Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 13 Juni 2018

Cara Memilih Sepatu Olahraga Sesuai Kebutuhan

Kegiatan olahraga adalah cara yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari penyakit. Sayangnya, banyak diantara kita sering salah dalam memilih sepatu yang sesuai untuk olahraga, sehingga menimbulkan cidera seperti kaki lecet, sakit lutut, hingga sakit pinggang. Untuk memperoleh manfaat maksimal dan mencegah cedera, dibutuhkan sepatu olahraga yang tepat, sehingga anda terhindar dari ketidaksesuaian dengan aktivitas olahraga.
Sumber murahgrosir.com

Ketika anda bersiap memilih olahraga, sepatu adalah prioritas utama dalam mendukung kegiatan menjadi nyaman. Beberapa tip yang perlu anda ketahui memilih sepatu olahraga, diantaranya :

Pilih Sepatu Olahraga Yang Sesuai Kebutuhan


Aktivitas olahraga yang dilakukan lebih dari tiga kali dalam seminggu, membutuhkan sepatu khusus. Ada beberapa sepatu olahraga berfasarkan kategorinya, seperti sepatu untuk berjalan, sepatu untuk lari, dan sepatu untuk olahraga lapangan. Selain itu ada sepatu olahraga outdoor dan kegiatan olahraga khusus lainnya.

1. Sepatu Untuk Olahraga Lari

Sepatu yang anda gunakan untuk olahraga lari adalah pilihan yang fleksibel untuk mendukung kaki supaya nyaman ketika menekuk. Menggunakan sepatu jenis olahraga lari kurang cocok jika digunakan untuk olahraga yang membutuhkan gerakan ke samping.

2. Sepatu Untuk Olahraga Aerobik

Menggunakan sepatu aerobik sebagai olahraga yang sesuai adalah membutuhkan sepatu dengan tingkat fleksibel dalam menopang berat badan dan menjadi bantalan menyerap hentakan kaki. Pilih sepatu yang disarankan seperti tingkat keringanan.

3. Sepatu Untuk Olahraga Jalan

Menggunakan kegiatan olahraga jalan memerlukan sepatu yang berfungsi mengurangi rasa nyeri pada tumit dan mata kaki. Pilihlah sepatu yang ringan, namun mampu meredam benturan pada bagian tumit kaki. Sepatu untuk berjalan sebaiknya lebih kaku di bagian depan agar jari kaki lebih nyaman. Pilih sepatu jenis bahan kulit premium dan ban sepatu yang elastis, supaya tumit kaki nyaman dan terhindar dari lecet.

4. Sepatu Untuk Olahraga Tenis Dan Squash

Pada aktivitas olahraga yang menggunakan raket, Anda sebaiknya menggunakan sepatu khusus yang dapat mendukung gerakan ke samping. Untuk itu, sepatu jenis ini biasanya lebih kaku dan berat dibandingkan sepatu lari.

5. Sepatu Untuk Olahraga Basket dan Olahraga Bola Jaring Lainnya
Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari fungsi sepatu pada permainan basket atau olahraga bola jaring lainnya, diperlukan sepatu yang memiliki kombinasi fleksibilitas sekaligus mendukung gerakan ke samping.

6. Sepatu Untuk Olahraga Cross Trainers
Sepatu yang digunakan untuk olahraga cross trainers memadukan beberapa fungsi secara sekaligus agar dapat dimanfaatkan lebih dari satu aktivitas olahraga. Fitur-fiturnya harus memiliki fleksibilitas pada bagian depan kaki guna berlari, namun juga harus memiliki kendali yang baik untuk gerakan yang lebih lebar seperti pada aerobik atau tenis.

Memilih sepatu untuk olahraga yang tepat memang perlu sesuai dengan kebutuhannya, walaupun ada beberapa jenis sepatu yang bisa digunakan berbagai kondisi ataupun kegiatan. Namun yang paling penting dalam hal memilih sepatu adalah dari tingkat kenyamanan.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar