Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 21 Juni 2018

Cara Efektif Mengusir Lalat Yang Terbukti Ampuh

Lalat adalah jenis serangga yang berasal dari subordo Cyclorrapha ordo Diptera yang dikenal salah satu serangga yang menular penyakit terhadap manusia dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Cara efektif mengusir lalat yang sering dijumpai dalam rumah dan lingkungan karena hewan yang sensitif terhadap aroma tertentu, sehingga lalat menjauh.

Penularan Penyakit Akibat Lalat


Penyebaran penyakit yang muncul akibat datangnya lalat sangat beragam, meski hewan serangga lalat bukan sumber yang menghasilkan penyakit, penularan penyakit akibat lalat sebagai pengantar kuman penyakit lewat kotoran dan sampah yang didatangi.

Jenis lalat yang sering menjadi sumber penyaluran penyakit seperti lalat rumah,, lalat hijau, lalat biru, dan lalat latirine. Habitat empat serangga banyak dijumpai di tempat-tempat yang terdapat sampah basah hasil rumah tangga, terutama yang kaya zat-zat organik yang sedang membusuk.


Dari sampah dan sisa makanan yang busuk, bermacam-macam mikro-organisme penyebab penyakit menempel di kaki lalat dan rambut-rambut halus di tubuhnya. Umumnya gangguan penyakit akibat lalat berhubungan dengan saluran pencernaan. Perpindahan kuman dan mikro-organisme dari lalat ke dalam tubuh manusia terjadi secara mekanis, ketika lalat dari tempat kotor hinggap di makanan dan membuat makanan terkontaminasi. Mikro-organisme pada makanan akan berpindah dalam tubuh yang makan makanan tersebut.
Sumber bloggermalam.blogspot.com


Penyakit-penyakit yang Ditularkan Melalui Lalat 


1. Estamoeba dysenteriae
Entamorba hestolyca adalah Organisme yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia, kucing, anjing dan babi. Pengantar penyebaran penyakit lewat lalat rumah dan hewan kecoak. Makanan dan minuman yang tertular akan menimbulkan gejala sering buang air besar, feses dengan keluhan lendir dan darah, rasa sakit perut (kram perut).

2. Penyakit kala-azhar
Penyakit kala-azhar adalah penyakit yang disebabkan oleh Golongan protozoa yaitu laishmania donovani. Penyebaran utama melalui lalat penghisap darah pheblotomus sp. Gejala yang muncul akibat penyakit kala-azhar antara lain; demam tinggi, menggigil, muntah-muntah. Dalam stadium lanjut akan mengakibatkan tubuh kurus dan pembengkakan, segera melakukan konsultasi dengan dokter dan tenaga ahli untuk pengobatan agar resiko kematian dapat dicegah.

3. Penyakit leishmaniasis
Penyakit leishmaniasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh Golongan protozoa yaitu laishmania tropica. Penyebaran penyakit melalui lalat penghisap darah pheblotomuss. Gejala dan ciri-ciri penyakit leishmaniasis bersarang dalam tubuh adalah kulit yang digigit akan tertutup kerak dan keluarnya exudate lengket serta terjadi kerusakan jaringan.

4. Penyakit mucocutaneus
Penyakit mucocutaneus merupakan penyakit yang disebabkan oleh golongan protozoa yaitu laishmania braziliensis. Serangga penyebar penyakit ini adalah lalat penghisap darah pheblotomus sp. Gejala yang dirasakan seperti warna merah pada tempat gigitan dan terjadinya perubahan bentuk pada permukaan yang digigit.

5. Sleeping sickness (penyakit tidur)
Sleeping sickness merupakan penyakit yang disebabkan oleh golongan protozoa trypanosoma gambiense. Lalat glossina sp yang menyebarkan kuman dapat membuat gejala rasa gatal pada tempat gigitan dan diikuti demam, sakit kepala, menggigil dan kehilangan nafsu makan. Jika penyebaran kuman tidak mendapat pengobatan, penderita akan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, lever, sakit kepala, sakit sendi-sendi, dan ruam di kulit.

6. Penyakit onchocerca volvulus
Penyakit ini disebabkan oleh Cacing onchocerca volvulus. Lalat penghisap darah (simulum sp) akan membuat peradangan pada tempat gigitan dan diikuti dengan adanya tonjolan. Perkembangan nodula sangat lambat dan dalam waktu 3-4 tahun hanya mencapai ukuran 2-3 cm. Bila infeksi tonjolan mengenai mata menyebabkan kebutaan.

7. Calabar (calabar swelling)
Penyakit calabar (calabar swelling). Merupakan penyakit yang sebabkan oleh cacing loa-loa. Lalat tabanid genus chrysops yang menggigit akan menyebabkan pembengkakan jaringan sehingga terjadi benjolan sebesar telur ayam.

8. Penyakit typhus.
Lalat yang hinggap di tempat kotor lalu di makanan akan menyebarkan penyakit seperti diare, disentri, iritasi konjungtiva. Umumnya lalat ini membawa bakteri salmonella, anthrax dan tuberculosis.

Langkah Pencegah Lalat Agar Tidak Masuk


Lalat yang datang maupun berkerumun dalam jumlah banyak perlu di antisipasi agar tidak menularkan penyakit pada manusia. Beberapa cara yang cukup efektif untuk mencegah lalat datang antara lain :
Sumber okezone.com

1. Bersihkan lantai secara berkala.
2. Cuci bersih semua peralatan masak dan peralatan makan setiap kali makan.
3. Pastikan semua makanan dan tempat sampah dalam keadaan tertutup sehingga lalat tidak dapat hinggap.
4. Gunakan tirai untuk menutupi makanan agar lalat tidak hinggap.

Cara Efektif Mengusir Lalat Yang Terbukti Ampuh

Cara yang efektif untuk mengusir lalat dan terbukti ampuh dapat menggunakan bahan sehat dan alami, antara lain :

1. Peras jeruk nipis kombinasi cengkeh
Caranya yaitu, peras jeruk nipis dan bubuk cengkeh, gunakan campuran jeruk nipis dan cengkeh saat mencuci peralatan masak dan peralatan makan. Letakkan potongan jeruk nipis dengan batang cengkeh di tengah potongan tersebut di sekitar makanan Anda. Ganti potongan ini setiap hari.

2. Menggunakan Larutan Garam
Caranya yaitu campurkan larutan garam pada saat mencuci peralatan masak dan peralatan makan. Larutan garam selain untuk mengusir semut juga secara langsung mengusir hewan lain dari rumah Anda seperti kecoak, lipan, kalajengking, tikus, ular dan hewan gangguan lainnya. Larutan garam juga berfungsi sebagai desinfeksi membunuh jamur, bakteri dan virus dari permukaan meja

3. Membuat plastik kembung berisi air 
Isi plastik bening dengan air jernih hingga setengahnya, ikat dan biarkan dalam keadaan kembung kemudian di letakkan di bawah lampu di atas makanan yang rawan dihinggapi lalat. Manfaatnya adalah untuk membiaskan atau mengacaukan penglihatan lalat sehingga dia kehilangan arah dan kebingungan lalu pergi dari makanan Anda.

4. Memakai daun-daun yang beraroma
Letakkan dedaunan yang beraroma seperti  seperti kemangi, lavender, mint  di sekitar makanan sehingga lalat terganggu dengan baunya dan menghindari makanan tersebut. Hal ini karena bau dedaunan tersebut sangat menyengat bagi penciuman lalat.

5. Menanam tanaman pengusir serangga
Memanfaatkan tanaman pengusir serangga juga sangat efektif seperti tanaman tomat, lavender, tansy, pennyroyal, kantung semar atau rue dan lain-lain. Caranya yaitu dengan menanam tanaman tersebut di dalam pot lalu letakkan di sekitar rumah Anda.

6. Menyalakan lilin 
Hawa lilin akan terasa sangat panas bagi lalat sehingga lalat tidak akan mendekati benda-benda sekitar lilin yang dinyalakan. Namun penggunaan lilin harus tetap berhati-hati agar terhindar dari bahaya kebakaran.

7. Menggunakan Cuka Apel
Penggunaan cuka apel dapat mengurangi kerumunan lalat buah karena hewan ini tertarik dengan bau makanan yang fermentasi. Caranya adalah: panaskan cuka apel selama beberapa menit
Kemudian masukkan ke dalam toples tertutup yang sudah diberi lubang seukuran lalat masuk.
Letakkan toples tersebut di tempat biasanya lalat berkerumun, lalat akan tertarik dengan bau cuka dan masuk ke dalam toples. Lalat akan terjebak dan tidak menemukan jalan keluar karena pembiasan kaca yang menimbulkan ilusi di mata lalat.

8. Menggunakan Minyak Aromaterapi
Minyak aroma-terapi seperti minyak lavender akan membuat lalat tidak tahan dengan baunya dan mengusirnya secara langsung. Minyak aroma lain yang bisa dicoba antara lain citrus, peppermint atau lemongrass. Caranya adalah oleskan minyak pada spons kemudian letakkan di dekat makanan Anda atau lalat biasa muncul.

9. Membuat semprotan larutan lemon
Tidak hanya untuk mengusir lalat, bau lemon yang segar akan menyegarkan aroma rumah Anda. Larutan jeruk lemon yang sudah diperas dengan air hangat dan semprot di sudut-sudut rumah untuk membuat lalat tidak betah di tempat-tempat tersebut.

10. Membuat campuran larutan susu-gula-lada
Cara ini sangat efektif untuk lalat buah. Kandungan gula akan membuat lalat mendekat dan terjebak dalam larutan ini. Caranya yaitu: panaskan susu ke dalam panci lalu masukkan sedikit gula dan lada.
Aduk selama 10-15 menit kemudian letakkan pada mangkok sup di meja makan Anda.
Lalat akan lebih tertarik pada campuran ini dan ketika hinggap di atas campuran, lalat akan terjebak dan tenggelam.

11. Garam dan kunyit, Percikan garam dan kunyit di dapur untuk menghalau lalat.

12. Minyak serai, minyak ini bisa dengan mudah ditemukan di pasar. Letakkan beberapa tetes di dalam segelas air dan percikan di area yang didekati lalat.

13. Cuka, Campur dua cangkir cuka putih, satu sendok makan minyak kayu putih dan secangkir air dingin.

4. Lada dan garam, panaskan dua cangkir air, tambahkan garam dan lada ke dalamnya. Dinginkan dan letakkan dalam botol dengan semprotan. Tak hanya lalat, campuran ini juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

15. Kulit jeruk, ikat kulit jeruk dan gantung di sekitar dapur untuk mengusir lalat.

Sumber
- sistasehat.com
- okezone.com



Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar