Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 28 Juni 2018

Bergadang Akibat Piala Dunia 2018, Baca 12 Tip Berikut Agar Bos Tidak Marah



Jadwal pertandingan Piala Dunia 2018 merupakan magnet yang menyedot banyak waktu tidur. Dengan semakin banyak dari kita kurang tidur, Anda akan merasa mengantuk di tempat kerja pada saat bekerja. Cara menghindari kantuk dengan mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan lingkaran yang tidak akan habis, karena sumber penyebab mengantuk belum Anda benahi dengan benar.

Menonton pertandingan Piala Dunia 2018 yang membuat Anda sering bergadang, mengakibatkan kondisi mata tetap terjaga. Akhirnya akan mengurangi waktu yang biasa digunakan untuk tidur. Ada cara yang jitu supaya Anda tetap  terjaga secara alami, berikut ? Cobalah beberapa dari 12 tip ini untuk menghilangkan kantuk.

1. Bangun dan Pindah untuk membuat selalu terjaga dari kantuk
Dalam satu penelitian terkenal, Robert Thayer, PhD, profesor di California State University, Long Beach, memaparkan apakah orang lebih berenergi dengan makan permen atau berjalan cepat 10 menit. Meskipun permen memberikan energi yang cepat saat mengantuk, para peserta sebenarnya lebih lelah dan memiliki lebih sedikit energi satu jam kemudian. 10 menit berjalan meningkatkan energi selama dua jam. Karena berjalan memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak , dan otot Anda.

Jika Anda bekerja di depan meja, bangunlah sesering mungkin untuk berjalan-jalan singkat. Saat tiba jam istirahat untuk makan, berjalan ke restoran, atau Anda membawa makan siang, pergilah ke tempat yang menyenangkan untuk memakannya. Solusi terbaik untuk menghilangkan kantuk adalah berjalan-jalan di luar atau hanya di gedung tempat bekerja, itu akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.

2. Tidur Siang untuk Mengatasi Rasa Kantuk
Ada dua hal yang perlu diingat tentang tidur siang, Jangan tidur lebih dari satu jam untuk menganti rasa mengantuk, tidurlah antara lima dan 25 menit. Jika harus tidur saat siang hari, buatlah tidur siang yang pendek. Tidur siang di tempat kerja bisa menjadi masalah sensitif. Jika Anda perlu tidur siang di kantor, lakukan saat istirahat dan gunakan jam alarm yang bergetar, selalu untuk memastikan agar tidur siang tidak bablas hingga sore waktu kerja.

3. Berikan Matamu Istirahat untuk Menghindari Kelelahan
Sinar yang diterima mata secara terus menerus pada layar komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan memperburuk kantuk dan kelelahan . Lihatlah layar agak jauh selama beberapa menit secara berkala untuk menenangkan mata.

4. Makan Camilan Sehat untuk Meningkatkan Energi
Konsumsi makanan manis memberi dorongan energi cepat. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda pilih, seperti :

  1. Selai kacang 
  2. Kerupuk gandum 
  3. Yoghurt
  4. Kacang-kacangan
  5. Buah segar

5. Mulai Percakapan dengan Orang Lain
Jika keinginan mengantuk datang dengan cepat, lakukan tip dengan terlibat dalam percakapan bersama orang lain. Berbicaralah dengan rekan tentang ide bisnis atau percakapan ringan.

6. Hidupkan Lampu untuk Meredakan Keletihan
Lingkungan dengan pencahayaan yang redup dapat menjadi terapi yang menambah rasa mengantuk . Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Coba tingkatkan intensitas sumber cahaya Anda di tempat kerja.


7. Ambil Nafas Dengan Tarikan Dalam
Bernafas dengan tarikan oksigen yang dalam akan meningkatkan kadar oksigen dalam darah di tubuh. Ini memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi peredaran oksigen lebih banyak.

8. Jika Anda Mengemudi, Menepi dan Istirahat Sampai Mengantuk Hilang
"Berkendara saat mengantuk sama bahayanya dengan mengemudi di bawah pengaruh alkohol," kata Siebern. Trik umum seperti membuka jendela dan menyalakan musik keras tidak akan membuat terjaga terlalu lama di depan kemudi kendaraan. Jika Anda melakukan perjalanan panjang, sering-seringlah mengganti driver. Berhentilah setidaknya setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar.

9. Cari Tugas Lain
Pada tahun 2004, penelitian di Finlandia mempelajari orang-orang yang bekerja shift malam. Hasil penelitian menemukan fakta bahwa pekerjaan monoton sama berbahayanya dengan bergadang. Di tempat kerja atau di rumah, cobalah untuk mengerjakan lebih banyak tugas yang menghilangkan waktu mengantuk. Cara lain adalah beralih ke tanggung jawab kerja yang lebih menarik saat merasa mengantuk.

10. Minum Air untuk Mencegah Kelelahan
Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan . Pastikan Anda minum banyak cairan dan makan makanan yang tinggi dalam air seperti buah-buahan dan sayuran .

11. Dapatkan Cahaya Matahari
Cobalah untuk menghabiskan waktu setidaknya 30 menit sehari di luar di bawah sinar matahari. Para ahli tidur merekomendasikan satu jam sinar matahari pagi setiap hari jika Anda mengalami insomnia .
12. Olahraga 
Dalam analisis 70 penelitian yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para peneliti Universitas Georgia menemukan bahwa olahraga efektif dalam meningkatkan energi dan mengurangi kantuk di siang hari. Cobalah berolahraga 30 menit sehari. Makan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dalam waktu dua jam setelah olahraga akan mengurangi kehilangan energi.

Jika cara mengatasi kantuk tidak berfungsi pada diri Anda, disarankan untuk waspada dan melakukan konsultasi dengan dokter. Anda mungkin memiliki gangguan tidur yang mendasar seperti kantuk berlebihan. Jika Anda kesulitan tidur karena stres atau alasan lain, terapi perilaku kognitif dapat membantu mengembangkan kebiasaan tidur yang baik dan mengurangi kecemasan tidur.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar