Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 29 Mei 2018

Menstruasi Dan Mitos Yang Masih Dipercaya Hingga Kini

Menstruasi atau sering disebut haid adalah peristiwa yang selalu terjadi untuk perempuan normal setelah masuk masa pubertas. Proses keluarnya darah karena luruh-nya lapisan dinding rahim bagian dalam ini, memiliki siklus yang akan terjadi antara 21 hingga 35 hari.

Seringkali banyak wanita pernah mendengar dari orang lain yang berhubungan dengan menstruasi tentang yang tidak boleh dilakukan maupun yang boleh dilakukan. Dan mungkin saja, hingga sekarang pun wanita masih mempercayai beberapa hal hal yang tidak boleh dilakukan selama haid berlangsung.

Apa saja yang sebenarnya mitos selama menstruasi namun masih dipercaya hingga kini.


1. Dilarang keramas selama menstruasi
Pernah mendengar kalimat dilarang keramas saat haid ? Tujuan keramas rambut tentu berguna untuk kesehatan rambut, terlebih rambut sudah sangat lepek. Selama mengalami haid dan ingin keramas, hal ini lebih membuat wanita percaya diri dan bersih.

2. Dilarang minum dingin
Beberapa teman mungkin pernah mengatakan minuman dingin beresiko menghambat haid, bahkan yang lebih berbahaya lagi konon membuat darah haid membeku dan mengeras di dinding rahim. Kepercayaan tentang minuman dingin ini adalah mitos belaka dan tidak mempunyai hubungan dengan siklus menstruasi wanita.

Secara biologi menurut ilmu kedokteran, proses haid ditentukan oleh hormon estrogen dan progesterone. Jika proses menstruasi terganggu, umumnya disebabkan beberapa pencetus seperti tekanan stres, stamina kesehatan, dan kelainan secara medis.

3. Soda mempercepat menstruasi
Ada anggapan minum minuman soda akan mempercepat haid, faktanya minuman soda hanya membuat rasa segar.

4. Dilarang berenang
Larangan ketika wanita mengalami menstruasi dengan berenang tidak memiliki keterkaitan, umumnya  saat haid melakukan renang ditempat umum, biasanya tentang etika dan norma di masyarakat.

5. Pembalut dapat menyebabkan kemandulan jika digunakan saat menstruasi
Proses menstruasi yang meningkatkan kelembaban didaerah intim akibat cairan melalui lubang, akan memudahkan terjadinya infeksi kuman. Pencegahan dengan pemakaian pembalut supaya tidak bersentuhan langsung dengan kulit didaerah intim. Gunakan pembalut yang nyaman saat memakainya, tidak terjadi iritasi saat menggunakannya dan ganti pembalut disaat Anda merasa sudah lembab.

Menstruasi dan mitos yang masih dipercaya, seringkali menjadi hambatan wanita untuk melakukan kegiatannya. Dengan mengetahui fakta tentang haid, tentunya dapat membuat wanita lebih yakin menjalankan yang ingin dilakukan. Jika masa menstruasi selalu merasa sakit nyeri perut lebih dari tiga hari, disarankan untuk melakukan konsultasi dokter mengantisipasi kemungkinan penyakit dalam.

Sumber :
- doktersehat.com
- cantika.com

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar