Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 07 Juni 2018

Cara Mengatasi Sumber Masalah dalam Rumah Tangga

Cara Mengatasi Sumber Masalah dalam Rumah Tangga - Pilihan hidup ketika seorang memutuskan akan menikah, tentu didasari banyak pertimbangan dan kecocokan dengan pasangannya. Namun sejatinya dalam hidup rumah tangga, sangat jarang menemukan rumah tangga yang damai tanpa masalah sama sekali. Sumber masalah yang kerap terjadi dalam rumah tangga. secara umum adalah masalah yang banyak melanda pada pasangan muda dan yang sudah berumur juga.

Beberapa sumber masalah dalam rumah tangga seperti dilansir laman  Lovepanky 




1. Komunikasi tidak lancar

Komunikasi yang tidak lancar adalah penyebab utama mengapa banyak rumah tangga sering cekcok. Alasan kesibukan yang membuat tiap orang menjadi lelah dan malas bicara, banyak terjadi pada rumah tangga yang mementingkan pekerjaan, karir dan jenjang pendidikan. Untuk mengatasi tersumbat komunikasi, jangan membiarkan terlalu lama. Komunikasi yang hambar akan membuat suasana menjadi tidak nyaman ketika akan berkomunikasi. Selalu berupaya meluangkan waktu untuk berkomunikasi meskipun beberapa menit. Ambil kesepakatan bersama untuk peraturan dalam rumah tangga seperti bagaimana sebaiknya saling bicara dan kesepakatan bersama lainnya. Hindari gangguan dan berikan fokus hanya pada pasangan, misalnya jangan berbicara tanpa melihat pasangan, sedangkan anda terfokus pada gawai atau sudut pandang lain.

2. Hubungan keintiman

Hubungan keintiman dengan pasangan banyak dialami oleh pasangan saat hidup dalam rumah tangga, seringkali menjadi manisfestasi berbagai masalah dalam perkawinan. Ketika kehidupan dalam rumah tangga mulai berkurang dalam hubungan keintiman, secara tidak langsung dapat menjadi penyebab pertengkaran yang tanpa disadari.  Bereksperimen saat melakukan hubungan keintiman akan memberi perekat kuat masing-masing pribadi dalam menjaga rumah tangga tetap sehat.

3. Pembagian tugas

Kekacauan dalam pembagian tugas biasa terjadi pada rumah tangga yang bekerja. Kedua pasangan yang bekerja dengan target dan tanggung jawab di rumah seperti mengurus anak dan lainnya. Bekerjanya kedua pasangan rumah tangga ini, tentu bukan sesuatu yang salah jika memperhatikan tingginya biaya hidup dan kebutuhan terbaik yang ingin didapatkan. Masalah pembagian tugas di rumah tangga sangat perlu disepakati bersama, agar anak yang di didik tidak terabaikan dalam kasih sayang dan juga dapat berjalannya aturan dalam rumah tangga yang sehat.

4. Keuangan

Mengatur keuangan dalam rumah tangga tentu berbeda jika digunakan untuk diri sendiri. Ada banyak kebutuhan yang perlu disiapkan dan di pisahkan untuk membiayai hidup sehari-hari. Tidak mampu mengelola keuangan dapat menjadi masalah besar bagi rumah tangga. Untuk mengatasi sumber masalah karena keuangan, anda perlu mencari waktu yang baik untuk bicara dengan pasangan. Buatlah perencanaan pengeluaran yang disepakati dan kemauan untuk mengubah kebiasaan yang berakibat pada pengeluaran yang tidak diketahui. Pemakaian uang yang efektif, tidak hanya menyelesaikan pertengkaran, terlebih dari itu kondisi keuangan akan jelas dan memberi manfaat dengan bertambahnya saldo tabungan anda.

5. Perasaan dimanfaatkan

Ada kalanya di tengah-tengah kehidupan rumah tangga yang penuh tuntutan, pasangan saling melupakan akan kebutuhan masing-masing. Kehidupan perkawinan tidak selalu indah dan menyenangkan seperti saat di awal Anda menjadi pasangan suami istri. Pertengkaran, perjuangan dan perbedaan dapat membuat perkawinan terasa tak lagi indah.
Hal ini tentu saja harus dibicarakan agar Anda dan pasangan mengetahui perasaan masing-masing. Tak ada salahnya melakukan kegiatan yang biasa Anda lakukan saat masih berpacaran untuk mengembalikan romansa dalam hubungan Anda. Jangan pelit memberi pujian dan hargai usaha apapun yang pasangan lakukan, meskipun hanya hal kecil. Siapkan waktu untuk berkencan dan menghabiskan waktu bersama.

6. Perasaan sakit hati yang disimpan

Menyimpan dendam dan rasa sakit hati adalah cara yang kurang baik untuk menyelesaikan masalah dalam rumah tangga. Dendam dan sakit hati yang dibiarkan dan menumpuk, secara tidak langsung dapat membuat anda stres hingga menjadi depresi. Lakukan komunikasi terbuka dengan pasangan tentang hal-hal yang jangan dilakukan, sehingga pasangan anda dapat mengetahui bahwa hal tersebut salah karena dapat melukai anda. Beri penjelasan logis dan tidak untuk menang sendiri.


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar