Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 07 Juni 2018

Beberapa Kategori Dalam Pendidikan Profesi Psikologi

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang dipelajari dari fakultas psikologi sebagai ilmu terapan yang mempelajari, menganalisa dan diagnosa tentang munculnya perilaku dengan sebab akibat pada fungsi mental secara ilmiah. Para psikolog mempelajari perilaku individu maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku.

Penggunaan kata Psikologi berawal dari Yunani, yakni Pysche = jiwa dan Logos = ilmu. Secara umum, psikologi adalah ilmu yang mempelajari kejiwaan seperti kepribadian, tingkah laku, dan respon manusia.



Beberapa Kategori Dalam Pendidikan Profesi Psikologi


Mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui, ternyata dalam pendidikan fakultas psikologi memiliki banyak cabang ilmu profesi dari psikologi. Beberapa cabang ilmu psikologi diantaranya:

1.Psikologi Umum
Psikologi umum adalah awal mula sebelum seseorang melanjutkan pendidikan profesi psikologi lebih tinggi, dalam pendidikan psikologi umum mempelajari tingkah laku manusia secara garis besar dan yang banyak terjadi. Beberapa pelajaran awal dalam psikologi umum seperti pelajaran tentang emosi, inteligensi, teori dan perkembangan psikologi, stimulus respon dalam pembentukan karakter, kepribadian, dan pemahaman secara umum lainnya.

2.Psikologi Faal
Setelah anda selesai pendidikan fakultas psikologi umum yang dikenal dengan S1, melanjutkan pendidikan lebih tinggi untuk pelajaran lengkapnya dalam psikologi seperti profesi psikologi faal.  Psikologi faal adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan fungsi dan kerja alat-alat dalam tubuh. Bidang pelajaran psikologi faal berdekatan dengan dunia kedokteran, seperti hubungan otot dengan rasa marah, gerakan tubuh ketika senang atau sedih. Karena itulah dalam konsentrasi studi psikologi faal lebih menitik beratkan kepada pengaruh kondisi biologis atau faal seseorang terhadap perilaku atau tindakan orang tersebut.

3.Psikologi Perkembangan
Setelah anda selesai pendidikan fakultas psikologi umum yang dikenal dengan S1, dapat melanjutkan pendidikan lebih tinggi untuk psikologi profesi cabang psikologi perkembangan. Psikologi perkembangan mempelajari perkembangan manusia sejak lahir hingga pada lanjut usia. Beragam kepribadian dan karakter masing-masing manusia sejak bayi hingga usia lanjut adalah pokok utama bahan materi bahasan psikologi perkembangan.

4.Psikologi Kepribadian
Psikologi kepribadian adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Bagaimana seseorang melakukan sosialisasi dengan lingkungan, juga interaksi dengan individu lain.

5.Psikologi Klinis
Psikologi klinis adalah ilmu yang berhubungan dengan tingkah normal dan abnormal. Selain mempelajari tentang cara memahami, mencegah, dan memulihkan keadaan psikologis seseorang ke arah normal. Misalnya orang yang terkena depresi, tindakan apa yang harus kita lakukan untuk menangani orang tersebut, dan bagaimana cara kita untuk menyembuhkan dia dari depresi.

6.Psikologi Konseling
Psikologi Konseling adalah ilmu terapan antara dua interaksi berlawanan arah untuk memecahkan problem dan gangguan. Dalam pokok materi psikologi konseling lebih fokus cara membangun hubungan yang harmonis saat terapi dengan klien. Cara dan upaya dari klien yang selalu berbeda sifatnya agar dapat bercerita dan menerima masukan dari terapis,

7.Psikologi Abnormal
Psikologi abnormal adalah ilmu pengetahuan yang secara khusus untuk mempelajari tentang -kebiasaan yang menyimpang dari keadaan normal.

8.Psikologi Pendidikan
Psikologi Pendidikan adalah ilmu tentang dunia sekolah dan terkait dengan pemecahan masalah dalam anak didik, seperti masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan diantaranya : kenakalan remaja dan lainnya. Psikologi pendidikan juga mempelajari upaya untuk mendorong siswa menyelesaikan masalah , hubungan antara guru dan murid sehingga dapat menciptakan suasana belajar dan menjaga yang nyaman.

9.Psikologi Diagnostik
Psikodiagnostik adalah studi ilmiah tentang berbagai metode untuk membuat diagnosis psikologis, dalam tujuan supaya dapat memperlakukan manusia dengan lebih tepat. Psikodiagnostik adalah metode yang digunakan untuk menetapkan kelainan-kelainan psikis, dengan tujuan untuk dapat memberikan pertolongan secara tepat dan akurat. Jadi ibaratnya seperti memberikan label antara seseorang yang psikologisnya normal dengan psikologisnya yang telah terganggu.

10.Psikologi Industri
Psikologi industri adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia di tempat kerja, cara membuat karyawan nyaman dan mampu bekerja sesuai standar, dan penyelesaian yang berhubungan dengan ketenagakerjaan dan penerimaan karyawan. Ilmu psikologi industri juga punya peranan dalam memberi masukan untuk pengambilan keputusan kelompok, semangat kerja karyawan, motivasi kerja, produktivitas stres kerja, seleksi pegawai, strategi pemasaran, rancangan alat kerja, dan berbagai masalah lainnya.


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar