Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 27 Mei 2018

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan, Dari Jerawat, Jantung Dan Pikun

Kunyit satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman yang memiliki kandungan protein yang baik dan mudah ditemukan ini, mampu mengatasi banyak penyakit yang banyak diderita anak muda hingga orang lanjut usia.

Mengutip keterangan Yuliati Herbani, peneliti dari Pusat Penelitian Fisika LIPI di sela menerima fellowship untuk riset Kemenristek Dikti, Senayan yang mengatakan "...kunyit atau kurkumin selama ini sudah dikenal memiliki kemampuan untuk mematikan bakteri dan sudah diakui dunia medis secara global."

Manfaat kunyit untuk kesehatan

1. Memperkuat fungsi hati
Manfaat kunyit pada hati secara signifikan mampu meningkatkan fungsi hati untuk membersihkan racun dalam tubuh. Dalam penelitian tentang kunyit juga menyebutkan, pasien yang menggunakan kunyit secara bertahap menghilangkan racun xenobiotik dan mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, penyebaran kanker serta berkontribusi terhadap kematian sel kanker.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Kunyit memiliki senyawa kimia bernama kurkumin. Kandungan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk mencegah pengaruh radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dilansir laman cnnindonesia.com menyebutkan  Kanker serviks dan kanker payudara merupakan jenis kanker yang jadi momok bagi kaum perempuan. Bahkan, angka kejadian kanker di Asia Tenggara adalah yang tertinggi di seluruh dunia. Indonesia bersama Malaysia dan Singapura jadi deret negara di posisi atas terkait jumlah penderita kanker. Tercatat tahun 2013, ada 98 ribu perempuan yang meninggal akibat kanker serviks. Hal ini pula yang membuat kanker serviks jadi pembunuh nomor tiga bagi perempuan Indonesia.

3. Meredakan maag atau sakit lambung
Timbulnya penyakit maag dapat disebabkan beberapa penyebabnya, antara lain pola makan tidak teratur sehingga membuat dinding lambung mengalami luka dan berakibat infeksi. Penggunaan kunyit untuk mengobati sakit maag selain untuk merangsang sekresi mukus, konsumsi kunyit juga akan meningkatkan nafsu makan menjadi lebih baik.

4. Osteoarthritis. 
Pemakaian kunyit sebagai obat untuk penderita osteoarthritis dapat membantu mengurangi nyeri. Gejala osteoarthritis seperti kondisi sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya. Sebuah penelitian menyatakan kinerja kunyit sebanding dengan obat ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Jika ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis, Anda bisa mengkonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.

5. Radang
Hal yang membedakan kunyit dengan obat-obatan dalam mengatasi peradangan, kunyit tidak menimbulkan efek toksik yang signifikan pada pembentukan ulkus, penurunan sel darah putih dan pendarahan usus. Kandungan minyak volatile yang terdapat dalam kunyit mampu memberikan dampak anti inflamasi dalam mode eksperimen dan penelitian.

6. Mencegah penyakit jantung
Kandungan kurkumin dalam kunyit sangat efektif membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam pembuluh darah. Dengan zat antioksidan sebagai perlindungan untuk kesehatan jantung, zat yang terdapat dalam kunyit akan meningkatkan kolesterol baik. Hal ini diperkuat dari laporan yang dilakukan Michigan State University yang mengatakan, kurkumin juga dapat mencegah terjadinya penyumbatan arteri.

7. Mengurangi nyeri haid
Kurkumin dalam kunyit memiliki manfaat besar untuk mengurangi sakit yang diderita akibat menstruasi. Mengutip laporan The Evergreen State College yang menyebutkan, "kunyit dapat digunakan untuk mengobati nyeri yang ditimbulkan dalam masa haid.

8. Pikun
Penyakit pikun atau dementia seringkali muncul pada usia lanjut, penyebabnya adalah kerusakan saraf otak yang mengakibat hilangnya sebagian atau seluruh memori. Konsumsi kunyit secara teratur mampu membantu pembentukan sel dalam otak dan mempercepat perjalanan stimulus sensorik ke otak.

9. Jerawat
Konsumsi kunyit sangat baik jika seseorang mengalami penyakit jerawat. Manfaat kunyit sebagai obat untuk mengurangi peradangan yang menyebabkan timbulnya jerawat.

10, Mencerahkan dan menghaluskan kulit
Untuk kecantikan, kunyit sudah banyak digunakan sebagai sumber perawatan wajah dan kulit. Dengan kandungan pigmen kuning alami yang terdapat didalamnya, kunyit membantu menghaluskan dan mengencangkan wajah secara alami dan cepat.

Indonesia yang dikenal dengan beragam kekayaan tumbuhan dan hewani, memiliki banyak sumberdaya yang seringkali tidak sekedar bermanfaat menjadi bumbu dapur semata. Beragam tumbuhan yang sering kita jumpai seperti kunyit, ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar