panjang.

Untuk menghasilkan suhu ruangan super nyaman, ada baiknya Anda berinvestasi pada AC berkualitas. Misalnya pada Samsung Triangle Design yang memiliki fitur Fast Cool sehingga dengan seketika rumah Anda akan terasa dingin.

Selain itu, terdapat pula fitur Comfort Cool yang berfungsi mempertahankan suhu ideal ruangan Anda dalam waktu lama, sehingga Anda tak perlu repot lagi mengubah pengaturan suhu terlalu sering.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar