Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 25 Juni 2018

Cara Memilih asuransi Pendidikan untuk Anak

Memilih asuransi Pendidikan yang tepat untuk Anak Perlu Memperhatikan Beberapa syarat

Saat Anda berkeluarga dan memiliki anak, pernahkah Anda memikirkan pendidikan yang akan anak jalani ? mulai berpikir untuk jangka panjang dalam antisipasi adalah hal yang sangat baik untuk menjamin pendidikan anak hingga berjalan maksimal. Cara memilih asuransi pendidikan untuk anak yang tepat memerlukan perhatian ketika Anda menjadi orang tua yang perduli pada masa depan mereka.

Dalam keluarga yang telah dikaruniakan anak, memikirkan pendidikan terbaik untuk buah hati akan memberikan jaminan pada perjalanan masa depannya. Seperti yang banyak kita ketahui, asuransi pendidikan anak secara tidak langsung telah membantu Anda memberikan keamanan dana pendidikan anak.

Cara Memilih asuransi Pendidikan untuk Anak


Secara umum, pengertian asuransi pendidikan anak adalah sebuah bentuk perlindungan yang diberikan sebagai jaminan dana yang dimanfaatkan untuk pendidikan anak dengan asuransi secara khusus. Dikatakan secara khusus dalam asuransi pendidikan untuk anak karena berfungsi dasar jika terjadi risiko pencari nafkah keluarga dengan akibat terhentinya pendapatan keluarga terganggu atau berhenti (sesuai perjanjian yang disepakati dengan perusahaan asuransi). Misalnya , spencari penghasilan sakit kritis dan meninggal dunia, maka pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang pertanggungan yang dapat digunakan untuk dana pendidikan anak. Karena walau bagaimanapun, sang anak harus tetap melanjutkan pendidikannya.

Jenis Asuransi Pendidikan Anak Yang Tersedia


Jenis dan macam-macam asuransi pendidikan untuk anak dapat berbeda antara satu perusahaan dengan yang lainnya. Dalam perkembangan dunia asuransi, ada banyak produk yang beredar di masyarakat. Anda perlu memahami dengan jelas segala manfaat dan resiko yang tertanggung dalam perjanjian asuransi untuk anak. Umumnya beberapa pilihan asuransi pendidikan anak adalah :

1. Asuransi Pendidikan Dwiguna
Asuransi pendidikan dwiguna adalah multi dalam penjaminan dana untuk anak dalam mendapatkan pendidikan selanjutnya. Penawaran asuransi pendidikan dwiguna antara lain penggabungan produk asuransi bersama dan tabungan. Tabungan yang ada di dalamnya dijamin. Asuransi pendidikan dwiguna dapat memberikan perlindungan untuk dana pendidikan anak jika terjadi risiko, serta tabungan dapat digunakan sebagai dana pendidikan anak jika tidak terjadi risiko. Anda harus tahu dengan benar jika menggunakan asuransi pendidikan dwiwarna, karena total tabungan yang dijaminkan tidak memberikan hasil yang besar.



2. Asuransi Unitlink
Asuransi unitlink adalah jenis asuransi yang terdapat jaminan pendidikan anak dan investasi di dalam satu produk asuransi. Investasi yang terdapat dalam unitlink tidak dijamin dan digunakan juga untuk membayar biaya asuransi yang ada. Karena hasil investasi yang terdapat di dalam asuransi pendidikan unitlink tidak dijamin, maka ada kemungkinan investasi tersebut mengalami kerugian, apalagi dikurangi dengan biaya-biaya yang ada. Oleh karena itu, sering sekali nasabah yang menabung tidak mendapatkan nilai tunai yang diinginkan. Tetapi karena ini termasuk investasi, maka ada kemungkinan juga bahwa keuntungannya diatas rata-rata. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan asuransi jenis ini baik atau tidak untuk Anda.

3 Asuransi Berjangka (Term Life)
Asuransi berjangka atau biasa dikenal term life berbeda dengan asuransi pendidikan dwiguna dan unitlink, perbedaan utama asuransi berjangka adalah sejenis asuransi tradisional dimana tidak ada unsur tabungan atau investasi sama sekali. Biasanya term life digunakan hanya dalam jangka waktu dimana orangtua sedang mempersiapkan dana pendidikan anak mereka.

Orangtua juga harus mempersiapkan seluruh dana pendidikannya dengan menggunakan instrumen investasi lainnya. Asuransi berjangka hanya untuk melindungi dana pendidikan anak apabila terjadi risiko meninggal dunia kepada si tertanggung, yang biasanya adalah si pencari nafkah.

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak Yang Tepat

Dalam memilih asuransi pendidikan anak ketika menjadi orang tua, tentu dipertimbangkan banyak faktor internal dan eksternal. Namun beberapa dasar yang perlu Anda ketahui dalam memilih asuransi pendidikan untuk anak yang tepat perlu memperhatikan beberapa hal berikut :


1. Hitung Dana Pendidikan Anak Yang Anda Butuhkan Secara Umum
Hal penting ketika Anda sedang kebingungan untuk memilih jenis asuransi, ada baiknya Anda memperhatikan pada tingkat pendidikan yang akan dijalani anak. Misalnya mulai mencari keterangan tempat akan menyekolahkan anak, biaya pendidikan anak yang dibutuhkan, juga mengetahui seberapa besar kenaikan biaya pendidikan dalam hitungan tahun dapat memudahkan Anda memperoleh gambaran dana yang dibutuhkan.

Melakukan perencanaan pendidikan untuk anak dalam mencari asuransi yang sesuai dapat dimulai dari tempat pendidikan, hitung besar biaya total yang dibutuhkan dan berapa besar dana yang harus di tabung dari sekarang untuk menyiapkan dana tersebut di masa depan. Anda harus menuliskan semua hal tersebut.

2. Menjadwalkan Anggaran Keuangan
Setelah selesai melakukan rencana yang dibutuhkan untuk dana pendidikan anak, Anda harus menjadwalkan secara benar tentang anggaran keuangan. Dari perencanaan dana pendidikan anak , Anda sudah dapat memprediksi besaran dana dalam jumlah yang seharusnya di tabung setiap bulan.

Besarnya uang pertanggungan asuransi pendidikan adalah sama dengan besarnya seluruh kebutuhan dana pendidikan anak Anda, sehingga ketika terjadi risiko, anak Anda tetap dapat melanjutkan pendidikannya. Dalam hal ini, Anda harus memprioritaskan 2 hal, yang pertama ada investasi untuk dana pendidikan dan yang kedua ada asuransi pendidikan anak Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengevaluasi anggaran keuangan Anda, sehingga Anda mendapatkan sejumlah dana yang dapat diprioritaskan untuk membeli asuransi pendidikan anak.

3. Pilih Perencanaan Asuransi Pendidikan Anak Yang Sesuai
Masuk pada tahap pemilihan asuransi pendidikan untuk anak, tentunya sudah dapat diketahui dana yang diperlukan untuk menjamin pendidikannya, selain itu Anda perlu melakukan pemisahan keuangan untuk kelancaran pembayaran premi asuransi pendidikan anak.

Hal Penting Ketika Membeli Asuransi Pendidikan Untuk Anda


Sebelum Anda memutuskan pilihan membeli premi asuransi pendidikan untuk anak, beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebagai referensi tambahan, antara lain mempertimbangkan fasilitas, manfaat, dan kekurangan dari setiap pilihan perusahaan asuransi. Hal lain dalam memilih asuransi yang perlu Anda ketahui seperti :

  1. Pastikan bahwa premi yang sesuai dengan kemampuan finansial
  2. Pastikan bahwa Anda mengetahui isi proposal atau penawaran asuransi .
  3. Pastikan program yang ditawarkan sesuai dengan manfaat yang dijanjikan
  4. Pastikan pilihan asuransi tambahan (rider) yang ada yang dapat digunakan



Dalam produk asuransi pendidikan untuk anak, tentunya punya kelebihan dan kekurangan. Jika Anda dapat memilih jenis asuransi yang sesuai, maka resiko yang menjadi penghalang anak melanjutkan pendidikan dapat teratasi.


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar