Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 13 Juni 2018

Cara Mencegah Ngantuk dengan Makanan Khusus

Gejala ngantuk  menjadi tanda bahwa anda kurang tidur yang cukup. Namun jika munculnya ngantuk di saat yang tidak tepat, seperti anda sedang mengendarai kendaraan, tentunya dapat memicu resiko kecelakaan lalu lintas. Penyebab kantuk yang disebabkan beberapa sebab selain kurang tidur, timbulnya keinginan mengantuk dimungkinkan jika anda terlalu lama berada di perjalanan dan tekanan stres akibat kemacetan.
Sumber wulingjakarta.com

Timbulnya keinginan tidur akibat mengantuk adalah satu resiko yang di diantisipasi, khususnya pengemudi kendaraan. Ketika rasa kantuk datang tanpa diundang, hal ini akan mengakibatkan pengemudi menjadi tidak fokus dan kewaspadaan mengemudi akan mengalami penurunan. Untuk menghindari ngantuk, ada beberapa tip yang perlu pengemudi tahu untuk membuat anda tetap waspada dan segar. Mengutip laman Huffington Post, berikut lima makanan yang cocok dijadikan teman mudik pengemudi, diantaranya :



1. Dark chocolate
Konsumsi Dark chocolate perlu menjadi pertimbangan pengemudi untuk mengusir rasa lelah dan kantuk. Kandungan Dark chocolate dengan kafein tinggi sangat penting meningkatkan kadar endorphin di dalam tubuh. Asupan endorphin berguna untuk mendorong energi sehingga tubuh tak mudah lelah dan mengantuk. Selain itu, kakao di dalam dark chocolate juga kaya akan kandungan phenylethylamine yang akan meningkatkan fokus serta meredakan stres akibat perjalanan jauh.

2. Jeruk
Buah jeruk adalah buah yang yang terkenal dengan vitamin C untuk tajamkan fokus pengemudi. Selain aroma yang khas dan segar, makan jeruk dapat memperkuat imunitas dan menghilangkan rasa kantuk akibat kelelahan.

3. Salmon
Salmon memang makanan yang banyak disarankan untuk kesehatan. Komposisi seimbang asupan asam lemak Omega 3, ketika pengemudi mulai merasakan ngantuk dapat dihilangkan dengan  konsumsi makanan salmon. Kaya dengan Omega 3 dan protein untuk menambah energi, kelebihan lain adalah membantu pembentukan otot dan jaringan tubuh.

4. Telur rebus
Telur rebus adalah makanan populer dan dikenal cepat saji ketika diperlukan. Dengan vitamin B yaitu choline berfungsi melancarkan sistem metabolisme, ketika pengemudi mulai mengantuk dan konsumsi telur rebus dapat membantu memaksimalkan fungsi saraf pusat sehingga otak akan tetap fokus selama perjalanan.

5. Kacang-kacangan
Sayuran kacang memiliki vitamin B yang sangat baik untuk menghilangkan rasa cepat lapar dan kekurangan karbohidrat. Jika anda mempunyai kreativitas dalam menyajikan menu kacang, makanan ini dapat menjadi camilan yang cocok untuk perjalanan mudik. Di dalam kacang-kacangan terkandung karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan energi tubuh selama perjalanan jauh.

Mengemudi kendaraan adalah sangat penting untuk tetap fokus dan waspada. Ketika anda sudah merasa mengantuk, disarankan untuk menepi di tempat yang aman dan segarkan tubuh dengan konsumsi makanan yang disarankan. Mengemudi yang aman tidak hanya penting untuk diri anda, namun juga untuk penumpang yang ikut dalam perjalanan bersama anda.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar