Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 23 Juni 2018

Cara Mencegah Uban Dengan Makanan Yang Tepat

Uban adalah tanda pertumbuhan rambut baru akibat kurangnya kandungan zat pewarna hitam pada rambut. Proses pertumbuhan rambut menjadi putih dipengaruhi banyak sebab, seperti kadar melanin dan cara hidup yang tidak sehat. Sering dalam anggapan orang menyebutkan, terjadinya uban di kepala karena perubahan warna hitam rambut menjadi putih, faktanya melamin adalah bagian penting dalam proses muncul rambut normal berwarna hitam.
Ilustrasi Rambut uban muncul karena melamin yang berkurang (ceritamedan.com)

Proses bertambahnya umur seseorang yang pada puncaknya, akan menurunkan kadar melanin rambut. Biasanya ketika semakin sedikit sel-sel pigmen dalam folikel rambut, maka rambut baru yang selanjutnya tumbuh akan jadi berwarna keabu-abuan atau perak. Semakin bertambah usia, maka akan semakin banyak sel pigmen rambut yang mati sehingga melanin yang diproduksi juga lebih sedikit. Pada akhirnya, rambut uban akan menjadi putih seluruhnya.

Uban umumnya mulai terlihat pada mereka yang mulai masuk umur 30 tahun dan pada akhirnya akan menjadi berwarna putih secara keseluruhan menjelang usia 50 tahun. Namun, bagaimana dengan generasi saat ini yang belum berusia 30 tahun dan mulai muncul uban ?

Penyebab Uban Muncul Pada Usia Kurang Dari 30 Tahun




Bertumbuhnya rambut uban Selain umur, tidak jarang terdapat anak muda yang mulai tumbuh rambut putih, dipercaya dalam munculnya tersebut dipengaruhi oleh genetik orangtua. Jika ada riwayat uban prematur pada silsilah keluarga, maka Anda juga berisiko mengalami hal yang sama.

Selain itu, munculnya uban dapat disebabkan kerusakan rambut akibat paparan lingkungan, seperti paparan dengan udara, air, bahan kimia, dan sinar matahari. Radiasi UV matahari dapat mengurangi jumlah pigmen melanin dan dapat memutihkan serat rambut. Reaksi melanin dengan asam akan menggelapkan warna rambut, sementara reaksi dengan basa dapat mencerahkan warna rambut.

Penyebab munculnya uban dalam situasi yang tidak normal dimungkinkan oleh masalah kesehatan seperti obesitas, anemia, gangguan metabolisme, penyakit tiroid, masalah kelenjar hipofisis, atau penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut, seperti alopecia atau vitiligo.

Sebuah studi menemukan bahwa stres bisa mempercepat munculnya rambut uban. Studi menemukan bahwa sel-sel yang memproduksi melanin akan hilang ketika terekspos oleh hormon-hormon penyebab stres, meskipun tidak akan membuat seluruh rambut Anda berubah menjadi putih.

Cara Mencegah Uban Dengan Makanan Yang Tepat


Munculnya uban tidak bisa dicegah, jika uban sebagai proses penuaan dan faktor genetik. Namun, Anda tetap bisa mencegah munculnya uban di usia muda yang disebabkan oleh gaya hidup. Jika Anda ingin mencegah munculnya uban di usia muda, Anda perlu memperhatikan gaya hidup Anda, yaitu dengan menghindari kebiasaan merokok, diet seimbang yang kaya akan antioksidan seperti salmon, sayuran hijau, kacang-kacangan.


Merubah kebiasaan buruk dalam gaya hidup dan meningkatkan makanan sehat yang dapat mencegah timbulnya uban. Mengutip laman Boldsky mengatakan, beberapa makanan yang perlu Anda konsumsi untuk membantu meningkatkan kandungan zat pewarna rambut sehat dan alami, diantaranya :

1. Sayuran berdaun hijau merupakan sumber Vitamin B6 dan B12, yang diperlukan untuk menjaga rambut tetap sehat.

2. Cokelat
Cokelat kaya akan tembaga. Tembaga dapat menghasilkan melanin di rambut Anda. Sel melanin bertanggung jawab untuk memproduksi warna, sehingga dapat mencegah munculnya uban.

3. Berries 
Berries, seperti stroberi, raspberry dan cranberry, memiliki kandungan Vitamin C yang berlimpah. Nutrisi ini tidak hanya meningkatkan kesehatan rambut, tetapi juga mencegah uban prematur.

4. Salmon 
Salmon dikenal sebagai makanan laut yang ampuh dalam melawan uban. Salmon merupakan sumber alami selenium, yang mengatur produksi hormon yang mempertahankan warna hitam dari rambut Anda.

5. Almond
Almond bukan hanya baik untuk kulit, tetapi juga rambut. Almond juga kaya akan Vitamin E dan tembaga, yang baik untuk merawat warna asli rambut.

6. Garam
Garam kaya akan yodium, yang membantu dalam mencegah rambut beruban. Anda dapat mengkonsumsi makanan kaya yodium seperti ikan, pisang dan wortel. Hati-hati, konsumsi garam berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

7. Biji bunga matahari atau kwaci
Biji bunga matahari memiliki kandungan mineral yang tinggi dan memainkan peran penting dalam menyehatkan fungsi tubuh. Mineral ini juga dipercaya dapat membantu memproduksi dan mempertahankan kandungan melanin.

8. Produk susu 
Produk olahan susu kaya akan vitamin B, Vitamin B6 dan B12 yang sangat penting untuk produksi sel darah merah. Nutrisi ini dapat mendorong pasokan oksigen dan nutrisi ke kulit kepala Anda.

Tumbuhnya rambut uban pada usia yang tidak normal dapat disebabkan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, oleh karena itu masih dapat dilakukan pencegahan dan dipulihkan secara sehat alami.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar