Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 20 Mei 2018

Tips Penderita Maag Saat Menjalani Puasa

Mengetahui gejala penyakit maag kambuh adalah langkah awal yang perlu diperhatikan penderita gangguan lambung ini berpuasa. Penyakit maag yang dikenal dengan sebutan sindrom dispepsia, saat keluhan yang muncul seperti gejala mual, muntah dan terasa nyeri ulu hati setelah selesai makan.

thinkstock
Memasuki bulan ramadan bulan yang ditunggu untuk melakukan puasa, tubuh akan berhenti sementara untuk waktu 14 jam menerima asupan makanan dan minuman. Berubahnya pola makan yang biasa makan tiga kali sehari, kebiasaan makan menjadi lebih sedikit dan mengalami perubahan jam.

Asam lambung berlebih bisa menyebabkan peradangan yang biasa disebut maag atau dispepsia. Gejalanya antara lain rasa sakit di bagian perut, mual, muntah, dan perut kembung.


" Penderita maag boleh berpuasa, justru lebih baik, namun tidak semua penderita maag diperbolehkan berpuasa. Penderita sakit maag bisa berpuasa, kecuali yang mengalami dispepsia (sakit maag) organik yang belum diobati terutama jika ada tanda alarm," ungkap Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, konsultan saluran pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, saat berbincang dengan detikHealth.




Tips Penderita Maag Saat Menjalani Puasa


1. Memilih makanan yang lambat d
i cerna oleh tubuh pada saat sahur.
2. Konsumsi makanan yang terhidang dengan jumlah kecil dan di cicil secara continu saat berbuka puasa.
3. Menggunakan menu makanan yang kaya serat, kalium, karbohidrat dan magnesium, seperti kurma, kacang almond dan pisang.
4. Memenuhi kebutuhan tubuh untuk mendapatkan air sekitar 1,5 sampai 2 liter per hari. Umumnya 8 hingga 12 gelas jika diminum.
5. Makanan dan sayuran berlemak dan memiliki gas tinggi dihindari. Sayuran ini selain banyak serat juga mengandung gas, seperti sawi dan kol.
6. Makanan sumber karbohidrat tinggi seperti beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong dan tales jangan di konsumsi.
7. Makanan pedas dan kadar asam tinggi perlu dihindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar