Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 30 Mei 2018

Mencegah Bahaya Pemakaian Gawai Setelah Jam 10 Malam

Semakin efektifnya teknologi, penggunaan gawai telah menambah waktu panjang penggunanya sebelum melakukan tidur. Meski diketahui beresiko dampak yang buruk, seringkali pemakaian gawai kebablasan hingga tanpa terasa sudah melebihi jam 10 lewat saat malam. The Lancet Psychiatry dalam sebuah studi yang dipublikasikan, berusaha mencari tahu resiko dan gangguan yang muncul jika seseorang terlalu sibuk bermain gawai hingga tengah malam.

Mencegah Bahaya Pemakaian Gawai Setelah Jam 10 Malam




Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil.

Melibatkan partisipan dengan rentan usia mulai 37 sampai 73 tahun dan dilengkapi alat pengontrol pada pergelangan tangan, penelitian ini berusaha melakukan monitor ritme sirkadian yang terganggu selama bermain gawai pada malam hari.

Dalam penelitian yang dilakukan, didapati satu dari 25 orang yang mempunyai kebiasaan yang tidak biasa dalam menjalani aktivitasnya, mereka cenderung tidak aktif pada saat siang hari jika dibandingkan pada kebiasaannya di malam hari. Sejumlah 11% mereka telah mendapat gangguan bipolar dan 6% menghadapi masalah depresi.

Daniel Smith lebih lanjut menyebutkan, "kebiasaan pemakaian gawai yang dilakukan setelah jam 10 malam ke atas, memiliki tingkat kebahagian yang lebih rendah dengan gejala  pengukuran tingkat rasa sepi yang cenderung tinggi. Selain itu, masalah kesehatan yang dialami adalah mengalami kebersihan tidur yang buruk."

Beberapa temuan lain dari dampak gawai yang berlebihan, menunjukan setiap efek yang konsisten untuk kesehatan mental dan kognitif negatif.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar