Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 03 Juni 2018

Cara Membersihkan Keyboard Komputer

Keyboard mouse dan aksesori komputer sering menjadi kotor setelah pemakaian cukup lama. Terlebih keyboard dengan posisi bagian atas yang mudah kemasukan kotoran ketika bekerja sambil makan camilan. Keyboard komputer yang telah kotor dengan serpihan dan sampah didalamnya, akan menghalangi respon dan cukup menganggu jika tidak dibersihkan.

Menjaga kebersihan tidak hanya untuk tubuh, komputer pun memerlukan waktu untuk dibersihkan.  Membersihkan mouse lebih mudah karena bentuk mouse tertutup rapat., anda perlu membersihkan bagian bawah yang bersentuhan dengan permukaan meja atau alasnya. Untuk membersihkan keyboard, sering orang memperlakukan sama seperti membersihkan mouse, padahal bukan begitu caranya. Membersihkan keyboard komputer perlu membongkar dan melepas tuts. Bagian dalam keyboard merupakan penampung sisa makanan yang jatuh tanpa kita sadari.

Pertama, lepas semua tuts keyboard yang ada di permukaan. Langkah mencopot tuts cukup mudah, hanya memerlukan beberapa detik. Ketika anda sudah paham cara melepaskan tuts keyboard, bisa menuju step berikut.  Tuts keyboard yang akan di lepas, anda perlu menahan bagian bawah tuts dengan ibu jari dan tarik bagian atas dengan jari telunjuk. Masing-masing keyboard memiliki kunci yang berbeda-beda, namun intinya, Anda hanya perlu menariknya.
 
Tak perlu khawatir tuts akan rusak karena tuts keyboard memang didesain untuk bisa dilepas. Jika terasa keras untuk ditarik, itu berarti keyboard belum pernah dibersihkan. Jadi jangan ragu untuk melepasnya sekeras apapun itu. Khusus untuk tombol + dan Enter pada numerik keys, Anda harus melakukannya dengan menarik bagian kanan karena posisi kunci pengait berbeda dengan tuts yang lebih kecil.

Tombol spasi agak sulit untuk dilepas dan juga dipasang jadi saya merekomendasikan Anda untuk membiarkannya tetap terpasang. Tanpa perlu melepas tuts spasi pun, semua bagian keyboard sudah terbuka dan bisa dibersihkan.
Mulailah untuk membersihkan papan keyboard dengan sikat. Akan lebih baik jika Anda memegang dan menyikat papan tersebut dalam keadaan terbalik sehingga kotoran tidak masuk ke bagian dalam melalui lubang tuts. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian belakang dan juga kabelnya.
Setelah selesai dengan bagian papan, bersihkan tuts satu per satu dengan lap dan cairan pembersih. Perhatikan sisi-sisi tuts karena bagian ini adalah bagian yang paling jarang tersentuh namun debu yang menempel bisa jadi cukup tebal.
 
Setelah semua selesai dibersihkan, pasang kembali tuts sesuai dengan lokasinya. Proses pemasangan tuts ini tidak memerlukan cara khusus. Tinggal tekan tuts ke tempatnya hingga terkunci kembali dan keyboard Anda pun kembali bersih seperti baru.
Mudah bukan? Lakukan pembersihan seperti ini secara rutin setiap bulan untuk menghindari tuts yang macet dan tampilan keyboard yang kumal. Perlu diingat, tips ini tidak berlaku untuk keyboard notebook.
Sumber : yangcanggih.com

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar