Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 11 Juni 2018

Cara Mengamankan Rumah Kosong Saat Ditinggal Mudik

Cara Mengamankan Rumah Kosong Saat Ditinggal Mudik - Nuansa mudik menjelang lebaran sudah terasa, beberapa orang dengan persiapan rencana untuk mudik telah melakukan banyak antisipasi agar perjalanan nyaman dan aman. Silaturahmi dengan keluarga dan sanak-saudara di kampung halaman bagi perantauan yang berada di lain propinsi atau negara rasanya memang berbeda. Ketika anda berangkat mudik, secara umum akan memboyong semua anggota keluarga, bahkan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong tanpa penghuni. Seperti yang kita ketahui, rumah tanpa penjaga dan memiliki banyak aset harta cukup rawan ditinggal dalam waktu lama, terlebih banyak orang tahu situasi mudik saat lebaran. Ada beberapa cara untuk mengamankan rumah kosong saat ditinggal mudik, hal ini agar anda lebih nyaman ketika melakukan perjalanan.
Sumber matahari.com

Cara mengamankan rumah kosong saat ditinggal mudik menjadi penting untuk menjaga keamanan rumah dan harta anda. Beberapa upaya yang dapat dilakukan mengurangi resiko kecurian atau kerugian lainnya.


1. Lapor RT, RW dan Satpam Setempat

Sumber cermati.com
Ketika anda akan berangkat mudik, cara mengamankan rumah kosong saat ditinggal mudik adalah memberitahu kepada Ketua RT, RW dan satpam sekitar lingkungan perumahan bahwa anda dan sekeluarga akan mudik meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Dengan melakukan laporan pada RT dan RW serta satpam di lingkungan perumahan, minimal mampu mengawasi rumah anda untuk mengamankan rumah kosong saat ditinggal mudik, sehingga yang mencurigakan di sekitar rumah dapat dilakukan pencegahan. Jangan sungkan meminta tolong kepada RT, RW atau satpam. Jika meminta tolong dengan baik dan sopan, maka mereka akan menerima pertolongan Anda dengan baik juga. Dan jangan lupa untuk membawa oleh-oleh sebagai bentuk terima kasih kepada mereka ketika pulang dari kampung halaman.

2. Minta Bantuan Tetangga untuk Memeriksa Rumah Secara Berkala

Seandainya ketua RT dan RW juga melakukan mudik, alternatif lain yang bisa anda lakukan adalah bicara dengan tetangga terdekat. Terlebih jika memang tetangga tidak melakukan mudik, hal ini dapat menjadi cara mengamankan rumah kosong saat ditinggal mudik. Oleh karena itu, hubungan baik dengan tetangga sekitar rumah perlu kita jaga dengan baik. Jangan lupa untuk memberikan nomor telepon yang dapat dihubungi, agar mereka lebih mudah menghubungi anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun jangan lupa bawakan oleh-oleh dari kampung halaman sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada mereka.

3. Cabut Aliran Gas dan Listrik yang Tidak Perlu

Sumber sbelen.wordpress.com
Selain antisipasi gangguan pencurian, anda perlu memperhatikan listrik yang diperlukan dan yang tidak diperlukan. Kebakaran rumah kosong merupakan kejadian yang dapat muncul saat rumah kosong ditinggal mudik. Hindari penyebab bahaya kebakaran rumah kosong dari rumah anda yang tidak diawasi, matikan semua aliran listrik, alat-alat elektronik, yang tidak diperlukan dengan mencabut semua sambungan kabelnya seperti: komputer, televisi, radio, pompa air, dispenser, AC dan alat elektronik lainnya yang dapat menimbulkan korsleting.
Jika lemari es dimungkinkan untuk dikosongkan, keluarkan semua bahan makanan dan minuman untuk menghindari bahaya kebakaran bersumber dari kulkas dan cabut juga aliran listriknya. Lakukan pemeriksaan lain seperti kompor gas dengan mencabut regulator yang terhubung dengan kompor, hal ini untuk mencegah jika kabel regulator yang kotor digigit tikus dan menimbulkan kebocoran tanpa terdeteksi.

4. Kosongkan Tempat Penampungan Air dan Bersihkan Rumah

Bagian lain yang perlu mendapat perhatian adalah penampungan air. Lakukan pengosongan untuk bak mandi, ember atau tempat penampungan air lainnya, untuk menghindari sebagai tempat bersarangnya penyakit. Jika harus tetap terisi karena ada hewan peliharaan seperti ikan atau hewan lainnya, maka tutup dengan rapat atau melubanginya supaya sirkulasi udara dapat berputar. Jika memungkinkan dan tidak berbahaya untuk hewan peliharaan,  taburi bubuk abate untuk mencegah rumah menjadi sarang nyamuk demam berdarah. Membersihkan seluruh bagian rumah, terutama sampah organik untuk mencegah hewan kotor datang, seperti semut, kecoak dan hewan kecil lainnya.

5. Amankan Barang-barang yang Berharga

Jika memungkinkan, anda dapat menitipkan barang berharga pada orang yang dipercaya atau menggunakan jasa brankas bank untuk menyimpan surat dan barang berharga. Beberapa cara lain untuk mengamankan rumah kosong saat ditinggal mudik adalah simpan barang berharga di tempat yang sulit di jangkau atau tempat yang tidak menjadi tempat penyimpanan benda berharga yang semestinya. Misalnya saja, menyimpan perhiasan di kaus kaki, kemudian masukkan kaus kaki tersebut ke dalam sepatu. Dengan begitu, tidak ada orang satupun yang mengira. Jika memiliki hewan peliharaan yang sangat berharga, sebaiknya titipkan ke tempat yang sudah terpercaya.

6. Pastikan Semua Pintu, Jendela dan Pagar Tertutup Rapat dan Terkunci

Ketika persiapan untuk mengamankan rumah kosong saat ditinggal mudik sudah beres, sebelum anda berangkat mudik untuk memeriksa kembali kondisi rumah, apakah sudah aman untuk ditinggalkan atau belum. Lakukan dengan teliti dan periksa semua bagian rumah terutama akses masuk rumah, seperti: pintu, jendela dan pagar. Pastikan semuanya sudah tertutup rapat dan terkunci dengan baik Cara mengamankan rumah kosong saat ditinggal mudik. Untuk menambah keamanan rumah, anda dapat menggunakan gembok yang dapat berbunyi, seperti: gembok alarm anti-maling. Gembok tersebut akan mengeluarkan bunyi nyaring saat dibuka secara paksa. Sehingga jika ada yang membobol rumah secara paksa, maka bunyi gembok alarm akan menarik perhatian tetangga sekitar dan membuat pencuri yang berusaha masuk ke rumah mengurungkan niatnya.

7. Pasang CCTV yang Dapat Dipantau Melalui Internet

Sumber cctvcamerapros.com
Memasang CCTV pada rumah sangat penting untuk membuat anda nyaman saat meninggalkan dalam kondisi kosong. CCTV yang banyak dipasarkan, punya beragam harga yang sesuai dengan kantong. Pasang kamera pengintai di beberapa sudut rumah, seperti: pintu masuk, pagar depan dan belakang rumah yang biasanya menjadi akses untuk masuk ke rumah. Jika anda menginginkan lebih baik, CCTV saat ini sudah mampu terhubung dengan smartphone, sehingga anda dapat melihat kondisi rumah. Cara ini pun terbilang efektif untuk mengamankan rumah kosong saat ditinggal mudik.

8. Jangan Tunjukkan Bahwa Rumah Sedang Kosong

Rumah yang kosong sangat mudah dikenali oleh orang. Hindari mengundang perhatian para pencuri dengan menunjukkan bahwa rumah sedang dalam keadaan kosong. Buat seolah-olah ada kegiatan di rumah, misalnya meletakkan beberapa sandal dan sepatu di depan pintu. Untuk penerangan lampu bagian luar, anda dapat menggunakan deteksi sinar untuk menyalakan lampu. Alat deteksi sinar ini bekerja menyalakan lampu ketika suasana sudah gelap, dan automatik mematikan lampu ketika suasana sudah terang.

9. Berhati-hatilah Ketika Bercerita Tentang Perjalanan Mudik

Kegiatan mudik ketika meninggalkan rumah kosong sangat rawan ketika anda memberitahu kepada orang lain, seperti media sosial. Sebaiknya jangan posting di media sosial untuk mengatakan secara halus bahwa anda melakukan mudik. Bila hal tersebut dilakukan, maka memberikan kesempatan orang jahat untuk melakukan pencurian. Selain itu berhati-hatilah dalam bercerita kepada lingkungan sekitar dan tempat kerja mengenai rencana melakukan mudik. Bukan berarti Anda mencurigai semua orang, namun bersikap hati-hati dan bijaksana akan lebih baik. Sebab siapapun memiliki potensi untuk menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Bayar Orang Sebagai Penjaga Rumah Sementara

Agar cara mengamankan rumah kosong saat ditinggal mudik membuat anda nyaman, dapat juga membayar orang  untuk menjaga rumah saat anda sekeluarga pergi mudik. Selain menjaga rumah agar tetap aman, anda juga bisa memintanya membersihkan rumah walau tidak secara menyeluruh. Sehingga tidak perlu khawatir lagi akan keamanan dan kebersihan rumah. Cari dan pilih orang yang anda percayai untuk menjaga rumah anda.

Jangan lupa berdoa sebelum berangkat, mudik yang nyaman dan aman menjadi harapan kita semua disamping dapat mengamankan rumah kosong saat ditinggal mudik.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar