Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 18 Mei 2018

Memulihkan gairah wisata Surabaya Dari Ketulusan Bu Risma(2)

Lokasi strategis kota Surabaya yang berada di selatan Asia dikenal dengan kegiatan perdagangan Asia Tenggara. Selain sebagai kota yang bergerak menopang distribusi ekonomi ke berbagai kota lain, bidang jasa dan industri tak kalah pentingnya juga telah mengalami kemajuan yang pesat.

Beberapa industri besar skala nasional dan multinasional yang memiliki kantor pusat di Surabaya seperti seperti PT Sampoerna Tbk, Maspion, Wing's Group, Unilever Indonesia, Pakuwon Group, Jawa Pos Group dan PT PAL Indonesia.

Dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama selama kepemimpinan Wali Kota Ir. Tri Rismaharini, M.T dan wakil Walikota Wisnu Sakti Buana, S.T, wajah kota Surabaya mampu mendorong minat investor sebagai mitra mengembangkan kota Pahlawan semakin pesat. Daya beli masyarakat yang terus membaik didukung indeks kepercayaan konsumen, sektor keamanan yang konduksi dibawah komando Polrestabes Surabaya dan peran serta seluruh masyarakat Surabaya, membuat kota Pahlawan ini tampil dengan daya tarik yang sama dengan kota wisatawan.


Surabaya yang menjadi pusat bisnis dan pendidikan, kota pahlawan ini memiliki banyak tempat wisata menarik. Selain tawaran lokasi wisata beragam, kita dapat mencicipi kuliner yang bertebaran dalam aneka masakan khas daerah ini.

Beberapa masakan khas Surabaya yang patut kita rasakan jika mampir antara lain Lontong Balap, Tahu Tek, Krengsengan, Tempe Penyet, Lontong Mie, Kupang Lontong, Rawon,
Tahu Campur, Sop Kikil, Sup buntut, Kari Kambing, Bakwan Surabaya, Nasi Sayur, Nasi Goreng Jawa, dan Bakso. Makanan khas dari Surabaya ini menawarkan perpaduan dengan rasa manis, pedas, asin dan asam dalam satu sajian.

Untuk bahan sebagai sumber menu, beberapa menu menggunakan campuran pasta udang yang berwarna hitam seperti rujak cingur, lontong balap, tahu tek, dan tahu campur.

Ada banyak lokasi kuliner yang dapat kita jelajahi untuk memuaskan keinginan makan saat lapar, jika anda ingin berjalan saat malam hari disini terdapat tempat makan yang buka saat malam hari. Diantaranya bubur ayam di Jalan Kedungdoro buka mulai pukul 12 malam, dan biasanya sudah habis jam 3 pagi, Sego sambel Wonokromo “Mak Yeye” pasar Wonokromo, Rawon Sedap Malam Taman Bungkul, Nasi Bali Pengampon di Jalan Kalianyar Kulon Gang II buka mulai pukul 23.00 sampai 02.00 dini hari, restoran Yung Ho di jalan HR. Muhammada nomor 393, satu lagi di Jalan Manyar Kertoarjo nomor 34, bebek hitam sayeki yang buka sampai pukul 23.00 malam. Setelah kenyang dengan mengisi makanan khas Surabaya, masih banyak lain kuliner makanan yang perlu kita coba jika waktunya panjang.


Wisatawan yang senang berkunjung tempat sebagai sarana hiburan, Surabaya juga memiliki pesona memanjakan anda menghabiskan liburan. Sebelum berangkat menuju lokasi wisata, anda mungkin ingin mencicipi jajanan khas Surabaya seperti Roti Perut Ayam, Getas (ketan putih / hitam yang digoreng lalu diberi taburan gula bubuk), Kue Leker, Kue Lapis Surabaya, Bikang (Carabika), Jongkong, Onde-onde Surabaya, Lupis, Almond Crispy Cheese, Cakue dan Roti Goreng. Dijamin selama kita mengunjungi kota pahlawan ini, pecinta kuliner telah menemukan lokasi yang tepat memanjakan perut. 


Tempat wisata kota Surabaya


1. Jembatan Suramadu



Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Provinsi Jawa Timur.


2. Ciputra Waterpark


Ciputra Waterpark merupakan sebuah wahana wisata air yang terbesar di Surabaya dengan luas sekitar 5 hektar. Berlokasi di Surabaya Barat, Ciputra Waterpark mempunyai tema menyerupai dongeng Petualangan Sinbad sehingga anak-anak pasti menyukainya. Kedalaman air di Ciputra Waterpark tidak dalam karena Ciputra Waterpark dibuat untuk bermain air, bukan berenang, kolam yang paling dalam hanya sekitar 1 meter saja sehingga bila anda tidak bisa berenang tidak perlu kuatir tenggelam. Harga tiket masuk Ciputra Waterpark adalah Rp. 70,000 untuk hari biasa, dan Rp. 90,000 pada akhir pekan. Untuk orang tua berusia di atas 60 tahun, harga tiketnya gratis, cukup menunjukkan KTP saja.

3. Kebun Binatang Surabaya


Kebun Binatang Surabaya saat ini berlokasi di Jalan Setail No. 1, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Jika pengunjung berangkat dari arah Malang atau Pasuruan, bisa melalui akses jalan tol Porong-Surabaya, lalu keluar di pintu gerbang Tol Waru, serta ikuti panduan menuju ke Waru. Ambil jalur kiri, setelah itu akan menjumpai Mall City of Tomorrow (CITO), dan lurus saja menuju arah pusat kota Surabaya (Jalan Ahmad Yani). Dari jalan ini, lurus saja sampai Terminal Joyoboyo, dan Kebun Binatang Surabaya berada setelah terminal tersebut yang terletak di kiri jalan. Jika anda ingin mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, tiker masuk Rp. 15.000 per orang.

4. House of Sampoerna


House of Sampoerna merupakan satu tempat wisata di Surabaya, museum yang merupakan bangunan bersejarah dengan bangunan gaya Belanda dan tiang depan unik berbentuk rokok.

Museum Sampoerna terbuka secara gratis sejak tahun 2003 bagi siapa saja yang ingin menilik sejarah bagaimana perusahaan ini pertama kali dirintis oleh Mr.Liem seperti yang tertulis dalam situs Wikipedia. Selain itu ada juga situs resmi museum House of Sampoerna dalam bahasa Inggris dan para pengunjung bisa mengetahui sejarah museum ini melalui halaman about. Tentu saja pengunjung bisa pergi ke museum kapan saja dan tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Banyak sekali koleksi benda-benda ketika awal mula usaha ini dirintis seperti bentuk rokok, bungkusnya serta berbagai macam nama rokok yang pernah digunakan.

5. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo


Wisata Hutan Mangrove Wonorejo adalah salah satu tempat wisata di Surabaya yang paling favorit untuk kategori wisata alam. Jauh dari keramaian kota, Hutan Mangrove Wonorejo adalah tempat yang cocok untuk menikmati ketenangan alam. Berlokasi deket dengan Bandara Juanda Surabaya, Hutan Mangrove Wonorejo menawarkan keindahan alam yang alami. Di Hutan Mangrove Wonorejo anda dapat berjalan menyusuri jembatan bambu di atas air dan menembus hijaunya Hutan Mangrove Wonorejo. Alternatif lain adalah menikmati Wisata Hutan Mangrove Wonorejo dengan menggunakan perahu.

6. Monumen Kapal Selam


Monumen Kapal Selam, atau disingkat Monkasel, adalah sebuah museum kapal selam yang terdapat di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Terletak di pusat kota, monumen ini sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda.

Kapal Selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monumen ini berada di Jalan Pemuda, tepat di sebelah Plasa Surabaya. Selain itu di tempat ini juga terdapat sebuah pemutaran film, di mana ditampilkan proses peperangan yang terjadi di Laut Aru. Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, maka akan ditemani oleh seorang pemandu lokal yang terdapat di sana


7. Tugu Pahlawan


Tugu Pahlawan merupakan sebuah monumen yang paling terkenal di kota Surabaya. Monumen yang terletak di Jalan Pahlawan ini mempunyai tinggi lebih dari 40 meter dan berbentuk sepeti paku terbalik. Tugu Pahlawan dibuat di atas lahan seluas lebih dari 1 hektar untuk memperingati dan menghormati seluruh prajurit Surabaya yang gugur dalam perang melawan para penjajah. Selain itu, di bawah tanah Tugu Pahlawan juga terdapat museum berisi foto-foto dokumentasi.

8. Taman Bungkul


Berada di Jalan Raya Darmo, Taman Bungkul adalah tempat favorit untuk kumpul-kumpul warga Surabaya. Taman Bungkul di lengkapi dengan tempat bermain anak-anak, jogging track, amfiteater, tempat bermain skateboard, kolam air mancur, internet, dan suasana hijau. Banyak acara hiburan dan kebudayaan yang digelar di Taman Bungkul. Apabila anda ingin berwisata kuliner, di Taman Bungkul juga ada banyak penjual makanan khas Surabaya.

9. Rumah Batik


Rumah Batik yang berlokasi di Jalan Tambak Dukuh mempunyai koleksi batik sebanyak lebih dari 2,000 lembar dengan corak dan motif yang berbeda-beda dan berasal dari berbagai tempat di Indonesia. Rumah Batik ini pernah mendapatkan rekor batik dengan logo Surabaya Terbesar.

10. Pantai Kenjeran


Pantai Kenjeran adalah tempat wisata di Surabaya yang terkenal bagi keluarga yang ingin menikmati suasana pantai. Selain menikmati suasana Pantai Kenjeran, pengunjung juga dapat memancing, membeli ikan, dan menaiki perahu. Saran saya, bawalah tikar untuk duduk-duduk santai di bawah pohon dan menikmati suasana Pantai Kenjeran. Terdapat juga sarana permainan anak di Pantai Kenjeran sehingga Pantai Kenjeran sangat cocok untuk kegiatan wisata keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar